Manfaat dan Efek Buruk Buah Durian untuk Kesehatan, HARUS TAU!

Siapa yang tidak mengenal dengan buah yang satu ini, Durian. Bentuknya yang khas dan aroma yang sangat menyengat dapat membuat seseorang menikmatinya dan kadang orang sangat membenci karena bentuk atau baunya yang menyengat. Buah durian adalah buah yang tumbuh di kondisi tempat yang tropis berasal dari wilayah Asia Tenggara termasuk Indonesia yang dijuluki sebagai raja dari segala buah (King of Fruit). Durian di Indonesia terdapat lebih dari 55 jenis durian budidaya, tetapi hanya 38 durian unggulan yang telah diseleksi dan diperbanyak secara vegetatif.

Durian memiliki ragam vitamin dan mineral, karbohidrat, lemak dan protein. Buah durian juga mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Dalam 100 gram buah durian mengandung sekitar 27 gram karbohidrat, 4 gram serat, 1,5 gram protein, 5 gram lemak, vitamin A sebanyak 44 IU, vitamin C sekitar 20 mg, magnesium 30 mg, fosfor 39 mg, dan mineral lainnya. Kandungan tersebut bisa dapat dipercaya manfaat durian yang baik untuk kesehatan tubuh. Mau tau lebih dalam mengenai manfaat dari durian? berikut penjelasannya!

Terhindar dari Resiko Kanker

Kandungan antioksidan pada durian dikenal tinggi yang kita ketahui bahwa antioksidan dikenal sebagai zat yang dapat melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit berbahaya seperti kanker dan penyakit jantung. Kandungan serat dalam durian juga dapat menurunkan kadar kolestrol yang baik untuk peredaran darah, serta baik untuk kesehatan jantung.

Baik untuk Kesehatan Tulang

Durian juga mengandung kandungan kalium dan vitamin B1 dan B2 yang cukup baik untuk kebaikan tubuh. Setidaknya terkandung 436 mg kalium dalam satu buah durian. Kalium sendiri membantu tubuh untuk menjaga kesehatan tulang, otot, saraf, dan pembuluh darah, serta menurunkan tekanan darah tinggi.

Mengobati Depresi

Durian memiliki kandungan vitamin B6 yang mampu memproduksi serotin yang berguna untuk menangkal depresi. Durian menjadi obat depresi alami selama dimakan dengan porsi yang wajar.

Mengatasi Anemia

Kandungan folat, tembaga dan zat besi pada buah durian dapat mengatasi penyakit kekurangan darah dalam tubuh penyebab anemia.

Melindungi dan Melembabkan Kulit

Buah durian memiliki kandungan flavonoid yang mampu meregenerasi sel kulit yang mati sehingga kulit Anda terjaga kelembaban dan kekencangannya. Baik di konsumsi atau dijadikan masker wajah manfaat durian ini untuk kesehatan kulit Anda. Kandungan vitamin C dan E nya juga dapat membuat kulit Anda menjadi lebih cerah dan lebih halus.

Obat Alami untuk Penderita Epilepsi

Durian memiliki kandungan triptopan yang dikenal sebagai obat tidur alami. Triptopan bekerja dengan mengatur metabolisme menjadi berbagai neurotransmitter yang salah satunya dapat membantu induksi tidur, bahkan menjadi pengobatan untuk penderita epilepsi.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum konsumsi durian, memang banyak manfaat dari buah durian tetapi bila seseorang memakan dengan berlebihan dapat menimbulkan rasa tidak nyaman pada perut seperti perut terasa kembung, muntah bahkan diare.

Bagi para penderita diabetes, lupakan konsumsi buah durian. Kandungan gula pada durian yang cukup tinggi dan mengkosumsinya tanpa pengawasan medis dapat berpotensi mengganggu kestabilan kadar gula darah para penderita diabetes. Untuk ibu hamil dan menyusui juga dianjurkan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum konsumsi buah durian.

Tidak disarankan untuk mengonsumsi buah durian berdampingan dengan alkohol dikarenakan kandungan zat pada durian yang dapat menghambat kinerja enzim dalam saluran cerna dalam mencerna alkohol dan apabila dikonsumsi bersamaan dapat menimbulkan mual, muntah, dan jantung berdebar. Selain itu, berikut beberapa efek samping mengonsumsi buah durian:

  • Menyebabkan kolestrol tinggi
  • Diabetes
  • Kematian pada janin pada ibu hamil
  • Menyebabkan penyakit jantung
  • Kematian pada penderita hipertensi
  • Resiko penyakit ginjal
  • Penyempitan pembuluh darah

Durian memang kaya akan manfaat, tetapi apabila dikonsumsi dengan berlebihan dapat menimbulkan efek samping yang berbahaya seperti yang di atas, tetap awasi keluarga Anda dari bahaya buah durian!

SUBSCRIBE
Subsribe sekarang dan dapatkan UPDATE terbaru melalui Email.
Berhenti Subscribe Kapanpun!
POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi