Lakukan 5 Hal Ini Agar Hati Tetap Tenang

0

Terkadang ketika kita mempunyai cobaan dalam kehidupan pasti merasa stress, selalu berprasangka buruk, menjadi emosional dan merasa hati tidak terkendali. Padahal segala cobaan tersebut pasti bisa kita atasi, karena Tuhan tidak akan memberi cobaan diluar batas kemampuan hambanya. Untuk itu perlu dilakukan berbagai cara agar membuat hati kita tenang seperti berikut:

1. PerbanyakBersyukur

Ketika kamu merasa hati tidak tenang perbanyaklah bersyukur pada Tuhan. Karena semua yang kita punya hanyalah sebatas titipan-Nya. Rezeki masing-masing orang itu berbeda, disaat melihat orang yang lebih mampu dari kita, kadang merasa iri ingin seperti mereka yang membeli apa saja. Tapi harus ingat bahwa masih ada orang yang lebih tidak mampu dari kita. Maka dari itu perlu rasa bersyukur karena masih bisa makan dan menikmati yang kita punya meskipun tidak sebanyak orang kaya, setidaknya dengan mempunyai rasa syukur hati kita menjadi tenang dan dijauhkan dari rasa iri.

ads by posciety

2. Perbanyak Dzikir

Biasanya setelah selesai melakukan ibadah sholat, alangkah baiknya kita perbanyak dzikir dan memohon ampun pada yang Kuasa. Disaat berdzikir hati dan pikiranmu akan menjadi lembut seperti tidak ada beban.

3. Melakukan Banyak Kegiatan

Nah melakukan berbagai kegiatan adalah salah satu cara supaya kita bisa lupa dengan pikiran yang mengganggu. Salah satunya melakukan kegiatan olahraga, atau membuat kreasi seni menggambar dan membuat benda-benda unik, nongkrong bersama teman juga bisa membawa suasana hati menjadi ceria kembali karena bisa tertawa saling dan curhat. Cobalah untuk tidak terlalu sibuk dengan pekerjaan saja, karena terkadang otak kita itu butuh untuk istirahat.

4. Kurangi Berprasangka Buruk

Hal yang membuat hati tidak tenang adalah dengan sangkaan hati kita yang selalu negatif pada orang. Jangan sampai hal yang diributkan oleh kamu adalah karena suudzon ini. Karena menerka-nerka hal yang dilakukan orang itu sangat membuat stress sendiri. Cobalah untuk belajar cuek atau tidak terlalu memprioritaskan satu hal saja. Masih banyak yang bisa kamu lakukan dengan melakukan hal positif dan jangan lupa banyak berdo’a agar hati kamu tenang.

5. Buanglah Sifat Emosi yang Berlebihan

Emosi itu melelahkan, jadi jangan sampai kita menjadi sakit karena telah memikirkan hal yang belum pasti atau kita sedang di timpa masalah yang membuat emosi berlebihan. Ada orang yang susah menghilangkan emosi, ada pula yang cepat meredam emosi. Apalagi jika emosi yang tidak berhenti, akan membuat masalah semakin runyam dan akhirnya berujung penyesalan. Sifat emosi itu memang manusiawi tapi alangkah baiknya sematkan dalam hati untuk bersabar dan selalu tawakal.

Segitu saja tips untuk membuat hati kamu tenang, semoga kita semua bisa mempunyai hati yang selalu sabar dan ikhlas dalam menghadapi suatu masalah.

Artikel Lainnya
Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya