Jangan Salah ! Mandi Pakai Air Dingin Tuh Banyak Manfaatnya, Termasuk Menurunkan Berat Badan

Setiap orang di dunia pasti membutuhkan mandi untuk membersihkan diri dari debu, kotoran, bau dan sel-sel kulit yang sudah mati. Mandi juga bermanfaat untuk memelihara kesehatan, menjaga kebersihan, dan membuat seseorang lebih percaya diri.

Orang Indonesia biasanya mempunyai kebiasaan melakukan mandi ini sehari dua kali pada pagi hari  sebeleum melakukan aktifitas dan pada sore hari setelah melakukan semua aktifitas . Biasanya tidak semua orang dapat mandi dengan air dingin ada juga yang mandi dengan air hangat karena tidak kuat dengan dinginnya air. Disini saya akan membahas tentang manfaat dan resiko mandi dengan air dingin.

Manfaat Mandi dengan Air Dingin

  • Menurunkan berat badan

Dengan mandi air dingin kita juga dapat mengurangi berat badan secara tidak diduga. Tetapi dengan seringnya kita mandi air dingin bukan berarti kita bisa mengurangi berat badan secara langsung. Didalam tubuh kita memiliki dua jenis lemak, yaitu lemak putih dan lemak coklat. Lemak putih adalah lemak yang menumpuk pada leher, perut, dan pinggang yang diakibatkan oleh banyaknya lemak yang kita konsumsi daripada energi yang kita keluarkan.

Lemak coklat adalah lemak yang baik, dapat menghasilkan panas didalam tubuh yang menjaga hangat didalam tubuh. Lemak coklat terbakar akibat dinginnya air yang kita pakai untuk mandi dan membuat kita membakar lemak dengan mandi air dingin.

  • Menghaluskan kulit dan rambut

Mandi air dingin salah satu cara alami untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut anda. Karena air dingin dapat mengencangkan kulit dan menutup pori-pori anda terhindar dari kotoran yang masuk kedalam tubuh. Sedangkan air panas dapat membuat kulit kering dan mengkerut akibat perbedaan suhu yang diterima oleh kulit. Dan air dingin juga bisa membuat rambut lebih kuat, sehat, dan tidak kusam.

  • Meningkatkan Sirkulasi darah dan sistem kekebalan tubuh

Ketika seseorang kaget karena dinginnya air menyentuh tubuh dapat membuat sistem kerja jantung lebih efisien memompa darah ke seluruh tubuh, yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan hati. Mandi air dingin juga membuat tekanan darah kita lebih stabil dan bisa mendorong sistem kerja imun yang lebih baik.

  • Menghilangkan depresi dan stress

Akibat paparan air dingin yang terus menerus dapat mengurangi gejala depresi pada seseorang akibat dampak berulang yang diterima oleh kulit, menghantarkan sinyal/impuls listrik dari saraf perifer ke otak. Hal ini menciptakan efek seperti anti depresi membuat seseorang menjadi lebih senang, dan memperbaiki mood.

  • Mempercepat penyembuhan pegal dan nyeri otot

Air dingin mempunyai sifat regeneratif yang dapat mempercepat pemulihan pegal dan nyeri pada otot seseorang ketika mandi dengan air dingin setelah melakukan aktifitas yang membuat pegal dan nyeri pada otot.

Loading...

Lihat Post Lainnya:
Komentar
Memuat...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi