7 Manfaat Bawang Putih, Salah Satunya Dapat Mengobati Jerawat

Hati-Hati Ada Efek Sampingnya !

Allium Sativum atau yang kita kenal sebagai Bawang Putih adalah tanaman dari genus Allium yang sudah dikenal dari beberapa ribu tahun kebelakang hingga sekarang. Bawang putih banyak digunakan sebagai bahan makanan didaerah laut tengah, serta bumbu masak di wilayah Asia, Afrika, dan Eropa. Bahkan dalam catatan mesir kuno, bawang putih juga selain dijadikan bumbu atau bahan makanan bisa digunakan juga sebagai bahan terapi pengobatan.

Bawang putih mentah penuh dengan senyawa-senyawa sulfur, termasuk zat kimia yang disebut alliin yang membuat bawang putih mentah terasa getir atau angur.

Bawang putih juga mempunyai segudang manfaat bagi kesehatan untuk manusia selain fungsi utamanya sebagai bumbu/bahan masak. Terkadang bawang putih juga dipadukan dengan bahan-bahan tumbuhan lainnya untuk menunjang manfaat yang dihasilkan dari kombinasi keduanya untuk kesehatan manusia.

Manfaat Bawang Putih

Berikut beberapa manfaat dari bawang putih:

  • Bawang putih untuk penderita Diabetes

Bawang putih bermanfaat untuk mengontrol diabetes dan gejala-gejala yang dapat menimbulkan diabetes, dengan mengkonsumsi bawang putih setelah makan.

  • Bawang putih untuk Flu

Bawang putih juga bisa menyebuhkan flu, karena didalam bawang putih terdapat kandungan sulfur yang membuatnya bau dan rasa khas nya dapat meningkatkan dan mempercepat kegiatan membram mucous di saluran pernapasan, untuk membantu melegakan dan mengencerkan lendir. Kandungan phytochemical yang membantu membunuh bakteri dan virus penyebab penyakit.

  • Bawang putih untuk Kolesterol

Menurut studi, bawang putih juga dapat membantu mengurangi kolesterol didalam tubuh seseorang. Dengan cara mengkonsumsi bawang putih 600mg bawang putih setiap hari dapat mengurangi kolesterol seseorang secara drastis. Bawang putih juga dapat mengurangi lemak dan dapat menurunkan 12% jumlah kolesterol dalam 4 minggu perawatan.

  • Bawang putih untuk Kanker 

Kandungan organosulfida dalam bawang putih dapat berkhasiat memerangi kanker khususnya kanker perut dan usus besar. Organosulfida membantu hati dalam memproses senyawa kimia beracun. Menurut penelitian untuk mendapatkan khasiat tersebut bawang putih harus ditumbuk dan didiamkan selama 12 menit untuk mendapatkan membentuk kandungan memerangi kanker.

  • Bawang putih untuk Hipertensi dan Jantung

Manfaat bawang putih berkhasiat untuk pengidap hipertensi karena bawang putih dapat mengurangi ketegangan dalam saluran darah arteri. Tidak hanya itu bawang putih juga bermanfaat untuk menormalkan detak jantung karena bawang putih dapat menjaga kesehatan jantung dan mengembalikan kesehatan jantung Anda, mencegah serangan jantung, membantu mengecilkan sumbatan pada arteri jantung dengan mengkonsumsi 2-3 siung bawang putih untuk menjaga kesehatan jantung Anda.

  • Bawang putih untuk mengurangi sakit tenggorokan dan gigi

Sifat bawang putih yang antibakteri dan anastesi dapat menyembuhkan seseorang dari sakit tenggorokan dan sakit gigi. Dengan mengupas bawang dan mengunyahnya di sekitar gigi yang sakit dapat mengurangi sakit gigi yang diderita seseorang.

  • Bawang putih untuk obat jerawat

Bawang putih memiliki kandungan antioksidan dan sifat antiradang, yang memungkinkan bisa menghilangkan jerawat di wajah seseorang. Menurut seorang ahli gizi Charlottetown bawang putih dapat membantu melawan peradangan karena memiliki bahan kimia alami bernama alliicin yang dapat mengusir bakteri, virus dalam tubuh.

Efek Samping

Bukan hanya manfaat tapi bawang putih juga mempunyai efek samping yaitu:

Selain aroma yang menggangu dan dapat membuat bau badan seseorang jika dikonsumsi secara berlebihan, bawang putih juga dapat mengurangi kemampuan darah untuk membeku, yang artinya jika Anda penderita trombsitopenia (kekurangan unsur dalam darah yang berfungsi untuk membekukan darah) dapat memperparah gejala penyakit tersebut dan segeralah konsultasi dengan para dokter yang dapat menangani penyakit tersebut.

Dapat melukai hati karena kelebihan mengkonsumsi bawang yang mengandung allicin dapat melukai hati seseorang. Konsumsi bawang putih juga dapat membuat seseorang terserang mual, muntah, diare, pusing, iritasi kulit, dan pendarahan dimata atau bagi ibu hamil.

Loading...

Lihat Post Lainnya:
Komentar
Memuat...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi