Merasa Terganggu dengan Pesan WA Tak Dikenal? Begini Cara Melaporkan Nomor WhatsApp dengan Mudah!

Setiap media sosial (termasuk perpesanan digital) tentu harus memilki fitur Report/Laporkan, kenapa fitur ini harus ada? Tidak sedikit orang-orang yang tidak bertanggung jawab ikut menggunakan teknologi digital dan online, artinya mereka bisa saja mengganggu para pengguna lainnya.

Banyak contoh gangguan yang dapat diterima oleh para pengguna, contoh kecil gangguan yang kerap terjadi pada aplikasi WhatsApp adalah pesan-pesan yang tidak bermoral tiba-tiba nyasar ke nomor kita tanpa kita ketahui siapa pengirim pesan tersebut karena hanya bisa menampilkan nomor saja (dan mungkin nama palsu yang ditampilkan di profilnya).

Selain itu, fitur Laporkan pada WhatsApp juga sangat berguna ketika kita sering menerima berita palsu alias HOAX di WA yang disebarkan oleh orang tidak bertanggung jawab.

Cara Melaporkan Nomor WhatsApp

Bagaimana cara melaporkan nomor WhatsApp yang mengganggu? Seperti yang dijelaskan di halaman bantuan WhatsApp, kita dapat melaporkan nomor WA saat pertama kali menerima pesan dari nomor tersebut (atau ketika kita tidak menyimpannya).

Tapi pada tahap ini biasanya kita tidak sempat melaporkan dengan beberapa alasan, masih ada cara lain untuk melaporkan kontak tersebut:

  • Buka profil kontak / grup bersangkutan
  • Scroll ke bawah hingga menemukan Laporkan Kontak (jika menggunakan bahasa Indonesia)
gambar 1 - cara laporkan nomor whatsapp

Akan muncul layar popup menampilkan pilihan apakah ingin memblokir kontak dan menghapus pesan, atau hanya sekedar menghapusnya saja.

gambar 2 - blokir atau laporkan saja wa

Centang kotak jika ingin memblokir nomor WA bersangkutan, jangan centang jika tidak ingin memblokirnya.

Tunggu loading sebentar, pesan chat dari nomor tersebut akan hilang dan berhasil dilaporkan ke pihak WhatsApp dan akan diteliti lebih lanjut mengenai pelaporan ini.

Begitulah cara melaporkan nomor WhatsApp. Walaupun nomor tersebut sudah tersimpan di kontak, kita tetap bisa melaporkannya dengan cara membuka profilnya dan ikuti langkah-langkah di atas.

Tidak hanya nomor WhatsApp, kita juga bisa memblokir grup WhatsApp jika merasa terganggu dan dipaksa untuk masuk tanpa tau alasan apa-apa.

tunggu sebentar...
POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi