4 Manfaat Utama Mandi dengan Air Panas

Mandi merupakan kegiatan sehari-hari yang dilakukan manusia untuk membersihkan diri dari kuman, bakteri, atau kotoran yang ada di tubuh manusia setelah beraktivitas seharian. Selain membersihkan diri dari kotoran, mandi juga bermanfaat baik untuk kesehatan mandi dengan air dingin maupun dengan air hangat/panas. Keduanya sama sama memiliki manfaat yang berbeda untuk kesehatan. Disini saya akan membahas tentang khasiat atau manfaat mandi dengan air panas.

Manfaat Mandi Air Panas

Kadang seseorang malas mandi dengan air dingin karena akan menggigil kedinginan setelahnya, karena itu seseorang akan menggunakan air panas untuk menggantikan air dingin untuk mandi. Tetapi ada sesuatu yang perlu diperhatikan saat seseorang mandi dengan air panas, tidak dianjurkan mandi dengan waktu yang lama 5-10 menit juga cukup untuk mendapatkan manfaat dari mandi dengan air panas. Air panas yang digunakan juga tidak boleh lebih dari 44 derajat celcius. Berikut beberapa manfaat mandi dengan air panas:

  • Membuat tubuh menjadi lebih bersih

Mandi dengan air panas membuka pori-pori kulit yang membuat kotoran-kotoran yang mengendap terbilas dengan air panas. Tetapi jangan lupa untuk membilasnya lagi dengan air dingin untuk menutup kembali pori-pori yang terbuka.

  • Memperlancar peredaran darah dan meredakan stres

Mandi air panas selama 5 menit dapat memperlancar peredaran darah didalam tubuh. Memperlancar sirkulasi pada arteri dan pembuluh darah, membuat kinerja pembuluh darah yang mengandung oksigen ke otak menjadi lebih optimal. Otak yang bekerja dengan baik dapan membuat organ-organ lain bekerja lebih baik. Air panas yang membuat peredaran darah lancar membuat seseorang menjadi lebih rileks dan menurut ahli mandi air panas juga dapat meningkatkan hormon oksitosin yang membuat Anda lebih senang dan positif jauh akan stres.

  • Melemaskan otot-otot yang tegang

Berendam dalam air panas dapat membuat meralaksasi otot-otot Anda, dengan tambahan gerakan untuk menambah kinerja air panas menjadi lebih optimal. Suhu air panas dapat mengurangi efek kondisi seperti osteoarthritis tanpa menimbulkan efek yang lainnya.

  • Meningkatkan kesehatan saraf

Berendam di air panas dapa menenangkan sistem saraf. Suhu dan tekanan air panas dapat meringankan tulang belakang dari ketidaknyamanan atau nyeri dan dapat mengurangi gejala penyakit parkinson.

Tetapi mandi dengan air hangat pun memiliki resiko seperti, membuat kulit menjadi lebih kering dan pecah-pecah, membuat rambut menjadi bercabang, dan membuat resiko penyakit hipotensi atau tekanan darah rendah.

tunggu sebentar...

POS Lainnya:

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi