Cara Setting Balas Email Otomatis (Auto Responder) di cPanel

0

Fitur Balasan Otomatis atau yang dikenal Auto Responder pada email merupakan salah satu fitur penting yang sering digunakan ketika pemilik email sedang tidak dapat membalas email misalnya sedang cuti atau

Fitur Balasan Otomatis atau yang dikenal Auto Responder pada email merupakan salah satu fitur penting yang sering digunakan ketika pemilik email sedang tidak dapat membalas email misalnya sedang cuti atau sedang tidak dapat mengakses email.

Dengan fitur Balas Email Otomatis kamu dapat memberitahukan para pengirim email segera agar mereka tidak menunggu-nunggu balasan email darimu. Misalnya kamu sedang berlibur dan akses ke email sangat terbatas, kamu dapat mengatur Balas Email Otomatis sampai kamu dapat mengakses email lagi.

Dengan begitu, ketika seseorang mengirim email kepadamu, secara otomatis pengirim tersebut akan mendapatkan email dari kamu secara otomatis. Untuk mengatur Auto Responder ini pastikan kamu sudah memiliki alamat email di cPanel, belum punya email di cPanel? Klik disini untuk membuat email di cPanel dengan cepat.

Fitur Auto Responder juga tersedia di cPanel, cara mengaturnya pun terbilang sangat mudah hanya dengan beberapa klik saja.

  1. Masuk ke cPanel

    Masuk ke cPanel seperti biasa.

  2. Pilih Autoresponders

    Pada bagian Email di halaman utama cPanel setelah login, pilih Autoresponders.

  3. Add Autoresponder

    Klik tombol Add Autoresponder.

  4. Lengkapi Autoresponder

    Lengkapilah data yang diperlukan untuk Autoresponder cPanel.
    Character Set = Pilih saja UTF-8.
    Interval = Tentukan interval dari satu Autoresponder ke Autoresponder berikutnya (untuk satu email pengirim yang sama)
    Email = Pilihlah username email yang ingin diaktifkan Balas Email Otomatisnya. Pastikan email ini terdaftar di cPanel kamu.
    Domain = Pilih email domain yang bersangkutan dengan username email di atas. Contoh: jika kamu ingin mengatur untuk example@domain .com maka pada bagian Email di atas diisi example dan pada bagian Domain ini pilih domain.com.
    From = Masukkan nama yang kamu ingin tampilkan pada penerima email, biasanya ini diisi nama kamu atau perusahaan kamu.
    Subject = Masukkan subject email.
    This Message Contains HTML = Centang kotak ini jika email yang kamu kirim beruformat kode HTML yang ingin di-render.
    Body = Masukkan isi email yang ingin kamu kirim sebagai Balasan Otomatis.
    Start = Pilih Immediately jika ingin langsung aktif, atau pilih Custom jika ingin menentukan tanggal kapan Balasan Otomatis ini mulai aktif.
    End = Pilih Immediately jika ingin langsung aktif, atau pilih Custom jika ingin menentukan tanggal kapan Balasan Otomatis ini berakhir.balas email otomatis - posciety

Klik tombol Create untuk menyimpan Balasan Otomatis yang sudah kamu buat di atas.

Hal yang Harus Kamu Ketahui

Sangat disarankan untuk memberikan interval untuk menghindari log email yang terlalu berat apa lagi jika email yang kamu gunakan terbilang “sangat aktif” alias banyak menerima email masuk. Dengan memberi interval, ketika ada satu email yang mengirim email kepadamu bertubi-tubi, sistem Autoresponder ini akan membalasnya satu persatu dengan jarak waktu (interval) yang kamu tentukan. Lebih baik begitu daripada Autoresponder terus-terusan membalas tanpa jarak waktu.

Jika isi email yang akan kamu kirim memiliki tag HTML yang ingin di-render maka kamu harus centang kotak This Message Contains HTML agar tag HTML terbaca dengan baik bukan malah menampilkan kode HTML sebagai teks biasa. Klik disini untuk mengetahui tag-tag dasar HTML.

Autoresponder atau Balas Email Otomatis ini berbeda dengan Forward Email, klik disini jika ingin mengetahui cara setting Auto Forward atau Forward Email Otomatis di cPanel.

Masih bingung? Yuk, klik disini untuk melihat video tutorialnya.

Artikel Lainnya

Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya