Manfaat ASI Untuk Bayi

Pemberian ASI eksklusif bagi bayi merupakan hal yang paling vital bagi pertumbuhan dan kesehatan awal bayi. ASI ekslusif diberikan sejak kelahiran bayi ke dunia hingga berusia enam bulan. Disarankan untuk hanya memberikan ASI saja pada bayi baru lahir hingga berusia enam bulan, tanpa memberikan makanan lain. Karena didalam ASI yang dihasilkan alami oleh para ibu memiliki kandungan nutrisi yang penting bagi bayi, seperti protein, vitamin, karbohidrat, dan lemak. Berikut beberapa manfaat ASI eksklusif bagi bayi Anda:

  • Membuat sistem kekebalan bayi lebih kuat

Meskipun tidak terlihat dampaknya langsung bagi perkembangan bayi, ASI membuat anak menjadi lebih kuat dan tahan akan penyakit. ASI memiliki zat antibodi pembentuk kekebalan tubuh bayi untuk melawan virus dan bakteri. Oleh karena itu bayi menjadi lebih kuat terhadap penyakit seperti diare, asma, alergi, sindrom kematian bayi mendadak, infeksi saluran pernapasan, meningitis dan mengurangi resiko obesitas.

  • Merangsang perkembangan emosional anak

Memberikan ASI eksklusif saat bayi merangsang perkembangan kognitif serta emosional bayi. Dari kontak fisik selama masa menyusui, kontak batin antara anak dan ibu menjadi semakin erat. Selama menyusui, tubuh ibu akan mengeluarkan hormon oksitosin yang mengurangi tingkat stres pada ibu sehingga ibu menjadi lebih stabil menyokong tumbuh kembang anak.

  • ASI memiliki zat penting yang dibutuhkan bayi

ASI memilik kandungan penting yang sangat dibutuhkan oleh bayi seperti DHA, Omega 6, laktosa, taurin, protein, laktobasilus, vitamin A, kolostrum, lemak, zat besi, laktoferin, dan lisozim oleh karena itu susu ASI lebih baik dibandingkan susu formula apapun.

  • Merangsang tubuh kembang sistem saraf bayi

Beberapa bulan awal kelahiran bayi sering disebut dengan periode emas tumbuh kembang bayi seperti fisik, kognitif dan psikologinya. Semua nutrisi yang dimiliki ASI akan menstimulasi perkembangan sistem saraf bayi dengan baik.

  • Membuat bayi lebih cerdas

Pemberian ASI eksklusif dapat membuat bayi menjadi lebih cerdas. Asam lemak yang terdapat pada ASI memiliki peran penting bagi kecerdasan otak bayi. Menurut pada penelitian, menunjukkan hasil yang mendukung bahwa bayi yang diberikan ASI eksklusif, memiliki tingkat kecerdasan yang lebih tinggi.

  • Membuat tulang bayi lebih kuat

Dengan pemberian ASI bagi bayi yang cukup selama enam bulan, dapat membuat tulang belakang dan tulang leher yang lebih kuat dibandingkan dengan bayi yang kurang menerima ASI eksklusif.

tunggu sebentar...

POS Lainnya:

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi