Uninstall Aplikasi / Program Windows Dengan Benar

Jangan Asal Hapus !!!

Untuk pengguna komputer yang masih awal bisa lanjut baca artikel ini, kalo sudah pro kayaknya gak usah. Karena ini hanya dasarnya dan dibuat untuk pengguna komputer yang baru (Windows). Untuk menghapus atau uninstall aplikasi/program yang ada/yang terinstall di komputer/laptop silahkan klik “Start Menu” di ujung Taskbar atau bisa juga klik logo Windows di keyboard.

Kemudian pilih “Control Panel” maka tampilan layar kalian sekarang akan menampilkan halaman Control Panel. Klik “Uninstall Program” maka akan menampilkan semua aplikasi/program yang terinstall di komputer. Misalnya disini saya uninstall “Corel X5“, maka pada aplikasinya klik kanan dan pilih “Uninstall“.

Tunggu sampai proses selesai, biasanya pada beberapa aplikasi suka ada pertanyaan “Apakah Anda Ingin Menghapus Seluruh File Program?” artinya ketika pilih “Yes” semua tektek bengek tentang aplikasi ini akan dihapus tapi kalo “No” artinya hanya menghapus aplikasinya saja dan menyiksakan beberapa file yang pernah dibuat/dilakukan pada aplikasi ini selama aplikasi ini terinstall (hal ini biasanya ketika kita install ulang aplikasi yang sama, maka akan kembali berfungsi).

Tapi disarankan, hapus semua tektek bengeknya makanya hasil dari “Corel X5” harap dipindahkan dulu ke folder penyimpanan lain biar gak hilang hasil kerjaan kalian ketika menggunakan “Corel X5” ini.

Lihat dilayar Dekstop ada shortcut (jika ada). Setelah install selesai, seharusnya shortcut di desktop itu ikut hilang. Tapi kalo tidak hilang, kalian bisa hapus secara manual (klik dan hapus seperti biasa). Kemudian pada menu “document” masih ada folder Corel X5 ini atau tidak. Karena Corel X5 ini aplikasi yang menghasilkan gambar (setelah edit disimpan gambarnya) dan biasanya (default) folder Corel ini ada di “Document/Corel

Seharusnya folder ini juga hilang ketika kita uninstall tektek bengek tadi, tapi pada beberapa komputer (tergantung performa) suka masih ada yang tersisa. Kalian bisa hapus secara manual juga sama seperti menghapus shortcut yang tadi. Tapi cara-cara ini juga bisa dilakukan dengan satu langkah yaitu “Restart/Reboot” dan secara teknis maka folder-folder ini akan hilang termasuk shortcut.

Kalo masih tidak hilang ketika di restart berarti performa komputer kalian sedang tidak baik. Kalo gak biasa menunggu (restart) sebaiknya delete secara manual seperti menghapus shortcut tadi. Selesai, mudah kan?

Masih bingung ? Lihat : Video Tutorial Cara Hapus/Uninstall Aplikasi di Windows Dengan Benar.

Tapi biar sekalian untuk mengetahui performa komputer kalian, kalian bisa juga coba restart kalo folder-folder ini hilang setelah restart berarti performa komputer masih baik.

Setelah itu, jangan lupa cek lokasi penginstalan (Disk C), karena biasanya jika komputer mengandung virus yang bandel folder instalan juga bandel gak hilang cuma di restart saja, mungkin harus dilakukan secara manual. Pastikan kalian tahu dimana tempat instalan aplikasi tersebut (secara defaultnya ada di disk C).

Kalo masih tidak hilang ketika restart (kalo kalian restart) silahkan hapus secara manual seperti menghapus folder-folder diatas tadi, Selesai. Sampai langkah ini selesai maka aplikasi tersebut sudah bersih dari komputer kalian.

Selamat mencoba !

tunggu sebentar...
POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi