Manfaat Zaitun untuk Kesehatan Tubuh Selain Untuk Bahan Kosmetik

Minyak zaitun atau olive oil adalah minyak yang dihasilkan dari buah zaitun, pohonnya berasal dari daerah basin Mediterania. Minyak zaitun memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia seperti untuk kosmetik, memasak, obat herbal, sabun dan juga bahan bakar untuk lampu minyak. Selain itu minyak zaitun juga memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan. Banyak sekali kandungan dalam minyak zaitun yang baik untuk kesehatan seperti vitamin K, vitamin E, omega 3, omega 6, omega 9, zat besi, antioksidan, kalsium dan kalium. Kandungan lemak dalam minyak zaitun sangat baik karena kandungan lemaknya merupakan asam lemak tak jenuh tunggal. Minyak zaitun juga merupakan sumber polifenol yang baik untuk melindungi sel-sel yang rusak akibat radikal bebas.

Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan

Banyak sekali kosmetik-kosmetik ternama menggunakan minyak zaitun sebagai bahan utama dari produk kosmetik mereka. Minyak zaitun bermanfaat untuk melembutkan kulit yang kering dan pecah-pecah, seperti siku, tumit, dan lutut. Menurut penelitian, minyak zaitun juga bermanfaat untuk menyembuhkan kulit akibat luka bakar ringan, sebagai pelembap, dan mampu mencegah berkembangnya kanker kulit. Minyak zaitun juga dapat menghaluskan lapisan pelindung rambut / kutikula, sehingga rambut terlihat lebih bersinar karena kandungan asam oleat, asam palmitat, squalene dalam minyak zaitun. Minyak zaitun juga bermanfaat untuk rambut, melembapkan lapisan kulit baru dibawahnya dan membantu memanjangkan bulu secara alami. Minyak zaitun dapat meresap lebih jauh kedalam akar rambut dan pori-pori kulit kepala untuk merangsang pertumbuhan rambut.

Menurut penelitian minyak zaitun membantu melindungi tubuh dari resiko terkena kanker kulit dan menangkal dampak bahaya sinar matahari pada kulit karena kandungan antioksidan yang terdapat pada minyak zaitun. Selain dioleskan dikulit, mengkonsumsi minyak zaitun juga memberikan manfaat antioksidan untuk melawan radikal bebas di dalam tubuh, mengatasi kerutan, dan mengurangi kekencangan kulit.

Selain untuk kesehatan kulit, minyak zaitun juga dapat membantu mengurangi resiko penyakit jantung, kolestrol, menurunkan tekanan darah, dan melancarkan peredaran darah karena kandungan lemak tak jenuh dan antioksidan dari minyak zaitun. Kandungan polifenol pada minyak zaitun ekstra virgin membantu mencegah atau menunda munculnya penyakit alzheimer. Pilihlah minyak zaitun extra virgin karena jenis minyak ini paling baik kualitasnya. Karena minyak zaitun extra virgin hanya melalui satu kali penyulingan dengan cold pressing yang membuat kandungan asli dari buah zaitunnya tetap utuh.

tunggu sebentar...
POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi