Manfaat Buah Mangga, Ternyata Bisa Mencegah Risiko Penyakit Asma

Nama ”’mangga”’ berasal dari bahasa Malayam maanga, nama ini dibawa ke Eropa oleh orang-orang Portugis dan diserap menjadi manga (bahasa Portugis), dan mango  (bahasa Inggris). Buah mangga berasal dari daerah di sekitar perbatasan India dengan Burma, dan telah menyebar ke Asia Tenggara sekurang-kurangnya semenjak 1500 tahun silam. Mangga merupakan buah yang termasuk ke dalam marga Mangifera, pohon mangga termasuk tumbuhan tingkat tinggi yang struktur batangnya (habitus) termasuk kelompok arboreus yaitu tumbuhan berkayu yang memiliki tinggi batang lebih dari 5 meter. Pohon mangga bisa mencapai tinggi antara 10 hingga 40 meter.

Kandungan nutrisi yang ada dalam buah mangga yaitu energi, gula, diet serat, lemak, karbohidrat, protein, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B4, vitamin B6, vitamin C, asam pantotenat, magnesium, folat, zat besi, kalium, zinc, folat, kalsium, beta-karoten serta mineral lainnya. Kandungan nutrisi yang ada pada buah mangga tentunya memiliki fungsi yang baik bagi tubuh, berikut adalah manfaat dari buah mangga.

Manfaat Buah Mangga Bagi Kesehatan

  • Menjaga Kesehatan Jantung

Kalium berfungsi untuk mengatur tekanan darah, membantu kerja jantung, saraf, dan juga otot agar dapat berfungsi dengan baik serta kandungan vitamin dan serat yang ada dalam buah mangga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung.

  • Menjaga Kesehatan Mata

Bukan hanya wortel saja yang dapat menjaga kesehatan mata, kandungan vitamin A yang ada pada buah mangga dapat memantu menjaga kesehatan mata.

  • Menutrisi Kulit dan Rambut

Kandungan vitamin A dalam buah mangga sangat baik untuk menutrisi kulit tubuh, selain itu vitamin A juga sangat diperlukan untuk pertumbuhan semua jaringan yang ada dalam tubuh.

  • Membantu Mencegah Kanker

Senyawa antioksidan dalam buah mangga dapat melindungi dari kanker, senyawa ini yaitu quercetin, enzim, fisetin, isoquercitrin, astragalin, asam galat, dan methylgallat.

  • Mencegah Risiko Penyakit Asma

Buah mangga bisa mempengaruhi pengembangan risiko penyakit asma menjadi lebih rendah, karena buah mangga mengandung beta karoten sehingga dapat mencegah risiko penyakit asma.

  • Membantu Menjaga Kadar Kolesterol

Kandungan vitamin C yang tinggi, serat dan pektin yang ada dalam buah mangga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol.

  • Dapat Membantu Pada Pencernaan

Buah mangga memiliki kandungan enzim, kandungan enzim ini bermanfaat untuk membantu menghancurkan kandungan lemak dan protein pada makanan yang dikonsumsi. Kandungan serat pada buah mangga membantu pada pencernaan, sehingga dapat memudahkan pembuangan sisa pencernaan (feses).

Loading...

Lihat Post Lainnya:
Komentar
Memuat...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi