14 Manfaat Daun Mint, Jarang Diketahui. Bisa Cerahkan Kulit Wajah ?

Daun mint (Mentha cordifolia) adalah salahsatu tanaman yang dapat dimanfaatkan sebagai aromaterapi, aroma wangi yang ada pada daun mint disebabkan oleh kandungan minyak atsiri. Daun minta juga mengandung vitamin C, provitamin A, fosfor, besi, potassium dan juga kalsium.

Biasanya tanaman mint (Mentha codifolia) ditanam di Eropa, Asia, Afrika, Australia, dan Amerika Utara, tanaman ini cocok digunakan sebagai obat, makanan, minuman, pasta gigi, permen karet. Tanaman mint tergolong dalam kelompok tanaman rambat, seperti strawberry, tanah yang ideal untuk tanaman ini adalah tanah yang memiliki curah hujan yang sedang.

Tahukah Anda, ternyata daun mint ini memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Berikut penjelasannya.

Manfaat Daun Mint

Meningkatkan kekebalan tubuh Anda

Sebagai tambahan dari aktivitas anti-oksidan tanaman mint, seperempat cangkir penguat rasa spearmint memberikan vitamin A hampir setengah dari kebutuhan harian tubuh, bentukvitamin yang berbasis tumbuhan dapat membantu melindungi sel dari kerusakan dengan mencari radikal bebas tanng dapat menimbulkan kerusakan pada jaringan organ.

Mengatasi mual dan gangguan pencernaan

Daun mint berpotensi memperlancar sistem pencernaan dan meringankan kejang perut, daun mint juga mempunyai efek anastesi yang ringan sehingga mampu untuk menghilangkan rasa sakit di perut.

Membantu mengatasi masalah pada bagian perut

Efek zat anti-spasmodik dari methanol yang terkandung dalam daun mint, serta minyak peppermint diketahui dapat membantu meredakan nyeri perut dan juga gejala-gelaja lain dari IBS (Irritable Bowel Syndrome).

Hidung tersumbat

Daun mint mengandung mentol, aroma mentol dapat membantu membuka saluran pernafasan, karena mengandung anti-inflamasi serta antibakteri yang terkandung dalam daun mint juga dapat membantu untuk mengobati infesi yang diakibatkan oleh serangan bakteri.

Pengendali stress dan meredakan otot ringan

Aroma pada daun mint dapat membantu meringankan gejala stress, dengan cara menginduksi rasa tenang, aktivitas antspasmodic dan sifatnya yang sedatif dapat meredakan ketegangan serta dapat meredakan nyeri otot ringan.

Menurunkan berat badan

Daun mint dapat membantu untuk menurunkan berat badan, karena daun mint merangsang pencernaan lemak pada tubuh.

Membantu menurunkan kolesterol jahat dalam darah

Kandungan vitamin, minyak esensial serta serat dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dalam darah, serta kandungan tersebut juga memiliki fungsi untuk melancarkan darah dan juga menormalkan tekanan darah.

Mengontrol detak jantung dan tekanan darah

Kandungan mineral yang tinggi seperti zat besi dan potassium, berguna untuk pembentukan sel darah merah, mengontrol detak jantung dan juga dapat mendtabilkan tekanan darah.

Meredakan gatal di kulit

Daun mint dapat meredakan gatal yang diakibatkan berbagai macam penyakit kulit tertentu seperti pruritus dan dermatitis.

Mencerahkan kulit wajah

Oksidan yang terkandung dalam daun mint membantu mengangkat sel kulit mati, sehingga dapat membuat kulit tampak lebih sehat dan juga cerah.

Menjaga kesehatan mata

Vitamin A yang terkandung dalam daun mint mampu untuk menyhatkan mata dan juga mengatasi mata yang merah atau terkena debu.

Mengurangi risiko kanker dan tumor

Kandungan antioksidan dalam daun mint berkhasiat untuk menghindari dari penyakit kanker dan juga tumor, terutama kanker perut dan juga kanker usus besar. Antioksidan mampu untuk mengeluarkan racun tubuh yang menumpuk yang dapat mengkibatkan kanker dan juga tumor.

Mengatasi jerawat

Antibakteri yang terkandung dalam daun mint dapat mengatasi jerawat, dengan cara menghaluskan daun mint kemudian memaskerkan pada bagian yang berjerawat.

Mengatasi kutu rambut dan juga menyegarkan kulit kepala

Daun mint dapat membantu mengatasu kutu rambut dan juga menyegarkan kulit kepal, karena daun mint mengandung menthol dan esensial lainnya.

Banyak sekali manfaat daun mint, namun digunakan dengan sewajarnya saja. Jika digunakan berlebihan memungkinkan terdapat efek samping yang buruk pada tubuh, konsultasikan pada dokter agar dapat mengetahui seberapa banyak daun mint untuk digunakan.

tunggu sebentar...
POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi