Memahami Metode Pembayaran Google AdSense, Langkah Mudah Mencairkan Uang dari Google!

Setelah akun Google AdSense disetujui, Anda dapat menggunakannya segera untuk mulai menghasilkan uang secara online. Menghasilkan uang online dengan Google AdSense dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, mulai dari penghasilan iklan dari video YouTube, iklan native di situs web/blog, aplikasi android, sampai game mobile, tergantung mana yang Anda senangi. Jika Anda tidak menyenangi dan menguasi hal yang Anda lakukan, bisa berhenti tiba-tiba dan waktu akan terbuang sia-sia, semua tau itu.

Bagi Anda yang sampai saat ini belum juga disetujui Google AdSense, bisa lihat pos kami sebelumnya “tips agar cepat disetujui oleh Google AdSense“, semoga bisa menjadi referensi yang baik untuk Anda. Selamat bagi Anda yang telah disetujui Google AdSense, mulailah menghasilkan uang dengan akun Google AdSense sekarang!

Mengelola Metode Pembayaran Google AdSense

Setelah berjalan beberapa hari, minggu, bahkan bulan, beranda Google AdSense Anda akan dihiasi oleh digit-digit kebahagian. Pendapatan Google AdSense ini akan terus mengendap di akun Google AdSense Anda, tidak akan dikirimkan ke rekening bank Anda, jika tidak mengatur metode pembayaran pada akun bersangkutan.

Gambar 1 - menghasilkan uang dengan google adsense
gambaran saldo di halaman beranda google adsense

Maka dari itu, disini kita akan bahas cara mengatur metode pembayaran akun Google AdSense agar “Pendapatan” Google AdSense berubah menjadi “Penghasilan” yang dapat dicairkan ke akun bank Anda.

Untuk mulai mengatur metode pembayaran Google AdSense, Anda dapat pergi ke menu Pembayaran (jika menggunakan bahasa Indonesia) pada akun Google AdSense bersangkutan. Lanjutkan dengan memilih tombol MENGELOLA METODE PEMBAYARAN kemudian Klik Tambahkan Metode Pembayaran untuk menambah metode pembayaran baru.

Gambar 2 - menambah metode pembayaran google adsense
tambah metode pembayaran atau edit yang ada

Tersedia 3 metode pembayaran Google AdSense untuk saat ini, pilihlah metode pembayaran yang Anda inginkan.

gambar 4 - pilih metode pembayaran google adsense
metode pembayaran yang tersedia saat ini

1. Metode Pembayaran – Western Union

Pilih Tambah Akun Western Union jika ingin menerima pembayaran Google AdSense menggunakan layanan Western Union, ketika memilih ini akan secara otomatis membuka formulir yang perlu dilengkapi.

Isilah bidang yang diperlukan pada formulir ini, pastikan datanya sesuai! Jangan lupa untuk centang kontak yang diperlukan (saya menyatakan bahwa saya memiliki tanda pengenal resmi yang cocok…), jadi pastikan nama Anda sesuai dengan tanda pengenal (mis: KTP).

Centang kotak Tetapkan sebagai metode pembayaran utama jika ingin metode pembayaran ini dijadikan sebagai metode pembayaran utama.

Periksa kembali apa yang baru saja Anda isi, jika sudah benar silakan klik tombol SIMPAN untuk menyimpan metode pembayaran ini ke daftar metode pembayaran akun Google AdSense Anda.

Ada layanan serupa yang disebut Western Union Quick Cash, ini adalah pengiriman dan penerimaan uang cash secara utuh tanpa dibagi menjadi beberapa bagian. Maka tidak heran jika Anda pernah mendengar beberapa kerabat yang menerima uang dari Google AdSense dibagi menjadi beberapa pengiriman (tidak sekaligus, jika jumlahnya banyak). Pasalnya, saat ini di Indonesia belum tersedia layanan Western Union Quick Cash melainkan hanya Western Union (WU) biasa.

Metode pembayaran ini akan menggunakan alamat akun Google AdSense Anda, maka berhati-hatilah dalam menggunakan metode pembayaran ini. Pastikan alamat Anda sudah benar, karena uang akan dikirimkan ke kantor POS terdekat di wilayah Anda. Lihat: Bagaimana cara mengganti alamat Google AdSense, mungkin Anda memerlukannya.

2. Metode Pembayaran – Transfer Bank

Bisa dikatakan metode pembayaran melalui transfer bank ini adalah metode pembayaran favorit yang digunakan oleh para pencari nafkah Google AdSense di Indonesia, metode pembayaran ini tidak membuat Anda repot harus pergi ke kantor POS atau menunggu kiriman dari kantor POS melainkan akan secara otomatis ke rekening bank Anda termasuk bank lokal Indonesia seperti BCA, BTN, dsb.

Pilih Tambahkan detail transfer kawat baru untuk menambah metode pembayaran transfer bank, akan secara otomatis menampilkan formulir yang perlu diisi dengan seksama.

Tidak perlu bingung cara mengetahui kode SWIFT bank yang Anda gunakan, kunjungi https://www.theswiftcodes.com/indonesia/ untuk mengetahui semua kode SWIFT bank yang ada di Indonesia. Pastikan Anda menemukan bank dan cabang bank yang tepat!

Anda dapat mengabaikan hal lainnya yang bertuliskan (opsional) seperti ID Penerima, Bank Perantara, FFC/FBO, dsb. Anda dapat mengosongkan bagian tersebut karena tidak wajib diisi.

Centang kotak Tetapkan sebagai metode pembayaran utama jika Anda ingin menjadikan metode pembayaran ini yang digunakan oleh Google AdSense untuk mengirim uang Anda.

Klik tombol SIMPAN untuk menyimpan metode pembayaran ke daftar metode pembayaran akun Google AdSense Anda.

3. Metode Pembayaran – Cek

Pilihan metode pembayaran yang terakhir adalah menggunakan cek, namun metode pembayaran ini sangat tidak direkomendasikan untuk warga Indonesia. Kenapa?

Cek ini merupakan metode pembayaran paling menyulitkan, Google AdSense akan mengirimkan uang Anda berupa Cek ke alamat yang Anda masukkan. Masalahnya, pengiriman ini bisa memakan waktu hingga 2-4 minggu dari tanggal pengiriman, bahkan bisa sampai 1 bulan.

Tidak hanya itu, setelah Anda menerima Cek dari Google AdSense, Anda perlu mencairkannya. Setiap bank tentu memiliki kebijakan tertentu, tidak semua bank ingin membantu Anda menyelesaikan masalah ini. Parahnya lagi, Cek ini tidak untuk dicairkan melainkan untuk setoran, jadi Anda meminta pada suatu bank yang memiliki korepondensi dengan Citibank (karena Cek Google AdSense dikeluarkan oleh Citibank) untuk menyetorkan uang Anda ke akun bank Anda. Tidak ada uang di tangan!

Ada yang lebih parah lagi, Cek ini memiliki batas waktu! Jika selama 60 hari dana Cek belum juga disetorkan, maka Cek tersebut dianggap kadaluarsa. Anda perlu memintanya lagi ke Google AdSense melalui menu Transaksi di akun Google AdSense Anda. Ribet!

Jika Anda tetap ingin menggunakan metode ini, pilihlah Tambahkan detail Cek baru maka secara otomatis akan menampilkan formulir yang perlu dilengkapi.

Lengkapilah semua bidang dengan baik dan benar, Cek akan dikirimkan ke alamat tersebut. Cek dikirimkan dengan layanan POS biasa, Anda dapat menanyakan pihak POS Indonesia jika Anda merasa sudah seharusnya Cek itu tiba di rumah. Klik Tetapkan sebagai metode pembayaran utama jika Anda ingin Google AdSense menggunakan metode pembayaran ini untuk mengirimkan uang Anda.

Klik tombol SIMPAN untuk menyimpan metode pembayaran ke daftar metode pembayaran akun Google AdSense Anda.

Apa itu metode pembayaran utama? Yaitu sebuah metode pembayaran yang akan digunakan oleh Google AdSense untuk mengirim penghasilan Anda bulan ini dan seterusnya (jika tidak diganti).

Mengedit dan Menghapus Metode Pembayaran

Jika Anda rasa ada kekeliruan dalam metode pembayaran, ingin mengganti metode pembayaran utama, atau bahkan ingin menghapus metode pembayaran yang ada, Anda dapat melakukannya di menu Pembayaran > MENGELOLA METODE PEMBAYARAN pada akun Google AdSense Anda.

Gambar 5 - mengedit menghapus metode pembayaran google adsense
tersedia tombol hapus dan edit

Edit Metode Pembayaran

Klik tombol EDIT pada metode pembayaran yang ingin Anda ubah datanya, klik tombol PERBARUI untuk menyimpan hasil edit pada metode pembayaran tersebut.

Untuk mengganti metode pembayaran utama, pilihlah dropdown Tidak satu pun kemudian pilih Utama untuk menjadikan metode pembayaran tersebut sebagai metode pembayaran utama akun Google AdSense Anda.

Setiap Anda mengganti metode pembayaran utama, Google AdSense akan secara otomatis mengirimkan pemberitahuan melalui email Anda bahwa metode pembayaran utama telah diubah.

Hapus Metode Pembayaran

Anda pun dapat menghapus metode pembayaran yang pernah Anda tambahkan, ini tidak dapat dikembalikan! Anda perlu menambah metode pembayaran baru untuk mengebalikannya.

Klik tombol HAPUS pada metode pembayaran yang ingin dihapus, akan muncul layar popup sebagai konfirmasi bahwa Anda benar ingin menghapusnya. Klik lagi tombol HAPUS untuk benar-benar menghapusnya dari daftar metode pembayaran akun Google AdSense Anda.

tunggu sebentar...

POS Lainnya:

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi