Manfaat Garam yang Jarang Diketahui, Benarkah Bisa Jadi Penangkal Covid-19 ?

0

Garam merupakan salah satu bumbu dapur yang paling sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Di balik rasanya yang asin, ternyata garam memiliki banyak manfaat di dalamnya. Selain sebagai penambah rasa, garam juga memiliki peranan penting dalam tubuh manusia.

Hal ini dikarenakan garam mengandung mineral iodium yang memiliki peran penting dalam menjaga organ tubuh agar berfungsi dengan baik. Garam sejatinya diperlukan tubuh untuk mengimbangkan kadar cairan dalam tubuh. Meski garam bisa membawa efek negatif jika dikonsumsi terlalu banyak, nyatanya tubuh manusia juga membutuhkan garam.

Manfaat Garam yang Tidak Banyak Orang Tahu

ads by posciety

Penggunaan garam industri di bidang tekstil digunakan pada proses pewarnaan untuk meningkatkan daya tarik pewarna dengan kain/linen. Sedangkan garam konsumsi dipergunakan untuk membantu proses pembuatan tahu, es nong nong, ikan cue (pindang).

Garam juga bisa digunakan untuk campuran pembuatan pupuk tanaman atau di sawah, untuk membersihkan kolam ikan agar tidak terkena jamur, membersihkan kotoran dari perabotan dapur, meredakan sensasi sengatan lebah, mengurangi pahitnya kopi, bisa mendinginkan minuman dalam kemasan kaleng dan botol, dan masih banyak lagi manfaat lainnya. Kira-kira, manfaat apa lagi ya yang terkandung di dalam garam? Berikut ini ulasannya.

Menjaga Produksi Hormon Tiroid

Kekurangan iodium yang terkandung dalam garam membuat tubuh tidak dapat memproduksi hormon tiroid dalam jumlah yang cukup. Kekurangan hormon tiroid bisa menyebabkan pembesaran tiroid, konstipasi, kelelahan hingga sulit berkonsentrasi.

Mencegah Penyakit Gondok

Kandungan garam dapat mencegah penyakit gondok. Tanpa jumlah iodium yang cukup, kelenjar tiroid akan membengkak karena permintaan tubuh untuk terus memproduksi hormon tiroid.

Pembengkakan kelenjar tiroid berakibat pada perubahan bentuk leher. Leher akan ikut membengkak atau muncul benjolan. Selain itu, tubuh membutuhkan hormon tiroid untuk perkembangan otak dan struktur tulang belakang pada perkembangan awal anak.

Jika ibu hamil atau menyusui kekurangan iodium, maka keterbelakangan mental pada anak dapat terjadi.

Mencegah Tekanan Darah Rendah

Apabila jumlah natrium tidak mencukupi di dalam tubuh, maka dapat menyebabkan tekanan darah rendah. Beberapa gejala tekanan darah rendah adalah mual, pingsan, dan penglihatan kabur.

Memelihara Keseimbangan Cairan Tubuh (Elektrolit)

Khasiat garam bagi tubuh yang satu ini sangatlah penting, karena dapat mempertahankan tingkat hidrasi. Apalagi bagi orang yang bekerja di luar ruangan dan berolahraga teratur, perlu memulihkan kekurangan garam dan air yang terjadi melalui keringat.

Jika keseimbangan elektrolit di dalam tubuh terjaga dengan baik, maka fungsi organ juga dapat berjalan baik.

Meredakan Gejala Cystic Fibrosis

Orang dengan gejala Cystic Fibrosis dapat kehilangan banyak garam di dalam keringatnya. Ia bisa membutuhkan lebih banyak air dan garam di dalam makanan. Apabila Anda memiliki kondisi ini, sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk melihat seberapa banyak garam yang Anda butuhkan setiap hari untuk mencegah dehidrasi.

Mencegah Gangguan Perkembangan Otak

Iodium sangat penting dalam masa perkembangan otak, terutama pada usia 3-5 tahun. Menurut penelitian, mereka yang kekurangan garam beriodium cenderung memiliki IQ yang lebih rendah, bila dibandingkan dengan mereka yang kebutuhan iodiumnya terpenuhi dengan baik.

Melancarkan Metabolisme

Manfaat garam untuk kesehatan ini bisa membantu melancarkan metabolisme Anda. Metabolisme yang baik, akan meningkatkan fungsi sistem dalam tubuh.

Garam dapat membantu menyerap air dalam tubuh demi kelancaran kerja organ tubuh. Hal itu disebabkan oleh mineral dan nutrisi pada garam yang dengan mudahnya dapat menyerap di dalam darah.

Meringankan Bronkitis Dan Masalah Pernapasan Lainnya

Meringankan bronkitis dan sakit pernapasan nyatanya menjadi salah satu manfaat garam untuk kesehatan. Garam berguna untuk menyerap ion berbahaya pada udara yang Anda hirup dan membantu melawan ion berbahaya tersebut agar tidak terserap ke dalam tubuh.

Oleh karena itu, tak jarang garam bisa meringankan sakit asma, bronkitis, dan sistem pernapasan lainnya yang bermasalah.

Membuat Rileks Tubuh

Merendam tubuh menggunakan garam ternyata bisa menghasilkan rileks pada tubuh dan otot-otot Anda yang kaku, loh! Garam yang digunakan yaitu garam kristal/krosok. Anda bisa menuangkannya di bak mandi dan merendam seluruh tubuh Anda dengan campuran garam tersebut. Atau Anda juga bisa merendam kaki Anda di dalam ember yang sudah diberi garam.

Efek garam akan membuat lemas otot dan bagian tubuh yang tegang atau kaku. Garam juga berperan sebagai detoksifikasi dan menurunkan tekanan darah pada tubuh.

Berperan Dalam Sistem Syaraf

Sebagai penyedia natrium, garam tidak hanya baik untuk otak saja, tetapi juga untuk otot dan sistem syaraf. Natrium adalah pengatur air di dalam tubuh. Hal ini diperlukan untuk transmisi sinyal listrik di dalam tubuh.

Mencegah Hiponatremia

Hiponatremia adalah suatu kondisi dimana tubuh mengalami kekurangan garam di dalam cairan sel tubuh. Biasanya, cairannya akan keluar berupa keringat, diare, atau biasa dikenal juga sebagai intoksikasi air.

Untuk mempertahankan tekanan darah yang sehat beserta kelancaran funsgi saraf dan otot, tubuh sangat membutuhkan garam.

Jika kebutuhan garam tidak mencukupi, maka akan terjadi ketidakseimbangan kadar air di dalam tubuh. Pada akhirnya, tubuh bisa mengalami pembengkakan karena sel-selnya kelebihan air.

Membersihkan Dan Memelihara Kesehatan Mulut

Salah satu manfaat garam bagi tubuh adalah menjaga kesehatan mulut. Infeksi bakteri pada mulut dapat menyebabkan masalah pada gigi dan gusi. Untuk mencegah berkembangnya bakteri dan mengobati gusi yang luka atau ngilu pada gigi bisa diredakan sakitnya dengan berkumur menggunakan air garam.

Caranya campurkan 1/2 sendok teh garam dicampur secangkr air hangat. Cara ini dipercaya dapat mengurangi pembengkakan dan meredakan sakit pada gusi.

Menjaga Kesehatan Pencernaan

Kalau Anda sedang diet dan tidak terdapat cukup garam pada tubuh, dampaknya kan sangat berbahaya. Tubuh tidak akan cukup menghasilkan HCI (asam klorida) dalam perut.

Kondisi ini akan semakin parah jika sebelumnya Anda memiliki riwayat kesehatan pencernaan yang kurang baik, seperti asam lambung. Dengan garam yang cukup, tubuh akan mencegah naiknya asam lambung ke tenggorokan.

Menguatkan Kuku Rapuh

Kuku bisa rapuh, rawan patah atau sobek. Untuk menguatkan kuku dari jari, Anda juga bisa menggunakan bantuan garam. Campurkan satu sendok teh, garam, baking soda, dan perasan lemon ke setengah cangkir air hangat, lalu aduk rata.

Kemudian rendam kuku ke dalam larutan selama 10 menit. Lakukan terapi ini setiap hari untuk mendapatkan kuku yang kuat dan tak mudah patah.

Meredakan Luka Gigitan Serangga

Ketika disengat atau digigit serangga, segera cari garam untuk meredakan sensasi bisanya. Basahi luka sengatan yang ada, dan tabur dengan garan untuk mengurangi nyeri dan pembengkakan yang ada.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menyarankan orang dewasa untuk membatasi konsumsi garam per hari sebanyak 2.000 miligram. Jumlah ini kira-kira sebanyak 1 sendok teh. Konsumsi garam haruslah sesuai, tidak boleh kekurangan atau kelebihan agar bisa mendatangkan manfaat bagi kesehatan yang baik bagi tubuh

Terlalu banyak mengonsumsi garam akan membuat tubuh menyimpan lebih banyak cairan yang terdampak pada kerja pembuluh darah. Akibatnya, bisa terjadi tekanan darah tinggi, stroke, gangguan ginjal, dan memengaruhi kerja jantung di masa depan.

Di samping untuk kesehatan dalam tubuh, ternyata garam juga memiliki manfaat lain di luar dugaan. Dilansir dari kompas.com, manfaat garam yaitu:

Mengurangi Pahit Kopi

Jika Anda mengurangi gula demi alasan kesehatan namun tetap tak bisa menyesap kopi yang terlalu pahit, ambil saja sejumput kecil garam. Sodium di dalam garam bisa mengurangi senyawa pahit yang ada di dalam kopi.

Namun ingat, jangan terlalu banyak memasukkan garam ke dalam seduhan kopi Anda agar garam tak merusak cita rasa kopi yang ada.

Membersihkan Lemari Pendingin

Membersihkan lemari pendingin terkadang butuh energi ekstra, terlebih jika lemari pendingin sudah dihiasi oleh berbagai macam noda. Untuk membersihkan noda membandel yang ada di dalam kulkas, ambil garam kasar yang sudah diberi sedikit air hangat.

Gosokkan campuran ke dinding dan rak kulkas untuk mengangkat noda yang susah hilang.

Membersihkan Talenan Kayu

Talenan kayu rawan ditumbuhi kuman hasil pembusukan residu masakan yang mengendap di permukaan kayu.

Untuk membersihkan talenan kayu, Anda bisa menaburkan garam ke permukaan kayu, menggosoknya dengan lemon, dan membilasnya dengan air panas.

Menghilangkan Noda Air Di Permukaan Meja Kayu

Ketika meninggalkan segelas atau sebotol air dingin di atas meja kayu, meja rawan dihiasi noda air yang sudah hilang. Untuk membersihkannya, gunakan larutan garam dengan air dan gunakan menggosok noda yang ada.

Mengusir Bau Tak Sedap Sepatu

Sepatu rawan berbau tak sedap akibat dari endapan keringat dari kaki yang terbungkus sepatu selama berjam-jam.

Untuk mengusir bau tak sedap ini, Anda bisa menaburkan garam kasar ke dalam sepatu. Diamkan selama beberapa jam, baru keluarkan garam dari dalam sepatu.

Mencegah Keju Cepat Membusuk

Garam memiliki kemampuan mendehidrasi keju sehingga menghambat pertumbuhan bakteri yang bisa membuat keju cepat membusuk.

Untuk menyimpan keju, celupkan kertas tisu dapur ke dalam larutan garam dan air sebelum digunakan membungkus kemasan keju. Baru kemudian masukkan keju ke dalam lemari pendingin.

Mendinginkan Minuman Dengan Cepat

Anda ingin mendinginkan minuman di dalam botol atau kaleng dengan cepat? Gunakan saja bantuan garam. Letakkan minuman di dalam semangkuk es batu, kemudian taburi dengan garam kasar. Dalam sekejap, suhu minuman akan langsung terjun bebas dan menjadi ssedingin es batu.

Mengetes Kesegaran Telur

Tak yakin dengan kesegaran telur yang tersimpan lama di lemari pendingin? Segera ambil semangkuk air dan beri dengan beberapa sendok garam.

Masukkan telur mentah ke dalam air. Jika telur tenggelam, maka kondisi telur masih segar dan layak konsumsi. Namun, jika telur mengapung, sebaiknya buang telur karena kondisi telur sudah mulai membusuk.

Artikel Lainnya
Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya