Selain Membahagiakan Diri, Tertawa Juga Memiliki Banyak Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh

img: StockSnap

Tahukah Anda bahwa ketika seseorang tertawa dapat mengalami perubahan fungsi tubuh yang ditandai dengan meregangnya otot pada wajah dan tubuh. Pada waktu yang sama tekanan darah dan denyut jantung semakin meningkat dan tarikan napas semakin cepat sehingga pasokan oksigen yang dibutuhkan tubuh semakin banyak.

Tertawa merupakan obat yang mujarab untuk seseorang menjadi lebih semangat dan lebih sehat. Tertawa dapat menstabilkan peredaran darah, meningkatkan sistem imun tubuh, merelaksasi pikiran, dan menghilangkan stres. Banyak manfaat tertawa yang telah dibuktikan oleh para peneliti, bahkan tertawa dapat membuat seseorang menjadi lebih sehat.

Manfaat Tertawa Bagi Kesehatan Jantung

Ternyata dengan tertawa seseorang bisa menyehatkan jantungnya tanpa berolahraga. Tertawa dapat mengeluarkan hormon endorfin dalam tubuh yang mempengaruhi aliran darah menjadi lebih stabil dan dapat menangkal stres atau pikiran negatif seseorang. Pasukan oksigen yang masuk ke dalam tubuh pun lebih cepat dan lebih banyak saat tertawa.

Manfaat Tertawa Bagi Kesehatan Mental

Saat seseorang stres atau mengalami depresi, susah sekali untuk tertawa. Tetapi harus Anda ketahui bahwa tertawa bisa membuat seseorang menghilangkan stres atau depresi didalam dirinya. Tertawa dapat menimbulkan efek anti depresi didalam dirinya dan membuat seseorang lebih berfikiran positif. Karena hormon endorfin yang dihasilkan dari tertawa maka muncul rasa tenang dan damai.

Menurut sebuah penelitian, efek terapi tawa sama efeknya seperti obat penenang untuk menenangkan pasien-pasien rumah sakit jiwa tapi tanpa dengan efek samping obat.

Tertawa Bisa Menangkal Tubuh Terserang Penyakit

Tertawa dapat menimbulkan banyak reaksi didalam tubuh, bahkan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang. Saat tertawa, tubuh akan merangsang produksi sel darah putih yang berfungsi sebagai pasukan utama tubuh melawan penyakit. Fungsi dari sel darah putih yang mampu menangkal bakteri dan kuman penyebab penyakit yang masuk kedalam tubuh.

Meringankan Rasa Sakit

Menurut peneletian di Swiss, membuktikan bahwa tertawa dalam 20 menit dapat meningkatkan toleransi tubuh terhadap rasa sakit yang sedang diderita oleh tubuh. Hormon endorfin yang dihasilkan saat tertawa dapat mengendurkan otot dan membuat rileks seseorang yang mengurangi rasa sakit yang sedang dirasakan.

Loading...

POS Lainnya:
Komentar
Memuat...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi