Apakah Seledri Bisa Bantu Meminimalisir Efek Samping Akibat Kemoterapi ? Berikut Ini 7 Manfaat Daun Seledri !

Seledri (Apium graveolens L.) merupakan sayuran daun dan tumbuhan obat yang umunya digunakan sebagai bumbu masakan. Beberapa negara termasuk Jepang, Korea dan Cina menggunakan tangkai daun seledri sebagai bahan makanan. Di Indonesia tumbuhan ini diperkenalkan oleh penjajah Belanda dan daunnya digunakan sebagai penyedap sup dan sebagai lalapan.

Seledri memiliki aroma yang khas, aroma yang khas ini berasal dari sejumlah komponen mudah menguap dari minyak atsiri yang dikandung. Kandungan utama seledri yaitu butilftalida, flavonoid seperti graveobiosid, senyawa golongan fenol. apilin, isoimperatorin, isokuersitrin, furanokumarin, asam petroselin, stigmasterol, sitosterol, enzim endonuklease serta mineral lainnya. Berikut adalah manfaat dari seledri.

Manfaat Seledri

  • Menurunkan Tekanan Darah

Seledri memiliki antihipertensi, karena mengandung senyawa fitokimia yang berguna untuk memperbaiki kerja dinding arteri untuk mengendalikan tekanan darah sehingga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah.

  • Dapat Meminimalisir Stress Oksidatif

Kandungan flavonoid pada seledri dapat membantu meminimalisir efek stress oksidatif dalam tubuh yang menimbukan berbagai macam penyakit,

  • Membantu Meminimalisir Efek Samping Kemoterapi

Mengkonsumsi seledri bersama obat kemoterapi doxorubicin, seledri mampu mencegah kerusakan yang disebabkan oleh serangan radikal bebas dari sel kanker.

  • Membantu Melawan Peradangan

Flavonoid yang terkandung dalam seledri mampu membantu sistem imunitas untuk melawan peradangan yang diakibatkan oleh radikal bebas, radikal bebas ini bisa mengakibatkan kerusakan pada DNA dan sel-sel yang sehat. Kandungan flavonoid juga membantu tubuh untuk menyerap vitamin C sehingga meningkatkan stamina pada tubuh.

  • Melancarkan Pencernaan

Seledri mengandung serat yang dibutuhkan oleh sistem pencernaan, bermanfaat untuk melancarkan pencernaah sehingga dapat mencegah sembelit dan membantu program diet bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan.

  • Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Seledri mengandung kalsium, kalsium ini bermanfaat untuk menjaga struktur rangka tulang dan menjaga kesehatan pada gigi.

  • Mempercepat Penyembuhan Luka

Vitamin K yang terkandung dalam seledri berguna untuk mendukung pembekuan darah, sehingga bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan pada luka. Jika asupan vitamin K kurang, maka tubuh mengalami pendarahan sehingga jika terjadi luka akan sulit sembuh.

Loading...

POS Lainnya:
Komentar
Memuat...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi