Maverick Vinales Sukses Naiki Podium Pertama MotoGP Qatar 2021

0

MotoGP musim 2021 telah resmi dimulai pada Minggu (29/03) Kemarin, Di seri pertama ini diberi nama Barwa Grand Prix of Qatar dan bertempat di Sirkuit Losail Qatar. Pada seri pembuka ini, pebalap asal tim Yamaha Motor Racing, Maverick Vinales sukses naiki podium pertama disusul oleh pebalap asal tim Pramac Racing, Johann Zarco dan pebalap asal tim Ducati Lenovo Team, Francesco Bagnaia di podium kedua dan ketiga.

Mengawali start position ke-6 bahkan pada saat awal-awal balapan sempat turun ke posisi ke-9, Vinales sukses menampilkan peforma terbaiknya. Ia melawati satu per satu pebalap didepannya hingga akhirnya pada lap ke-15, pebalap asal Spanyol tersebut sukses melewati Francesco Bagnaia di posisi pertama. Sementara itu, Bagnaia yang sukses mendapatkan pole position pada kualifikasi kemarin tidak menyia-nyiakan keuntungan yang ia dapat, ia sukses mempertahankan posisi pertamanya tersebut selama 15 lap, namun sayangnya ia gagal menjaga konsistensinya tersebut harus rela posisinya direbut oleh Vinales pada lap ke-15. Setelah mengambil alih posisi pertama, Vinales melesat meninggalkan pesaing-pesaingnya dan sukses mengamankan posisi pertamanya tersebut.

Juara Bertahan Blunder

Sementara itu, nasib sial justru berpihak kepada juara bertahan, Joan Mir pebalap asal Team Suzuki ECSTAR tersebut membuat sebuah blunder yang fatal, ia bisa saja mengakhiri balapan di podium kedua, namun pada tikungan terakhir ia salah mengambil keputusan yang membuat posisi ia dan motornya melebar. Zarco dan Bagnaia yang berada tepat dibelakangnya tidak menyia-nyiakan blunder yang Mir lakukan, mereka langsung merebut posisi kedua dan ketiga dari Mir, dan sang juara bertahan tersebut harus puas mengakhiri balapan di posisi keempat.

Debut Kurang Memuaskan Valentino Rossi di Petronas Yamaha SRT

Sementara itu, pebalap senior Valentino Rossi musim ini harus pindah ke tim satelit Yamaha, yakni Petronas Yamaha SRT. Debutnya pun di tim Petronas musim ini tidak berjalan mulus. Mengawali start position pada posisi ke-4, Rossi gagal mempertahankan posisinya tersebut. Lap demi lap ia dilewati oleh pebalap lainnya hingga akhirnya ia mengakhiri balapan diposisi ke-12.

Kecelakan Pertama di MotoGP Musim 2021

Sementara itu, pebalap asal tim Tech3 KTM Factory Racing, Danilo Petrucci menjadi pebalap pertama yang mengalami kecelakaan di MotoGP musim 2021 ini. Ia harus mengalami kecelakaan disaat lap pertama dimana balapan baru dimulai, dan harus keluar balapan lebih dulu daripada pebalap lainnya. Sementara itu, pebalap asal Jepang, Taaki Nakagami menjadi pebalap kedua yang mengalami kecelakan di seri ini, ia mengalami kecelakaan di lap ke-7, dan pebalap asal Spanyol, Alex Marquez menjadi pebalap ketiga yang mengalami kecelakaan di seri ini, adik dari Marc Marquez tersebut mengalami kecelakaan di lap ke-14.

Seri Selanjutnya Masih di Qatar

Sementara itu, untuk seri berikutnya para pebalap masih harus balapan di Sirkuit Losail Qatar, hanya saja nama serinya yang berubah dari Barwa Grand Prix of Qatar menjadi TISSOT Grand Prix of Doha. Seri ini akan berlangsung pada 4 April mendatang.

Artikel Lainnya
Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya