Manfaat Tidur Siang

Banyak orang beranggapan bahwa seseorang yang tidur siang merupakan orang yang suka bermalas-malasan dan seperti anak kecil. Padahal sebenarnya tidur siang itu memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan bahkan dapat menambah produktivitas seseorang. Tetapi Anda juga harus tau cara tidur siang yang baik agar mendapatkan manfaatnya. Apabila tidur siang yang lama dan diwaktu yang salah dapat menyebabkan badan tidak enak dan manfaat yang tidak didapatkan. Menurut studi, mereka membandingkan antara tiga cara mengatasi kelelahan pada siang hari, yaitu dengan menambah jam tidur malam, tidur siang, dan mengkonsumsi kafein. Dan hasilnya adalah tidur siang lebih efektik mengatasi masalah kelelahan dan memiliki efek seperti mengkonsumsi kafein.

Bagaimana Cara Tidur Siang yang Baik?

Terkadang tidak semua orang bisa tidur nyenyak pada siang hari. Seseorang hanya akan mengganggu jam tidur malam ketika tertidur saat siang hari. Dan seseorang mungkin juga tidak terbiasa untuk tertidur siang.
Berikut tips untuk mendapatkan manfaat dari tidur siang yang baik:

  • Tidur siang yang baik dilakukan hanya 10-30 menit saja. Tidak disarankan untuk tertidur terlalu lama, karena untuk menghindari inersia tidur atau uring-uringan saat bangun tidur.
  • Waktu yang terbaik untuk melakukan tidur siang itu diantara jam 2-3 sore. Tertidur pada jam tersebut kemungkinan lebih sedikit mengganggu jam tidur pada malam hari.
  • Dengan merencanakan tidur siang yang teratur membuat Anda lebih teratur dalam tidur dan bangun lebih cepat.
  • Pilih tempat tidur siang yang gelap, tenang, dan suhu kamar yang nyaman agar tidak mengganggu tidur siang Anda, dan usahakan tidak langsung beraktivitas sesudah terbangun dari tidur siang Anda, karena bila langsung beraktivitas bisa membuat Anda mengalami sakit kepala, uring-uringan, dan tidak enak badan.

Manfaat Tidur Siang Bagi Tubuh

Walaupun sibuk atau orang lain beranggapan tidur siang seperti anak kecil, sebaiknya Anda meluangkan waktu 10-30 menit untuk tidur siang. Disamping untuk beristirahat karena sibuk dan jadwal kerja yang padat, tidur siang memiliki manfaat lain, seperti:

  • Merelaksasi
  • Mengurangi rasa lelah
  • Meningkatkan konsentrasi dan kewaspadaan
  • Memperbaiki suasana hati
  • Meningkatkan performa kerja, meningkatkan daya ingat, termasuk reaksi lebih cepat
  • Menurut peneliti dari Universitas Michigan Amerika Serikat, tidur siang dapat menambah tingkat kesabaran seseorang.

Orang dewasa biasanya mengalami gangguan tidur saat pada malam hari karena hal kerjaan atau waktu istirahat yang terganggu pada malam hari. Oleh karena itu orang dewasa biasanya lebih membutuhkan waktu untuk tidur siang. Tetapi tidak selamanya orang dapat manfaat dari tidur siang, beberapa orang akan mengalami efek samping dari tidur siang seperti:

  • Inersia tidur atau uring-uringan saat terbangun dari tidur siang.
  • Gangguan tidur saat malam hari. Orang yang sering mengalami gangguan tidur saat malam hari, dianjurkan untuk tidak melakukan tidur siang karena mungkin akan memperparah kondisi gangguan Anda.
tunggu sebentar...

POS Lainnya:

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi