9 Manfaat Tanaman Putri Malu, Salahsatunya Dapat Menurunkan Kadar Glukosa Darah

Putri malu atau Mimosa pudica merupakan perdu pendek anggota dari suku polong-polongan yang mudah dikenal karena daun-daunnya yang secara cepat menutup atau layu dengan sendirinya saat disentuh, walaupun sejumlah anggota polong-polongan dapat melakukan hal yang sama putri malu ini bereaksi lebih cepat daripada jenis lainnya.

Putri malu berasal dari daerah Amerika Selatan atau lebih tepatnya dari Brazil, di Brazil tanaman putri malu sudah dikenal dan juga dimanfaatkan sejak tahun 1804. Putri malu memiliki kemampuan yang khas dalam melakukan grak seismonasti (tigmonasti), yaitu jika daunnya disentuh maka akan mengatupkan anak-anak daunnya. Gerakan ini berfungsi sebagai pelindung diri dari serangan hewan herbivora di sekitarnya.

Banyak yang beranggapan bahwa tanaman putri malu hanyalah tanaman liar saja, tetapi ternyata tanaman putri malu memiliki beberapa manfaat. Berikut adalah manfaat dari tanaman putri malu.

Manfaat Tanaman Putri Malu

  • Mencegah atau mengurangi kejang-kejang, antidepresan

Herba putri malu berkhasiat sebagai antikonvulsan (obat yang mencegah atau mengurangi kejang-kejang), depresan.

  • Menurunkan glukosa darah

Akar dan batang putri malu memiliki efek hipoglikemik, senyawa yang memiliki efek hipoglikemik yaitu senyawa flavonoid, steroid, fenolik, dan alkaloid akan meregenerasi kerusakan sel beta, menstimulasi pelepasan insulin oleh sel beta pankreas, serta dapat menghambat penyerapan glukosa di usus sehingga dapat menurunkan kadar glukosa darah.

  • Penurun kadar asam urat

Penelitian menunjukkan bahwa efek ekstrak etanol herba putri malu sebagai penurun kadar asam urat.

  • Mengobati askariasis

Penyakit askariasis disebabkan oleh infeksi cacing Ascaris lumbricoides, dapat diobati dengan putri malu.

  • Mengobati luka penderita diabetes

Akar tanaman putri malu dalam bentuk ekstrak kloroform dapat digunakan untuk mengobati atau menyembuhkan luka bagi penderita diabetes

  • Dapat meningkatkan sistem imun

Putri malu memiliki kandungan mikronutrien yang sangat penting yaitu magnesium, tembaga, seng, zat besi dan juga mangan, kandungan-kandungan ini memiliki manfaat yaitu untuk menjaga sel dalam tubuh serta sekaligus meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh.

  • Dapat menangkal bisa ular

Tanaman putri malu memiliki sifat antibisa, sehingga dapat dimanfaatkan sebagai penangkal bisa ular seperti kobra.

  • Mencegah disentri

Sebuah penelitian membuktikan bahwa ekstrak tanaman putri malu mempunyai kandungan antibakteri yang baik untuk menangkal pertumbuhan dan perkembangan bakteri, bakteri yang menyebabkan disentri yaitu shigella dysentriae.

  • Menghentikan pendarahan dan juga infeksi

Kandungan senyawa tanin dan sumber antioksidan yang sangat penting bermanfaat untuk menghentikan pendarahan dan menurunkan risiko infeksi serta membantu dalam proses pembentukan jaringan kulit agar lebih sehat.

tunggu sebentar...
POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi