Manfaat Jahe Untuk Kesehatan, Salahsatunya Mengatasi Ejakulasi Dini

Jahe atau nama ilmiahnya adalah Zingiber officinale dan dalam bahasa Inggris disebut dengan Ginger merupakan tanaman rimpang yang sangat populer yang digunakan sebagai rempah-rempah dan bahan obat, Rimpangnya berbentuk jemari yang menggembung di ruas-ruas tengah, rasa jahe ini dominan terasa pedas dan terasa hangat karena disebabkan oleh senyawa keton yaitu zingeron. Tanaman jahe diperkirakan berasal dari India, kemudian telah banyak dibudidayakan di berbagai negara seperti di Indonesia, India, Tiongkok, serta negara-negara yang ada di Afrika.

Selain mengandung zingeron, jahe juga mengandung nutrisi/gizi serta mineral dan senyawa tumbuhan yaitu gingerol, kalori, niasin, anti histamin, enzim proteasea, enzim lipase, senyawa cineole, arginine, karbohidrat, air, protein, gula, serat, lemak, vitamin A, vitamin C, vitamin D, vitamin D, vitamin E, Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B3, vitamin B5, vitamin B9, zat besi, kalsium, magnesium, Fosfor, sodium san zinc.

Manfaat Jahe Untuk Kesehatan

  • Mengurangi peradangan dan pembengkakkan

Jahe mengandung gingerol, gingerol merupakan senyawa anti inflamasi (peradagan) yang dapat mengurangi gejala peradangan dan pembengkakkan serta dapat meredakan rasa nyeri sendi dan juga rasa nyeri otot.

  • Menghilangkan sakit kepala

Antihistamin yang terkandung dalam jahe bermanfaat untuk menghilangkan rasa sakit kepala yang diderita.

  • Meningkatkan nafsu makan

Kandungan protease dan lipase yang terkandung berfungsi untuk memecah protein dan juga lemak, kedua enzim tersebut membantu mencerna makanan serta menyerap makanan sehingga dapat meningkatkan nafsu makan.

  • Mengatasi ejakulasi dini

Senyawa cineole dan arginine yang terkandung dalam jahe mampu mengatasi ejakulasi dini , senyawa ini juga merangsang ereksi , mencegah kemandulan, dan juga memperkuat daya tahan seperma pria.

  • Sebagai karminativum

Jahe juga berkhasiat sebagai karminativum atau dapat merangsang keluarnya gas dari perut sehingga jahe ini mampu untuk mengobati masuk angin.

  • Mencegah penyumbatan darah

Senyawa gingerol pada jahe memiliki sidat antikoagulan atau mencegah terjadinya darah menggumpal, hal ini dapat mencegah penyumbatan pembuluh dalah yang dapat mengakibatkan serangan jantung maupun sroke.

  • Mencegah kanker

Ekstrak dari jahe mampu membantu menghambat pertumbuhan berbagai jenis sel kanker.

  • Mencegah rasa mual

Jahe dapat mengurangi kadar serotonin yang berlebihan pada tubuh, sehingga jahe bermanfaat untuk mencegah rasa mual Anda.

  • Meredakan sakit gigi

Jahe memiliki sifat antijamur serta antibakteri, sehingga jahe bermanfaat untuk meredakan sakit gigi.

  • Obat kejang otot

Tingginya mineral yang terkandung pada jahe bermanfaat sebagai obat kejang otot, depresi, lemah otot.

  • Menurunkan berat badan

Kandungan kamfena pada jahe dapat membantu menurunkan berat badan.

[zombify_post]

Loading...

Lihat Post Lainnya:
Komentar
Memuat...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SIP LAHLihat Privasi