INILAH 9 Manfaat Jengkol Untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Untuk Mencegah Perut Buncit !

Jengkol atau nama ilmiahnya adalah Archidendron pauciflorum kelas Magnoliopsida termasuk kedalam kingdom plantae, jengkol merupakan tumbuhan khas wilayah Asia tenggara. Bangsa Barat menyebutnya sebagai dog fruit, bijinya digemari di Malaysia, Myanmar, dan Thailand. Jengkol dikenal sebagai bahan pangan oleh masyarakat Indonesia.

Asam jengkolat merupakan senyawa sejenis asam amino non-protein yang mengandung unsur sulfur, peran unsur sulfur membuat jengkol mempunyai bau khas yang tajam dan tak sedap. Kandungan asam jengkolat pada biji jengkol akan banyak bergantung pada varietas dan usia biji. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jengkol juga kaya akan karbohidrat, mineral, protein, vitamin A, vitamin B, kalsium, fosfor, minyak atsiri, saponin, steroid, glikosida, alkoloid, dan tanin.

Tidak sedikit orang yang menghindari jengkol karena baunya yang kurang sedap, tapi tahukah Anda jengkol memliki manfaat kesehatan bagi tubuh jika dikonsumsi ? Berikut penjelasannya.

Manfaat Jengkol Untuk Kesehatan

  • Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Kandungan kalsium dan fosfor pada jengkol terdapat sekitar 140mg/100gr, sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi serta membentuk proses biologis dalam tubuh.

  • Mengurangi/mencegah penyakit anemia

Jengkol cukup kaya akan zat besi, sekitar 4,7gr/100gr dapat mengurangi penyakit anemia, jika tubuh kekurangan zat besi maka akan menyebabkan anemia.

  • Memberikan efek menenangkan otak

Protein membantu otak bekerja cepat dalam menerima pesan, kandungan protein pada jengkol dapat memberikan efek menenangkan otak.

  • Membantu mengatasi penyakit jantung koroner

Jengkol adalah bahan makanan yang bersifat diuretic atau pembuangan urine menjadi lancar, pembuangan urine ini sangat baik bagi Anda yang menderita penyakit jantung.

  • Mencegah diabetes

Jengkol mengandung zat asam jengkolat, zat ini  tidak ditemukan pada bahan makanan lain. Asam jengkolat ini berupa kristal-kristal yang tak larut oleh air, karena sifatnya diuretic jengkol sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita gangguan ginjal. Karena dikhawatirkan ginjal tidak mampu menyaring asam jengkolat yang terkandung pada jengkol.

  • Mengatasi penyempitan pembuluh darah

Kandungan mineral pada jengkol dapat melebarkan pembuluh darah yang menyempit serta mencegah pembuluh darah menyempit kembali.

  • Membantu merampingkan perut

Kandungan serat yang tinggi dapat melancarkan buang air besar sehingga dapat membantu merampingkan perut yang buncit, perut yang buncit merupkan salahsatu penyebab tidak buang air besar.

  • Pembentukan jaringan tubuh

Kandungan protein yang tinggi pada jengkol apat membantu pembentukan jaringan tubuh, kandungan protein pada jengkol dinilai lebih banyak jika dibandingkan dengan kedelai dan kacang hijau.

  • Membantu menangkal radikal bebas

Vitamin A dan C pada jengkol bertindak sebagai antioksidan, antioksidan ini dapat membantu menangkal radikal bebas akibat kanker.

Banyak sekali manfaat jengkol untuk kesehatan tubuh, namun jengkol juga akan membahayakan bagi kesehatan Anda jika mengonsumsinya dalam jumlah yang banyak karena akan menyebabkan gangguan pada ginjal Anda.

Loading...

Lihat Post Lainnya:
Komentar
Memuat...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SIP LAHLihat Privasi