Manfaat Buah Semangka untuk Kesehatan

Siapa yang tak kenal dengan buah semangka, buah yang besar berwarna hijau dan daging yang berwarna merah atau kuning ini nikmat sekali disantap di siang hari terutama saat merasa kelelahan. Semangka berasal dari daerah setengah gurun di Afrika bagian selatan. Buah ini sangat segar karena buahnya yang manis dan kandungan air yang sangat banyak di dalamnya. Hampir 92% kandungan dari semangka adalah air. Apalagi dikonsumsi saat cuaca panas dengan keadaan gerah, buah ini sangat digemari saat kondisi seperti ini.

Manfaat Buah Semangka

Semangka juga memiliki kandungan vitamin dan mineral seperti magnesium dan kalium, karbohidrat, vitamin C dan A, dan yang penting semangka juga memiliki antioksidan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Disamping buahnya yang menyegarkan, semangka pun memiliki kandungan manfaat yang baik untuk kesehatan. Berikut beberapa manfaat semangkat untuk kesehatan:

Menyehatkan jantung dan tulang

Selain kaya akan air, semangka juga mengandung dengan vitamin C, B6, antioksidan, beta karoten, selenium, dan zinc yang baik untuk menghilangkan nyeri dan kaku pada otot. Semangka juga mengandung likopen (karotenoid) salah satu antioksidan yang dapat mencegah kerusakan tubuh dan sel akibat radikal bebas dan bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung.

Buah semangka mengandung likopen yang tingga yang efektif melindungi sel jantung dari kerusakan dan menurunkan risiko penyakit jantung. Likopen juga sendiri mampu untuk mencegah risiko penyakit kanker prostat. Dilansir dari whfoods, semangka baik untuk kesehatan jantung dan tulang, semangka juga dapat melindungi tubuh dari kolestrol jahat. Semangka juga mengandung citrulline dan arginine yang sama baiknya untuk kesehatan jantung.

Mengatasi Sembelit dan Dehidrasi

Sembelit merupakan penyakit yang mengganggu karena susah untuk buang air besar. Dengan mengkonsumsi semangka atau melon dengan buah yang kaya akan serat dan air, bisa membantu Anda mengatasi sembelit yang mengganggu. Semangka juga mengandung 92% air dan elektrolit yang baik untuk mencegah dehidrasi dan membantu suhu tubuh tetap stabil dalam cuaca panas yang menyengat.

Menyehatkan Kulit dan Rambut

Semangka juga dapat mempercantik kulit dan rambut, kandungan vitamin C yang dapat membantu memproduksi kolagen untuk pembentukan jaringan kulit dan rambut, kandungan air nya juga baik untuk membuat kulit selalu terhidrasi dengan baik, dan vitamin A yang membantu menjadi kulit dan batang rambut agar tetap lembap.

Manfaat Kulit Semangka

Kulit semangka juga memiliki manfaat untuk kesehatan, selain daging buahnya yang memiliki beragam manfaat bagi kesehatan, kulit semangka pun memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Berikut manfaat dari kulit semangka:

Membantu Menurunkan Tekanan Darah

Coba untuk Anda yang mengidap penyakit hipertensi, untuk mengkonsumsi semangka beserta kulitnya. Menurut penelitian, suplemen ekstrak buah semangka dapat mengendalikan tekanan darah pada orang dewasa yang obesitas. Kandungan citrulline dalam semangka dapat memperlancar aliran darah dalam tubuh sehingga tekanan darah menjadi lebih stabil.

Semangka juga bisa disebut sebagai obat diuretik alami atau obat yang biasanya di resepkan oleh dokter untuk menurunkan tekanan darah.

Obat Kuat Alami

Kandungan citrulline pada semangka mengandung asam amino yang khas. Kandungan citrulline inilah yang membuat semangkat bisa menjadi obat kuat alami untuk para pria, yang dimana dapat memperlebar pembuluh darah dan meningkatkan libido, seperti cara kerja obat kuat atau viagra.

tunggu sebentar...
POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi