Manfaat Buah Matoa, Salah Satunya Dapat Mencegah Penuaan Dini

Matoa (Pometia pinata) merupakan tanaman buah khas Papua, tergolong pohon besar dengan tingginya rata-rata 18m dan diameter maksimum 100cm. Pada umumya matoa ini berbuah hanya sekali dalam satu tahun, berbunga pada bulan Juli-Oktober dan kemudian berbuah 3-4 bulan kemudian.

Di Papua dikenal ada 2 jenis matoa, yaitu Matoa Kelapa dan Matoa Papeda. Ada ciri yang membedakan kedua jenis matoa yaitu pada tekstur buahnya, Matoa Kelapa dicirikan tekstur buahnya kenyal sedangkan Matoa Papeda tekstur buahnya agak lembek dan juga lengket.

Buah Matoa ini mengandung air, Vitamin C, vitamin E, kalium, kalsium, zat tanin, serta kandungan serat yang baik untuk tubuh. Berikut adalah manfaat dari buah Matoa.

Manfaat Buah Matoa

  • Menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi)

Ekstrak buah matoa mengandung zat yang bersifat diuresis, yaitu meningkatkan jumlah cairan yang dikeluarkan dari dalam tubuh. Pada saat cairan dalam tubuh terlalu banyak, maka tekanan darah akan meningkat. Dan jika kadar cairan kembali normal, maka tekanan darah akan turun.

  • Melawan kuman penyakit

Penelitian yang dilakukan tepatnya di Bogor Jawa Barat, membuktikan bahwa buah matoa ini berhasil menghambat perkembangan kuman/bakteri penyebab infeksi saluran nafas dan saluran kemih.

  • Membantu memenuhi kebutuhan mineral dan vitamin

Kandungan vitamin dan mineral yang tinggi yang terdapat pada buah matoa dapat membantu untuk memenuhi kebutuhan mineral dan juga kebutuhan vitamin tubuh.

  • Memelihara kesehatan kulit dan kesuburan pria

Vitamin E, kalsium, dan juga kalium bermanfaat untuk memelihara kesehatan kulit serta bermanfaat juga untuk kesuburan pria.

  • Mengontrol kadar gula

Nutrisi yang terdapat dalam buah matoa ini sangat baik untuk mengontrol kadar gula, terutama untuk penderita diabetes.

  • Melancarkan pencernaan

Kandungan serat yang tinggi pada buah matoa bermanfaat untuk membantu melancarkan pencernaan, bagi Anda yang mengalami sembelit dapat mencoba mengkonsumsi buah matoa ini agar pencernaan Anda kembali normal.

  • Mencegah penuaan dini

Kandungan pada buah matoa juga bermanfaat untuk kesehatan kulit, buah matoa ini akan memperlambat serta mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini pada bagian kulit seperti kerutan pada kulit.

  • Obat ambeien

Ambeien merupakan salah satu gangguan kesehatan yang berhubungan dengan pencernaan, buah matoa bermanfaat sebagai obat ambeien yang alami.

tunggu sebentar...
POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi