Ketumbar Bisa Bantu Tingkatkan Stamina Pria ? Berikut Ini 11 Manfaat Ketumbar Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

0

Ketumbar atau nama ilmiahnya Coriandum sativum, dalam bahasa Inggris dikenal sebagai coriander, dan di Amerika Latin dikenal sebagai cilantro, sedangkan dalam perdangan obat dinamakan fructus coriandri. Ketumbar merupakan tumbuhan rempah populer, buahnya kecil yang dikeringkan. Bentuk buah ketumbar ini mirip dengan lada, biji yang keci-kecil kira-kira memiliki diameter 1-2 mm.

Tanaman ketumbar berasal dari Eropa Selatan dan sekitar Laut Kaspia, tanaman ini termasuk ke jenis semak semusim yang berbentuk terna/herba, kira-kira tingginya mencapai 100 cm. Tanaman ketumbar biasanya ditanam di kebun-kebun daerah dataran rendah dan pegunungan, tanaman ini banyak ditemukan di Mediterania, sedangkan di Indonesia tumbuh di daerah pegunungan.

Kandungan

Pada buah ketumbar mengandung minyak atsiri, koriandrol, alfapinen, lemak, simen, betapinen, borneol, terpinen, dan geraniol, pada ketumbar juga mengandung 1570 IU vitamin A, 0,2 miligram dan 0 miligram vitamin C.

Ketumbar mengandung beberapa komposisi zat kimia diantaranya geraniol, sabinene, myrcene, asam petroselinat, asam oktadasenat, d-mannite, skopoletin, p-simena, felandren, a-terpinene, ocimene, linalool, dekanal, trantridecen, dan desildehida dan ketumbar juga mengandung energi sebesar 404 kilo kalori, 14,1 gram protein, 54,2

Manfaat Ketumbar Bagi Kesehatan

  • Anti Inflamasi

Kandungan asam linoleat dan cineole pada ketumbar bermanfaat sebagai anti inflamasi, anti reumatik dan bermanfaat untuk mengurangi pembengkakan yang timbul pada sendi yang diakibatkan oleh arthritis reumatik.

  • Meningkatkan kesehatan mata

Vitamin A, vitamin C, mineral dan fosfor yang terkandung pada minyak esensial ketumbar bermanfaat untuk membantu meningkatkan kesehatan pada mata, kelelahan pada mata, mencegah degenerasi makula, pada ketumbar juga memiliki anti infeksi pada konjungtivitis.

  • Melindungi hati

Ketumbar bertindak sebagai afrodisiak alami jika dikombinasikan dengan tanaman herbal lain, serta bermanfaat untuk mengatasi inflamasi, ekspetoran, melindungi hati, anti-konvulsan, antihistamin, dan juga hipnotik.

  • Menjaga siklus dan kelainan menstruasi

Ketumbar bisa merangsang sekresi hormone esterogen dari kelenjar endokrin,sehingga menjaga siklus menstruasi dan kelainan lain yang mungkin timbul pada saat mentruasi.

  • Menurunkan kolesterol

Kandungan asam stearat, asam palmitat, asam askorbat, asam linoleat yang ada pada ketumbar bermanfaat untuk membantu mengurangi kolesterol dan mengurangi deposit kolesterol dalam darah.

  • Mengatasi anemia

Zat besi yang ada pada ketumbar bermanfaat mencegah atau mengobati anemia.

  • Mengatasi diare

LInial dan borneol yang ada pada ketumabar bermanfaat untuk meningkatkan fungsi hati , melancarkan pencernaan, dan membantu buang air besar.

  • Menjaga kesehatan tulang

Jika dikonsumsi dengan teratur dipastikan dapat terhindar dari penyakit osteoporosis saat tua nanti, karena kandungan vitamin K yang tinggi pada ketumbar bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang.

  • Memperbaiki rongga mulut

Vitamin C, flavaboid serta vitamin A pada ketumbar bermanfaat untuk membantu memperbaiki dan melindungi rongga mulut.

  • Sariawan dan panas dalam

Kandungan antiseptik pada ketumbar yaitu citrelenol efektif membantu untuk mengatasi sejumlah infeksi pada mulut dan tenggorokan, serta baik untuk sariawan dan radang tenggorokan.

  • Stamina untuk pria

Kandungan yang ada pada ketumbar dapat membantu pria untuk meningkatkan stamina, karena itu stamina pada pria sangatlah dibutuhkan

SUBSCRIBE
Subscribe sekarang dan dapatkan update terbaru melalui email
aman dari spam
Pos Lainnya

Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya