5 Langkah Mudah Menggunakan Canva untuk Pembelajaran Online

Apakah kamu seorang guru atau pengajar yang mencari media untuk mengajar online? Bagaimana jika media mengajar tersebut tidak menarik bagi siswa dan membuat mereka enggan hadir di kelas? Tentu itu akan menjadi masalah, bukan? Tetapi, tidak perlu khawatir. Karena sekarang kami akan memberitahumu cara yang seru untuk mengajar online dengan Canva.

Canva adalah platform desain grafis yang dapat digunakan untuk membuat grafis media sosial, presentasi kelas, poster, dokumen dan konten visual lainnya. Aplikasi ini juga menyediakan beragam contoh desain untuk digunakan seperti, untuk pendidikan, bisnis, dan lain-lain. Canva terdiri dari dua jenis layanan, yakni gratis dan berbayar. Nah, kita akan menggunakan yang gratis, tentu saja!

Baik kamu seorang guru atau siswa, di halaman khusus Canva for Education akan memudahkanmu untuk membuat kelas virtual, berkolaborasi, dan berkomunikasi secara visual di dalam kelas dan di luar kelas. Ini 100% gratis!

Siapkan ruang kelasmu, undang siswa, dan kelola pelajaran, aktivitas, atau proyek, semuanya di satu tempat. Dari ruang kelas khusus ini, kamu dapat berbagi dan meninjau pekerjaanmu yang terhubung dengan platform seperti, Google Classroom, Microsoft Teams, dan lainnya, serta berbagi tugas untuk diselesaikan siswa.

Kamu juga bisa mengakses ribuan template pendidikan berkualitas tinggi untuk setiap mata pelajaran, memberi nilai, dan menguji kemampuan. Dari Sains dan Matematika, hingga Bahasa Inggris, Ilmu Sosial, dan lainnya – Canva adalah untuk semua orang.

Temukan lembar kerja, rencana pelajaran, presentasi, poster, laporan, dan banyak lagi, semuanya siap untuk disesuaikan dengan keinginanmu. Buat materi pembelajaran, dan aktivitas lainnya dalam hitungan menit dengan platform yang mudah digunakan ini.

Canva for Education

  • Jutaan gambar premium
  • Font, grafik, video, dan animasi premium
  • Hapus latar belakang dari gambar dengan sekali klik
  • Unggah logo dan font sekolah
  • Tambahkan Bitmoji dan gif untuk mempersonalisasi pekerjaanmu
  • Bagikan tugas visual yang menarik
  • Buat dan bagikan tugas yang menarik dengan siswa untuk diselesaikan.
  • Bagikan ke Google Classroom, Microsoft Teams, atau dari dalam Canva.
  • Siswa menyelesaikan tugas sesuai kemampuan mereka sendiri dan menyerahkannya kembali untuk kamu tinjau, berikan feed back, atau setujui.

Memberdayakan kolaborasi siswa dan komunikasi Visual

Bagikan aktivitas belajar kelompok dengan siswa-mu untuk diselesaikan, baik secara individu atau kolaboratif. Siswa juga dapat bekerja sama di mana pun mereka berada dengan melihat, mengedit, dan berbagi feed back dengan memberikan komentar langsung secara real-time.

Silahkan ikuti 5 langkah menggunakan Canva untuk pembelajaran online:

  1. Kunjungi halaman Canva fo Education disini https://www.canva.com/id_id/pendidikan/. Klik tombol “Daftar sekarang” untuk mendapatkan akun gratis menggunakan alamat email Gsuite belajar.id dari Kemdikbud atau dengan email sekolah yang kamu punya.

Ikuti semua persayaratan yang diajukan untuk mendaftar di Canva for Education. Setelah semuanya disetujui, maka sekarang kamu bisa mulai membuat virtual classroom untuk pembelajaran online.

  1. Login di halaman Canva for Education menggunakan email yang kamu gunakan untuk mendaftar. Selamat datang di kelas onlinemu! Kamu bisa mengakses bagian ini dengan mengklik tombol paling bawah di deretan opsi sebelah kiri (yang ada namamu).

Silahkan kirim undangan kelas virtualmu dengan link ke seluruh muridmu, atau masukkan email muridmu satu persatu untuk mengirimnya. Kamu juga bisa meng-import email dari Google Classroom untuk cara yang lebih mudah.

  1. Balik ke halaman depan (home page) di mana kamu akan menemukan daftar template yang diakurasikan secara personal untukmu. Scroll ke bawah untuk menemukan Trending Education Template.

Atau kamu bisa menuju opsi Template di menu bagian atas hompe page, dan menemukan berbagai kategori template termasuk “Education” yang dibawahnya tersusun daftar jenis template yang ingin kamu gunakan.

  1. Semua template yang disediakan dapat dikostumisasi bebas sesuai keinginanmu. Setelahnya, jika kamu ingin memberikan tugas kepada murid dengan template itu, silahkan klik menu Publish (di pojok kanan atas) dan pilih “Assignment” lalu ketikkan tugas apa yang harus mereka selesaikan untuk kelas ini.
  1. Jika kamu ingin mempresentasikan kelas secara Live (langsung), silahkan klik menu Publish dan pilih Present. Klik jenis tampilan yang akan digunakan, dan kamu bisa langsung memulai kelas virtual secara langsung.

Tadaaa! Itulah 5 langkah menggunakan Canva untuk pembelajaran online yang menarik, tidak membosankan, dan pastinya seru karena melibatkan siswa-mu dalam proses pembelajaran ini. Tentu masih banyak lagi tools lainnya yang disediakan Canva untuk memudahkanmu mengajar secara online di masa pandemi ini. Untuk lebih jelasnya, silahkan langsung mencobanya di Canva, ya. Semoga bermanfaat!

Canva
Komentar (0)
Tambah Komentar