6 Manfaat Dark Chocolate, Salah Satunya Dapat Mencegah Stress & Tingkatkan Mood

Coklat merupakan makanan atau minuman favorit bagi semua orang di dunia. Rasanya yang manis dapat membuat mood seseorang menjadi lebih baik. Kita juga tahu bahwa coklat kaya akan manfaat untuk kesehatan contohnya dark chocolate, yang banyak mengandung antioksidan untuk mencegah resiko darah tinggi dan diabetes. Coklat sendiri dibuat dari hasil olahan biji kakao. Di dalam biji kakao terdapat zat flavonoid yang kaya akan antioksidan yang baik untuk kesehatan, mencegah resiko kanker, memperbaiki sel yang rusak, dan membuat pembuluh darah kita elastis yang otomatis menurunkan resiko tekanan darah tinggi.

Ada dua jenis golongan coklat yang kita kenal, dark chocolate dan milk chocolate. Dark chocolate lebih baik daripada milk chocolate dikarenakan dark chocolate lebih kaya antioksidan dan lebih rendah lemak yang baik untuk kesehatan.

Berikut in beberapa manfaat baik untuk kesehatan dari memakan dark chocolate:

  • Dapat meningkatkan insulin yang bermanfaat untuk mencegah resiko diabetes atau meminimalisir gula darah dalam tubuh untuk penderita diabetes.
  • Dapat menurunkan tekanan darah karena zat flavonoid yang kaya antioksidan ini dapat menghindari pembentukan plak dalam pembuluh darah mencegah terjadinya peningkatan tekanan darah dan dapat menurunkan tekanan darah sistolik.
  • Mencegah stres dan membuat mood meningkat dikarenakan coklat memiliki kandungan serotonin, dopamin, phenylethylamin.
  • Coklat juga dapat menurunkan risiko sindrom kelelahan kronis.
  • Coklat kaya akan vitamin B, A, E yang bagus untuk kesehatan kulit yang dapat meningkatkan aliran darah dalam pembuluh darah khususnya kulit yang bisa mengurangi tanda-tanda penuaan.
  • Meningkatkan HDL (High Density Lipoprotein) atau Kolestrol baik, dan mengurangi LDL (Low Density Lipoprotein) atau Kolestrol jahat.

Selain manfaat yang baik untuk kesehatan, coklat juga memiliki dampak buruk bagi kesehatan bila kita mengkonsumsi coklat dengan takaran yang berlebihan. Mengkonsumsi coklat berlebihan dapat mendatangkan resiko penyakit jantung karena kadar lemak yang masuk berlebihan dalam tubuh. Dapat menimbulkan jerawat dan memperburuk jerawat.

Coklat memiliki kandungan serotonin dan dopamin yang baik menyehatkan aliran darah ke otak dan membuat seseorang lebih merasa senang, tetapi bila kandungan serotonin dan dopamin yang berlebihan masuk kedalam tubuh dapat membuat seseorang lebih cepat gugup, cemas, gelisah, khawatir, bahkan depresi.

tunggu sebentar...
POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi