4 Manfaat Utama Buah Naga Untuk Kesehatan

Buah naga berasal Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan namun sekarang sudah dibudidayakan di daerah Asia seperti Vietnam, Filipina, Thailand, Malaysia, bahkan di Indonesia sendiri. Buah naga ini termasuk dalam jenis kaktus dari marga hylocereus dan selenicereus. Pada tahun 1870an tanaman ini dibawa oleh orang Prancis dari Guyana ke Vietnam sebagai tanaman hias.

Oleh orang Vietnam buah ini selalu diletakkan diantara dua ekor patung naga berwarna hijau di atas meja altar karena dianggap berkah oleh masyarakat Vietnam. Warna merahnya mencolok diantara warna hijau naga. Budaya ini dikenal dengan istilah Thang Loy (Buah Naga) oleh masyarakat Cina dan Vietnam. Buahnya yang bersisik seperti naga ini juga membuat buah ini dijuluki sebagai buah naga. Ada 4 jenis buah naga, yaitu:

  • Hylocereus undatus, buahnya berwarna merah dan dagingnya berwarna putih.
  • Hylocereus polyrhizus, buahnya berwarna merah dan dagingnya berwarna merah.
  • Selenicereus megalanthus, kulit buah berwarna kuning dan dagingnya berwarna putih.
  • Hylocereus costaricensis, buah dan dagingnya sama sama berwarna merah pekat.

Buah yang sangat unik ini mengandung sekitar 60 kalori, kaya akan vitamin C, B1, B2, dan B3, serta mineral seperti zat besi, kalsium, protein, fosfor, fiber, likopen, captin dan antioksidan. Berikut beberapa manfaat buah naga bagi kesehatan:

Manfaat Buah Naga

Buah naga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, kandungan vitamin dan mineralnya dapat menunjang kesehatan yang baik. Berikut beberapa manfaat buah naga bagi kesehatan:

Antipenuaan

Kandungan antioksidan dalam buah naga membantu menjaga kulit tetap kencang dan elastis. Antioksidan juga sangat baik untuk menangkal radikal bebas yang dapat menimbulkan penyakit kanker. Kandungan fosfor dan fosfolifid yang merupakan komponen utama dari membran sel. Apabila mengkonsumsi buah naga Anda mendapatkan asupan fosfor yang cukup baik untuk membantu mencegah penuaan dini. Kandungan vitamin C nya juga dapat mempercantik penampilan dalam menjaga kesehatan kulit, buah dan kulitnya pun dapat menjadi masker lulur.

Mencegah Kanker

Kandungan antioksidan yang tinggi pada buah naga dapat mencegah radikal bebas masuk ke dalam tubuh yang dapat menyebabkan penyakit kanker. Kandungan likopen yang membuah buah naga berwarna merah ini dapat menurunkan resiko terkena penyakit prostat. Kandungan karoten dalam buah naga juga dapat mengurangi resiko tumor.

Mencegah Diabetes

Jumlah serat yang tinggi dalam buah ini dapat menstabilkan kadar gula darah seseorang. Rasa manis dari buah naga juga bukan berasal dari glukosa, yang membuat buah naga membantu menyembuhkan penyakit diabetes.

Kaya akan Vitamin B, C dan Magnesium

Kandungan vitamin B dalam buah naga dapat mencegah dan menurunkan penderita gangguan pernapasan seperti batuk dan asma. Vitamin C yang tinggi juga membuat sistem kekebalan tubuh Anda lebih kuat dan lebih efisien untuk menangkal infeksi penyebab penyakit. Kandungan magnesium dalam buah naga membuat meningkatkan kesehatan tulang dan kesehatan jantung.

tunggu sebentar...
POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi