Membatasi Fungsi Email di cPanel – Hanya Bisa Terima Email Masuk atau Hanya Bisa Mengirim Email Saja

0

Anggaplah kamu memiliki email di cPanel dengan alamat email@domain.com, lalu kamu ingin email tersebut hanya berfungsi untuk menerima email saja dan tidak dapat mengirim email. Atau sebaliknya

Setelah berhasil membuat email dengan nama domain sendiri di cPanel, ada banyak fungsi / fitur yang dapat kamu manfaatkan untuk menyesuaikannya dengan keperluanmu terhadap email tersebut, salah satunya adalah membatasi fungsi pengiriman atau penerimaan email.

Apakah ini bermanfaat? Ya, tentu saja!

Misalnya kamu membuat email hanya untuk mengirim saja karena email tersebut digunakan untuk verifikasi akun, maka settingan di bawah ini bermanfaat agar email tersebut tidak dapat menerima email masuk.

Atau contoh lainnya email yang kamu miliki berfungsi hanya untuk menampung feedback customer, maka kamu perlu matikan fungsi Sending Outgoing Email pada email tersebut jika email bersangkutan tidak perlu membalas feedback customer.

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengetahui bagaimana caranya.

Anggaplah kamu memiliki email di cPanel dengan alamat nisa@khairunnisa.com, lalu kamu ingin email tersebut hanya berfungsi untuk menerima email saja dan tidak dapat mengirim email. Atau sebaliknya, hanya berfungsi untuk mengirim email saja dan tidak dapat menerima email

  1. Login ke cPanel

    Login ke cPanel seperti biasa.

  2. Pilih Email Accounts

    Pada bagina Email, klik Email Accounts untuk menampilkan semua email yang pernah kamu buat di cPanel tersebut.

  3. Klik Manage

    Pada email bersangkutan, pilih tombol Manage untuk mulai mengatur fungsi.

  4. Restrictions

    Pada bagian Restrictions, terdapat 2 pilihan yang dapat kamu atur sesuai kebutuhanmu.cara batasi email di cpanel hanya bisa menerima email atau hanya dapat mengirim email saja

Pilih Suspend pada Receiving Incoming Email jika kamu tidak ingin email tersebut menerima email masuk. Artinya email bersangkutan tidak dapat menerima email dari manapun.

Pilih Suspend atau Hold pada Sending Outgoing Email jika kamu tidak ingin email tersebut mengirim email. Artinya email bersangkutan tidak dapat mengirim email kemanapun.

Setelah selesai, klik tombol Update Email Settings di bagian bawah untuk menyimpan perubahan yang kamu lakukan.

Masih bingung? Klik disini untuk menonton video tutorialnya.

Artikel Lainnya

Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya