Ternyata Buah Alpukat Banyak Manfaatnya, Termasuk Untuk Menjaga Kesehatan Kulit

Avokad atau alpukat yang bernama latin ‘Persea americana’  buah lonjong berwarna hijau kecoklatan ini berasal dari daratan Meksiko dan Amerika Tengah. Buah alpukat ini sudah dikenal banyak orang kaya akan manfaat dengan berbagai macam vitamin dan mineral yang terkandung dalam buah alpukat yang dapat menyehatkan tubuh, sebagai pengobatan, dan bisa mempercantik kulit Anda. Alpukat ini memiliki kandungan kalium, magnesium, lutein, karbohidrat, protein, folat dan aneka vitamin seperti A, B, C, E, dan K. Alpukat juga kaya akan serat dan lemak yang tak jenuh yang baik untuk tubuh dan tidak dianjurkan juga untuk dikonsumsi berlebihan.

Beberapa manfaat luar biasa dari alpukat untuk kesehatan yaitu:

  • Memelihara kesehatan mata dan mencegah katarak

Kandungan karotenoid, lutein, dan zeaxanthin dalam alpukat dapat membantu menjaga kesehatan mata seseorang, zat tersebut memiliki antioksidan yang dapat mencegah kerusakan mata dan mengurangi resiko penyakit katarak saat dewasa.

  • Baik untuk kesehatan jantung dan menurunkan kolestrol jahat

Kandungan lemak tak jenuh dalam alpukat baik untuk kesehatan karena mengurangi kolestrol dalam darah. Dengan konsumsi alpukat dengan teratur dan memiliki pola makan yang sehat dapat mencegah terkena resiko penyakit jantung dan diabetes. Alpukat juga dapat mengurangi kadar kolestrol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolestrol baik (HDL) dan tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi alpukat secara berlebihan karena walaupun lemak yang baik tetapi bila berlebihan bisa beresiko bisa menjadi buruk bagi kesehatan.

  • Dapat mempercantik kulit

Alpukat mengandung vitamin C dan E yang baik untuk kesehatan kulit Anda, karena dapat memlembabkan kulit.

  • Baik untuk ibu hamil

Alpukat memiliki kandungan folat yang baik untuk kesehatan ibu hamil dan janin, untuk mencegah bayi lahir dengan cacat lahir seperti spina bifida dan neural tube defect. Dan folat juga dapat membantu perbaikan sel tubuh selama kehamilan.

Biji alpukat juga mempunyai manfaat yang luar biasa seperti daging alpukat. Biji alpukat kaya akan antioksidan, serat larut yang baik untuk mengurangi masalah pencernaan, usus, menjaga kesehatan jantung, dapat menurunkan kolestrol dan melawan virus serta bakteri penyebab penyakit, dan biji alpukat juga memiliki kandungan fosfor untuk kesehatan tulang. Selain itu bila alpukat dikonsumsi secara berlebihan dapat mengakibatkan beberapa efek buruk pada kesehatan seseorang, seperti:

  • Meningkatkan berat badan
  • Alergi
  • Menurunkan produksi ASI ibu hamil
  • Merusak hati
  • Iritasi saluran pencernaan
  • Defisiensi nutrisi
tunggu sebentar...

POS Lainnya:

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi