Berikut Ini Manfaat Beras Hitam, Salah Satunya Dapat Mengontrol Berat Badan. Berani Coba ?

Beras merupakan bagian dari bulir padi yang telah terpisah dari sekam. Sudah hal yang umum jika seseorang sering mengkonsumsi beras putih untuk kebutuhan sehari-hari. Tapi menurut para ahli beras putih hanya membuat seseorang kenyang dan minim akan manfaat karena kandungan vitamin, serat, dan nutrisinya banyak yang terbuang saat proses pembuatannya.

Tapi apakah Anda mengetahui tentang beras hitam ? Beras satu ini dikenal dari jaman dahulu dijaman China kuno. Beras hitam ini dulu hanya diperuntukan untuk konsumsi para kaisar dan keluarganya. Tetapi sekarang beras hitam sudah dikenal dibeberapa kalangan seperti Anda yang ingin melakukan diet menurunkan berat badan. Dibandingkan dengan beras putih, beras hitam yang termasuk dalam spesies Oryza sativa L ini memiliki bulir yang lebih panjang dan ramping yang warnanya akan memudar menjadi keunguan ketika dimasak dan memiliki rasa yang gurih. Bahkan Indonesia merupakan tempat budidaya beras hitam terbesar di Asia Tenggara. Kini beras hitam dinobatkan sebagai salah satu biji gandung yang paling sehat di dunia.

Manfaat Beras Hitam

  • Mengandung antosianin yang tinggi

Kandungan antosianin dalam beras hitam yang tinggi berfungsi mencegah terjadinya penyakit penyumbatan pembuluh darah,mengurangi resiko penyakit jantung, asma, macam-macam peradangan, menghambat sel tumor, menangkal radikal bebas, mencegah penyakit neurologis, dan meningkatkan memori otak.

  • Kaya akan vitamin dan mineral

Beras hitam mengandung banyak sekali vitamin dan mineral seperti, vitamin E, B1, B2, B3, B6, zinc, magnesium dan fosfor. Vitamin B kompleks, magnesium dan fosfor membantu Anda beraktivitas seharian tanpa lelah karena mendukung kinerja sistem imun tubuh seseorang. Vitamin E nya juga dapat membantu menjaga kesehatan mata, kesehatan kulit, dan mencegah kerusakan sel. Beras hitam mengandun riboflavin yang berperang penting sebegai penangkal radikal bebas penyebab kanker.

  • Membantu detoksifikasi tubuh

Beras hitam mengandung fitonutrein yang berfungsi mengurangi peradangan dan membantu proses detoksifikasi tubuh. Mengonsumsi beras merah secara berkepanjangan dapat melindungi seseorang dari kerusakan akibat radikal bebas khususnya dalam darah, dan organ hati. Fitonutrein juga dapat mengurangi stres oksidatif dalam tubuh, sekaligus memperbaiki dan meningkatkan fungsi masing-masing jaringan.

  • Mengontrol berat badan

Kandungan serat yang tinggi dan teksturnya yang lebih padat rendah kalori pada beras hitam membuat seseorang merasa kenyang lebih lama dan dapat mempertahankan angka gula darah dalam tubuh yang mencegah seseorang menjadi diabetes dan mengontrol berat badannya. Konsumsi beras hitam jangka panjang dapat membantu mengontrol asupan kalori untuk melindungi seseorang terkena obesitas.

tunggu sebentar...

POS Lainnya:

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi