Banyak yang Gak Tau ! Selain Memiliki Manfaat, TEMULAWAK Juga Memiliki Efek Samping yang Lumayan Serius

Temulawak dengan nama latin Curcuma Xanthorrhiza Roxb telah terbukti manfaatnya dalam pengobatan Cina tradisional sebagai obat anti peradangan dan obat luka. Temulawak adalah jenis rimpang yang sering kali menjadi bahan campuran berbagai hal karena manfaat nya yang sangat banyak dari bagian akar hingga batangnya.

Beberapa manfaat dari temulawak untuk kesehatan

  • Menambah nafsu makan

Sudah dikenal oleh masyarakat luas bahwa temulawak dapat membuat seseorang menambah nafsu makannya terutama untuk anak-anak. Biasanya temulawak dicampur menjadi jamu dan beberapa jenis obat-obatan penambah nafsu makan.

  • Mengatasi masalah pencernaan

Temulawak dipercaya dapat membantu mengobati gangguan pencernaan seperti sindrom iritasi usus besar, gangguan kantung empedu, dan penyakit liver. Temulawak dapat merangsang produksi cairan empedu di kantung empedu yang dapat membantu pencernaan dan metabolisme makanan di dalam tubuh. Temulawak juga dapat mengatasi perut kembung dan mengatasi pencernaan yang tidak lancar. Bahkan menurut peneletian pada pasien yang memiliki peradangan usus, dengan mengkonsumsi temulawak setiap hari dapat menyembuhkan peradangan usus lebih cepat daripada yang tidak mengkonsumsinya.

  • Dapat mencegah dan membantu pengobatan kanker

Biasanya di dalam tumbuhan-tumbuhan herbal termasuk temulawak terdapat zat antioksidan yang dapat mencegah dan membantu pengobatan kanker seperti kanker prostat, kanker usus dan kanker payudara. Menurut penelitian juga temulawak dapat menghambat pertumbuhan serta perkembangan kanker di dalam tubuh.

  • Mempengaruhi metabolisme lemak

Manfaat temulawak berpengaruh dalam metabolisme lemak. Metabolisme lemak adalah proses penguraian asam lemak menjadi energi bagi tubuh. Temulawak memiliki bahan aktif selain curcuminoid, yang dapat memetabolisme lemak.

  • Mengatasi radang sendi

Osteoarthritis adalah peradangan pada persendian yang membuat kaku dan nyeri pada sendi. Temulawak dapat membantu pengobatan dalam penyakit tersebut. Menurut penelitian temulawak mempunyai kandungan yang menyerupai efek seperti obat penghilang rasa nyeri yang dapat mengurangi rasa nyeri pada persendian.

Efek samping konsumsi temulawak

Temulawak dapat mengiritasi lambung. Lebih baik konsumsi temulawak dalam jangka waktu yang singkat untuk mengurangi resiko efek samping yang ditimbulkan oleh temulawak. Ada beberapa golongan yang tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi temulawak:

  • Ibu hamil dan menyusui

Efek samping yang belum terdeteksi secara pasti, tetapi disarankan untuk ibu hamil dan menyusui untuk tidak mengkonsumsi temulawak karena dikhawatirkan dapat mengganggu janin di dalam kandungan bahkan hingga bayi sudah lahir.

  • Penderita gangguan hati dan kandung empedu

Temulawak dapat merangsang produksi cairan didalam kandung empedu, sehingga dapat memperparah kondisi pada penderita gangguan hati dan kandung empedu.

tunggu sebentar...

POS Lainnya:

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi