Jangan panik 😀 Pembaruan sistem OPPO F1 Plus merupakan pembaruan pada sistem operasi OPPO F1 Plus yaitu ColorOS, dalam pembaruannya selalu ada perubahan pada beberapa sistem kerja ColorOS yang dibuat dan diluncurkan oleh pihak OPPO dengan tujuan memberikan kesan lebih baik lagi kepada para penggunanya.

Gak ada angin gak ada hujan tiba-tiba pembaruan itu muncul di bar notifikasi HP OPPO F1 Plus, itu merupakan pemberitahuan dari pihak OPPO bahwa HP OPPO F1 Plus yang kalian gunakan ini memiliki versi terbaru untuk OS nya. Jangan sungkan klik aja pemberitahuannya, maka akan diarahkan ke halaman Pembaruan Sistem.

Pada halaman ini terdapat informasi / hal-hal mengenai ColorOS versi terbaru. Tersedia nama Versi, ukuran versi (MB) dan poin-poin penting pada versi terbaru ini.

Langsung saja di klik tombol Tingkatkan sekarang dibagian bawah layar untuk menerapkan pembaruan ini, jika ingin melihat lebih lanjut silahkan klik Lain di sebelah kanan layar tepat sejajar dengan tulisan “Versi saat ini” maka akan diarahkan ke halaman lebih detail.

Pada halaman ini terdapat nilai indeks rekomendasi, jika nilai indeks rekomendasi adalah 5 artinya pihak OPPO sangat menyarankan kalian memperbaruinya. Ada juga catatan perubahan dibagian bawahnya yang dapat kalian pelajari apa saja yang akan diubah / diperbaiki sistemnya oleh pihak OPPO.

Misalnya pembaruan ColorOS versi A.25_ 170221 (Senin, 06 Maret 2017)  memiliki indeks rekomendasi: 5 dan memiliki 5 catatan perubahan, yaitu:

  1. Mengoptimalkan kecepatan startup untuk beberapa aplikasi
  2. Memperbarui google security patch
  3. Menyelesaikan masalah force close pada beberapa aplikasi pihak ketiga
  4. Memperbarui versi GPS, mengoptimalkan keakuratan navigasi
  5. Menyelesaikan masalah tidak bisa menyambungkan dengan beberapa perangkat bluetooth

Artinya ketika memperbarui ke versi tersebut akan mendapatkan perubahan pada pembaruan sistem yang disebutkan pada poin 1 sampai poin 5.

Haruskah Saya Menyelesaikan Pembaruan Sistem OPPO F1 Plus ini ?

Tidak harus ! Inilah fungsinya kenapa OPPO menuliskan catatan perubahan, agar pengguna dapat mengetahui perubahan apa saja yang diberikan pada versi terbaru. Jika perubahan tersebut memang menguntungkan silahkan diperbarui tapi jika dirasa kalian tidak begitu menginginkan perubahan itu ya tinggal diabaikan saja.

Sejujurnya, OPPO berusaha sekeras mungkin untuk memberikan pembaruan per individu, tapi ini tidak mungkin karena seperti yang kita ketahui pengguna smartphone OPPO tidaklah sedikit. Tapi OPPO mempersempitnya dengan menyaringnya dengan nomor seri, jadi OPPO berusaha memberikan yang terbaik sesuai yang dibutuhkan oleh masing-masing pengguna dan ini dapat dilihat dari cara bagaimana pengguna tersebut menggunakan HP nya sehari-hari. Makanya ada yang namanya mengirim data ke OPPO tentang bagaimana cara kalian menggunakan HP dan OPPO tidak akan mengambil data sensitif dari penggunaan HP tersebut (biasa disebut debug mode).

Pemberitahuan Pembaruannya Saya Singkirkan, Bagaimana Saya Mau Lihat Lagi ?

Beberapa orang memiliki kebiasaan menghapus pemberitahuan yang muncul di bar notifikasi atas layar atau di layar pemberitahuan ketika diusap dari atas layar kebawah. Saya pun pernah seperti itu, jika ingin melihat dimana versi terbaru pembaruan sistem silahkan pergi ke halaman Pengaturan -> Pembaruan Sistem. Jika memang ada versi terbaru yang tersedia, akan muncul notifikasi bulatan warna merah pada menu Pembaruan Sistem di halaman Pengaturan.

Untuk lebih meyakinkan silahkan di klik aja menu Pembaruan Sistem, akan diarahkan ke halaman Pembaruan Sistem seperti yang tadi kita bahas diatas dan jika memang tersedia versi terbaru maka akan muncul tulisan Tersedia versi terbaru tapi jika tidak ada tulisannya berubah menjadi Versi saat ini sudah yang terbaru.

Jika Saya Memperbarui

Kalian akan mendapatkan kenyamanan perubahan pada versi terbaru, mudah-mudahan cocok ya. Cukup tekan tombol Tingkatkan sekarang (jika menggunakan bahasa Indonesia) lalu tunggu proses pembaruan hingga selesai (lamanya proses tergantung pada besarnya file versi tersebut). Pastikan HP kalian memiliki baterai yang cukup (jangan lowbet ya nanti putus tengah jalan malah jadi gagal / error), saya sarankan untuk melakukan pembaruan sambil charging jika baterai nya dibawah 50%.

Ketika proses pembaruan sistem berlangsung, smartphone akan menampilkan layar hitam dengan perkiraan (menit) selesai. Disitu dijelaskan bahwa kita tidak diperbolehkan uninstall baterai atau melakukan operasi apapun. Jadi biarkan saja HP nya tiduran 😀

Setelah proses itu selesai, secara otomatis akan booting dan masuk ke layar putih yang menampilkan pemberitahuan bahwa ColorOS sedang diperbarui silahkan tunggu sampai prosesnya selesai.

Setelah semua proses benar-benar selesai, akan diarahkan ke layar utama / layar kunci (jika HP dikunci) seperti biasa dan siap untuk digunakan kembali. Pada bar notifikasi diatas akan ada pemberitahuan selamat bahwa pembaruan sistem selesai dan kalian berhasil menggunakan versi terbaru. Silahkan di klik jika ingin melihat / memastikan.

Jika Tidak Yakin

Setiap pembaruan tentu selalu mempertahankan data pribadi seperti kontak, SMS, aplikasi dan media. Seperti yang disebutkan pada layar ketika kalian mengklik tombol Tingkatkan pembaruan. Silahkan lakukan backup data-data kalian sebelum memperbarui sistem jika memang tidak yakin.

Kesimpulan

Setiap pembaruan selalu memiliki indeks rekomendasi yang merupakan nilai seberapa disarankannya pembaruan tersebut pada HP kalian. Jika kalian berpikir untuk mengabaikannya, silahkan pertimbangkan lagi karena setiap pembaruan tentu memiliki nilai-nilai lebih dari versi-versi sebelumnya dan kemungkinan besar sangat menguntungkan pengguna. Jika tidak sanggup memperbarui menggunakan data seluler / kuota, silahkan kunjungi cafe-cafe terdekat yang memiliki WiFi 😀

0 0 vote
Article Rating
guest
Masukkan Nama Anda
Masukkan Email yang Sah
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments