Manfaat Daging dan Air Kelapa Bagi Kesehatan

Kelapa yang bernama lain Cocos Nucifera hampir semua bagian bisa dimanfaatkan dan berguna bagi manusia. Dari akarnya yang biasanya dipakai menjadi pondasi atau penyangga bangunan, batangnya yang bisa menjadi bahan baku meja atau furniture lainnya dengan kualitas menengah, daunnya yang bisa dijadikan atap rumah alami dan sering juga digunakan untuk bahan anyaman seperti ketupat, bunga kelapa yang masih muda bisa digunakan sebagai hiasan perkawinan adat jawa dan bisa juga menjadi bahan masakan gudeg, dan buah kelapa menjadi bagian yang paling bernilai ekonomi, sabut, batok, dan semuanya bisa dipakai oleh manusia. Di artikel ini saya akan membahas khasiat kelapa untuk kesehatan.

Manfaat Daging Kelapa

Endosperma buah kelapa yang berupa cairan serta endapannya yang terdapat di dinding dalam batok kelapa ini menjadi bagian populer yang dikonsumsi masyarakat. Cairan dan endapannya mengandung beraneka enzim dan memiliki khasiat penetral racun dan efek penyegar atau penenang. Daging buah kelapa juga bisa dimanfaatkan untuk dijadikan santan atau dijadikan sebagai nata de coco yang digemari banyak orang.

  • Kaya akan serat yang baik untuk program penurunan berat badan karena sebagai pemecah lemak yang baik dan menyehatkan sistem pencernaan.
  • Daging kelapa mempunyai zat antioksidan yang baik untuk penetral racun didalam tubuh.
  • Daging kelapa juga bisa menjadi penambah energi dan dapat menurunkan kolestrol.

Manfaat Air Kelapa

Air kelapa merupakan bagian yang paling difavoritkan oleh masyarakat. Selain rasanya yang menyegarkan, air kelapa juga kaya akan vitamin dan nutrisi yang terkandung didalamnya sebagai sumber kesehatan. Air kelapa juga mengandung karbohidrat yang mudah dicerna oleh tubuh dalam bentuk gula dan elektrolit yang baik untuk kesegaran tubuh. Kandungan vitamin di dalam air kelapa yaitu vitamin B kompleks seperti, riboflavin, niasin, tiamin, piridoksin, dan folat , dan vitamin C. Kandungan mineral dalam air kelapa antara lain kalsium, zat besi, mangan, magnesium, dan seng.

  • Air kelapa juga berfungsi untuk mencegah penyakit pencernaan seperti diare, konstipasi, cacingan, infeksi kandung kemih, dan gangguan ginjal. Air kelapa juga bisa mengatasi dehidrasi karena di dalam air kelapa memiliki kandungan asam amino, enzim dan mineral yang dapat mengganti cairan dalam tubuh.
  • Dapat membuat kulit menjadi lebih halus dan lebih terlihat muda, karena kandungan sitokinin (hormon pertumbuhan) yang berfungsi pertumbuhan, perkembangan, dan penuaan sel. Dan sitokinin ini mempunyai efek anti penuaan, anti karsinogenik, dan anti pembekuan darah. Sitokinin juga dapat menyeimbangkan kadar pH dalam tubuh.
  • Air kelapa juga baik untuk menambah energi alami sebagai pengganti minuman energi, dapat meninggkatkan kinerja hormon tiroid yang membantu Anda lebih berenergi.
  • Dapat membantu menyuburkan vitalitas para pria karena air kelapa dapat menetralisir kandungan nikotin di dalam tubuh yang mengganggu kesuburan pria.
tunggu sebentar...
POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi