Manfaat Buah Nangka, Ternyata Dapat Mencegah Kanker Payudara

Nangka (bahasa Inggris Jackfruit) adalah buah yang termasuk ke dalam suku Moraceae; nama ilmiahnya adalah Artocarpus heterophyllus. Nangka merupakan buah majemuk (syncarp) berbentuk gelendong memanjang, seringkali tidak merata, kira-kira panjangnya hingga 100 cm. Pada sisi luar membentuk duri yang pendek dan lunak, daging buah yang sesungguhnya merupakan perkembangan dari tenda bunga yang berwarna kuning keemasan apabila masak, berbau harum-manis yang tajam, berdaging, terkadang berisi cairan (nektar) yang manis.

Buah nangka merupakan sumber makanan yang tinggi vitamin A, vitamin C, thiamin, kalium, kalsium, riboflavin, niasin, zat besi, zinc, serta serat yang rendah kalori dan mineral lainnya. Kandungan-kandungan ini tentunya memiliki manfaat yang baik bagi tubuh, berikut adalah manfaat dari buah nangka.

Manfaat Buah Nangka

  • Mengurangi Risiko Penyakit Kardiovaskular

Kalium yang terkandung dalam buah nangka penting dalam mengendalikan tekanan darah dan detak jantung, dan vitamin B6 dalam buah nangka bermanfaat untuk membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskuler seperti iskemia, aterosklerosis serta membantu mengurangi risiko stroke.

  • Menjaga Kesehatan Tulang

Kandungan kalsium yang ada dalam buah nangka bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang, dan kandungan potasium pada buah nangka bermanfaat untuk meningkatkan kepadatan tulang yang kuat.

  • Menjaga Kesehatan Mata

Buah nangka mengandung vitamin A, beta karoten, lutein dan zeaxanthin yang bermanfaat untuk mendukung fungsi normal kornea dan membran konjungtiva sehingga kesehatan mata terjaga.

  • Meningkatkan Imunitas Serta Melawan Kanker

Buah Nangka mengandung banyak antioksidan dan zat fitonutrien untuk melawan kanker termasuk lignan, isoflavon, dan saponin yang dapat menetralkan radikal bebas untuk melawan kanker.

  • Mencegah Kanker Payudara

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Karsinogenesis, menemukan bahwa kandungan vitamin C yang ada dalam buah nangka mampu meningkatkan aktivitas enzim antioksidan penting yang membantu untuk mencegah kanker payudara.

  • Meningkatkan Energi

Kandungan fruktosa, sukrosa pada buah nangka bermanfaat untuk meningkatkan energi, dan tidak mengandung kolesterol.

  • Mencegah Anemia

Kandungan zat besi dalam buah nangka bermanfaat untuk mencegah anemia atau tekanan darah rendah dan mampu meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh.

  • Mencegah Sembelit

Kandungan serat pada buah nangka bermanfaat untuk mencegah sembelit dan melancarkan sistem pencernaan.

Loading...

Lihat Post Lainnya:
Komentar
Memuat...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SIP LAH Lihat Privasi