Terlihat Awet Muda, Berikut Ini Tips Mudah yang Dapat Anda Lakukan di Rumah!

Semakin tua manusia maka semakin bertambah pula kerut-kerutan (keriput) di wajah, badanpun terkadang sudah tidak sekuat seperti dulu. Tapi ada lho rahasia awet muda dan membuat Anda terlihat selalu muda. Untuk Anda yang mau awet muda, yuk ikuti tipsnya disini!

12 Tips Membuat Anda Selalu Tampak Awet Muda

Tips awet muda pada umumnya cukup mudah dengan melakukan hal-hal cerdas sehari-hari seperti berolahraga, makan sehat, mengurangi stres dan masih banyak lagi hal-hal lainnya yang dapat membantu Anda menjadi lebih awet muda. Apa saja ya kira-kira kiat dan trik awet muda?

1. Konsumsi Air yang Banyak

Tips awet muda yang pertama adalah perbanyak minum air putih dan jangan sampai Anda terdehidrasi karena dehidrasi membuat fungsi tubuh Anda menjadi kurang optimal. Saat Anda mengalami dehidrasi, kulit Anda menjadi kering, kusam, bersisik, dan mengendur.

2. Konsumsi Makanan yang Memiliki Sifat Antioksidan

Antioksidan adalah sumber daya terbaik yang dimiliki tubuh untuk melawan penyakit dan penuaan, Antiokasidan mampu mengurangi kerusakan dan peradangan. Nah, peradangan inilah yang menyebabkan pembentukan keriput di wajah Anda. Beberapa sumber Antioksidan terbaik yang bisa Anda coba konsumsi adalah sebagai berikut:

  • Blueberry
  • Delima
  • Acai berry
  • Goji berry
  • Sayur bayam
  • Raspberry
  • Anggur ungu
  • Cokelat hitam dengan kandungan 70% dari kakao
  • Teh hijau organik

3. Konsumsi Makanan yang Bernutrisi

Tahukah Anda? Ternyata Radikal Bebas yang terbentuk di tubuh manusia bisa saja menyebabkan kerusakan besar pada struktur sel manusia. Nah, untuk mencegah terjadinya kerusakan pada struktur tubuh, maka Anda perlu mengkonsumsi berbagai makanan yang kaya akan nutrisi sehingga bisa menetralkan apa saja yang telah Anda makan sebelumnya.

Anda perlu mengonsumsi berbagai makanan yang kaya akan nutrisi seperti alpukat, minyak zaitun, biji rami, kacang-kacangan dan ikan. Anda juga bisa mengonsumsi asam lemak karena itu sangat penting bagi kulit Anda agar terlihat awet muda.

4. Batasi Paparan Sinar Matahari

Tahukah Anda bahwa setiap sinar matahari memang menghasilkan vitamin D yang bermanfaat untuk tubuh? Tetapi ternyata terlalu banyak sinar matahari juga akan merusak kulit Anda. Terkena banyak paparan sinar matahari akan membuat Anda terlihat menua. Jadi jangan lupa untuk memakai kacamata hitam atau gunakan tabir surya agar terhindar dari paparan sinar matahari terlalu banyak.

5. Pilihlah Produk Perawatan Kulit yang Alami

Banyak produk perawatan kulit mengandung bahan kimia yang keras. Saat memilih pelembab atau makeup, carilah bahan-bahan di dalamnya yang terbaik dan pastikan aman untuk digunakan pada kulit Anda. Sangat penting untuk membatasi paparan bahan kimia beracun karena kulit akan menyerapnya dan itu akan berbahaya untuk tubuh Anda. Mulailah rutinitas perawatan kulit Anda dengan bahan-bahan yang alami.

Gunakan ekstrak teh hijau, vitamin A, C & E, dan asam hialuronat untuk membantu melindungi tubuh terhadap radikal bebas, meningkatkan kolagen, mempertahankan kelembapan, sehingga kulit tetap kencang dan elastis. Dengan bahan-bahan alami, bisa mengurangi munculnya kerutan di wajah.

 6. Dapatkan Vitamin C yang Cukup

Pola makan Anda yang sering mengkonsumsi vitamin C ternyata sangat penting untuk menjaga kulit Anda tidak mudah mengerut. Mengonsumsi banyak makanan yang mengandung vitamin C dalam jangka waktu yang lama dapat menghasilkan kolagen hingga delapan kali lebih banyak dari makanan bernutrisi lainnya.

Jadi jika Anda ingin nampak awet muda, maka sering-seringlah mengkonsumsi vitamin C seperti yang ada pada buah jeruk, pepaya, sayur kobis, kembang kol, brokoli, dan masih banyak lagi.

7. Bersihkan Tubuh dari Racun

Penumpukan racun dalam tubuh bisa disebabkan karena udara, air dan makanan yang kurang tepat. Ketiga hal ini bisa menyebabkan kerusakan pada tubuh dan menyebabkan penuaan. Jika Anda ingin awet muda, maka dianjurkan bagi Anda untuk melakukan pembersihan pada tubuh Anda dengan meminum jus.

Rutin mengonsumsi jus buah akan membantu menghilangkannya, Anda juga bisa minum segelas air dengan perasan lemon di pagi hari untuk membersihkan racun yang menumpuk di tubuh. Anda juga bisa mengonsumsi makanan fermentasi seperti Kombucha atau tambahkan suplemen probiotik ke tubuh Anda untuk membersihkan racun dan mempermudah proses pencernaan Anda.

8. Terlibat dalam Kegiatan yang Membantu Menghilangkan Stres

Tingkat stres yang tinggi ternyata juga akan membahayakan kulit Anda, Anda bisa melakukan Yoga atau Meditasi. Hilangkan berbagai pikiran dan aktivitas yang bermasalah pada hidup Anda, terlalu banyak memikirkan masalah merupakan hal yang bisa mengakibatkan stres dan memicu tingkatan stres yang lebih tinggi.

Jika Anda stres, maka itu bisa membuat Anda terlihat mudah berkeriput. Jika Anda memiliki masalah, maka bicarakan secara terbuka dengan orang-orang yang menurut Anda bisa membantu masalah Anda.

9. Tingkatkan Aktivitas Fisik

Banyak beraktivitas dapat meningkatkan sirkulasi oksigen dan nutrisi, aktivitas yang padat juga bisa melepaskan racun melalui keringat yang mengarah pada kulit sehingga kulit bisa menjadi lebih kencang. Pastikan Anda aktif setiap hari dengan kegiatan fisik seperti berolahraga. Olahraga memiliki banyak manfaat dalam tubuh, diantaranya:

  • Bisa memperlambat penuaan
  • Mampu meningkatkan aliran darah
  • Mampu memindahkan oksigen dan nutrisi ke sel-sel yang berfungsi di dalam tubuh termasuk kulit
  • Olahraga mampu mempertahankan massa dan kekuatan otot
  • Mempertahankan lebih banyak volume otak di area yang memengaruhi kontrol dan koordinasi motorik
  • Meningkatkan fungsi otak seiring bertambahnya usia

 10. Tidur

Setiap manusia tentu membutuhkan tidur dan istirahat untuk memperbaiki kekuatan yang ada di dalam tubuh agar bisa kembali normal. Anda harus bisa menjaga pola tidur jika ingin tetap terlihat awet muda. Namun, jangan sampai Anda mengandalkan bantuan obat-obatan agar bisa tidur!

Cobalah secangkir teh herbal satu jam sebelum Anda tidur, matikan  TV, komputer, dan perangkat elektronik lainnya karena tubuh Anda akan jauh lebih rileks saat menjelang tidur tanpa gangguan benda-benda itu disekitar Anda. Dengan tidur, kulit Anda secara otomatis akan meremajakan dan memperbaiki sendiri elastisitasnya. Pastikan Anda bisa tidur selama delapan jam semalam.

11. Hindari Produk Tembakau dan Berhentilah Merokok!

Merokok adalah salah satu hal terburuk karena hanya akan merusak tubuh dan kulit Anda, jika belum pernah merasakan rokok, jangan sampai Anda merokok! Kandungan nikotin dan tembakaunya sangat berbahaya untuk tubuh. Jika Anda ingin tetap awet muda, maka berhentilah untuk merokok.

Rokok menyebabkan kerusakan kolagen, bisa membentuk kerutan, membuat kulit kering dan kusam. Jika Anda tidak percaya, coba saja lihat orang yang sudah kecanduan merokok, ada banyak  kerutan di sekitar mulut ataupun wajah.

12. Batasi Alkohol dan Kafein

Terlalu banyak mengonsumsi alkohol dan kafein berdampak negatif pada kesehatan dan penampilan Anda, alkohol dan kafein mendehidrasi dan menguras nutrisi yang penting dalam tubuh Anda. Tahukah Anda bahwa Alkohol menyebabkan pembuluh darah di wajah membesar?

Minum terlalu banyak alkohol membuat penampilan kulit jadi merah dan terlihat lebih kusam. Jika Anda ingin terlihat lebih muda, maka hindarlah alkohol dan kopi yang mengandung banyak kafein. Sayangilah tubuh Anda karena alkohol dan kafein bukan hanya membuat Anda tampak tua tapi juga mengganggu fungsi organ dalam tubuh.

Nah, Kira-kira sanggupkah Anda melakukan tips awet muda ini? Saya yakin Anda pasti sanggup, saya pun sedang mencoba menjalaninya. Walaupun agak sulit, tapi hasilnya perlahan mulai tampak.

tunggu sebentar...

POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi