Fitur Baru Facebook ! Bisa Pasang Lowongan Kerja Layaknya Situs Lowongan Kerja Lain

Jangkau Calon Kandidat yang Aktif dari Facebook

Baru-baru ini Facebook baru saja merilis fitur baru yaitu Lowongan Kerja, ini bukan sekedar lowongan kerja seperti yang kamu temukan di grup Facebook atau di news feed. Ini adalah fitur pasang lowongan kerja yang mirip seperti memasang lowongan kerja di situs-situs lowongan kerja lain.

Kamu dapat memasukkan jabatan, gaji, deskripsi pekerjaan, pertanyaan yang akan diajukan kepada calon pelamar (ini bisa berupa pertanyaan singkat dan pertanyaan yang perlu di isi / tulis), menambahkan gambar untuk lowongan kerja tersebut agar terlihat lebih menarik, dan hal lainnya yang akan kita bahas di bawah.

Lowongan Kerja di Facebook

Beginilah contoh lamaran kerja tampil di timeline:

Kamu dapat menyesuaikan segalanya nanti di pengaturan lowongan, dan gambar di bawah ini adalah halaman detail dari setiap lowongan yang dilihat.

gambar 1 - detail lowongan facebook

Detail lowongan kerja akan lebih panjang ke bawah jika keterangan / deskripsi lowongan kerja lebih banyak dari contoh di atas.

Fitur baru ini tentu sangat menguntungkan bagi beberapa perusahaan yang memang aktif di Facebook sehingga tidak perlu bolak balik website untuk memposting lowongan kerja, cukup lakukan di dalam Facebook !

Para pengguna Facebook pun akan dengan mudah melamar ke lowongan kerja yang di inginkan cukup dengan login, klik Lamar Sekarang, jawab pertanyaan jika tersedia. Tunggu pemilik lowongan menghubungimu melalui email / akun Facebook (pesan).

Membuat Lowongan Kerja di Facebook

Berniat untuk menggunakan fitur ini ? Tidak banyak syarat yang diperlukan, kamu cukup memiliki halaman Facebook / Fan Page untuk dapat menggunakan fitur ini. Belum punya halaman Facebook ? Lihat cara membuat Fanpage FB disini.

Pastikan kamu telah melengkapi informasi yang diperlukan untuk halaman Facebook tersebut, pastikan juga bahwa halaman Facebook bersangkutan dalam status aktif / publish. Selanjutnya, mari mulai membuat lowongan kerja. Saat ini, fitur lowongan kerja ini hanya tersedia untuk pengguna PC / Laptop di browser.

Ganti /poscieatypage/ di tengah-tengah URL dengan username FB Page bersangkutan. Jika kesulitan, kamu dapat klik menu Lowongan Kerja pada bilah sisi kiri halaman.

gambar 2 - menu kelola lowongan kerja facebook

Pada halaman utama Lowongan Kerja akan menampilkan semua lowongan kerja yang pernah di buat, akan menampilkan halaman kosong jika belum membuat lowongan kerja. Klik tombol +Terbitkan Postingan Lowongan Kerja di pojok kiri atas untuk mulai membuat lowongan kerja baru.

gambar 3 - membuat lowongan kerja facebook

Lengkapilah semua bidang yang diperlukan, pastikan semuanya informasi adalah benar karena ini berhubungan dengan kebijakan lowongan kerja Facebook. Jika kamu pernah memasang iklan di Facebook, pasti familiar dengan tampilan seperti ini. Setiap perubahan yang di lakukan di sebelah kiri akan ditampilkan / pratinjau di sebelah kanan.

Setelah selesai mengisi semua informasi dengan benar, klik tombol Terbitkan Postingan Lowongan Kerja di bagian bawah layar popup untuk mempublikasikannya ke Fanpage Facebook bersangkutan. Jika muncul pilihan untuk share, jangan lupa share ke grup, profil, teman, dan keluarga.

Setiap lowongan kerja yang dibuat hanya akan aktif selama 30 hari saja.

Akan di arahkan ke halaman sebelumnya dan menampilkan lowongan kerja yang telah berhasil dibuat.

gambar 4 - lowongan kerja facebook dipublikasi

Klik tombol Edit jika ingin mengedit lowongan kerja, klik tombol Tutup Postingan Lowongan Kerja jika ingin menutup lowongan kerja tersebut lebih cepat sebelum tanggal kadaluarsa maka orang lain tidak dapat melamar. Jika ingin melihat bagaimana halaman detail dari lowongan kerja tersebut, klik saja pada judul / nama jabatan.

Pada daftar menu di samping, pilih Lamaran jika ingin menampilkan semua pelamar yang melamar ke lowongan kerja yang dipublikasikan. Klik setiap pelamat untuk melihat rinciannya.

gambar 5 - detail pelamar lowongan kerja facebook

Selain melihat rincian dari pelamar, kamu dapat melakukan banyak tindakan terhadap lamaran tersebut.

  1. Download PDF
    Klik tombol Unduh Rangkuman PDF jika ingin mendapatkan rincian pelamar dalam PDF
  2. Hubungi
    Kamu dapat menghubungi kandidat langsung dengan klik tombol Hubungi, pilihlah bagaimana kamu ingin menghubunginya (Email, Telepon, Pesan FB)
  3. Tetapkan Status
    Setiap lamaran tentu memerlukan status yang jelas, terdapat beberapa pilihan status yang dapat dipilih yaitu: Dihubungi, Wawancara Dijadwalkan, Diwawancara, Dipekerjakan, dan Ditolak
  4. Jadwalkan Wawancara
    Jika kandidat tersebut memenuhi syarat dan layak untuk diwawancara, klik tombol Jadwalkan Wawancara kemudian pilih tanggal dan waktu wawancara. Facebook akan memberitahukan pelamar mengenai hal ini
  5. Dapatkan Aplikasi yang Lebih Baik
    Ini hanya untuk keperluan pemilik lowongan saja, kamu dapat menentukan lamaran tersebut apakah Layak, Tidak Memenuhi Syarat, Need More Info. Ini hanya keperluan Facebook saja agar dapat memberikanmu kandidat yang lebih baik dan ini tidak akan diberitahukan kepada kandidat bersangkutan
  6. Rincian
    Untuk melihat rincian, scroll ke bawah hingga selesai

Setelah mencobanya beberapa hari, fitur ini sangat membantu kami dalam mencari kandidat yang sering aktif menggunakan Facebook. Jika ingin melamar pekerjaan di posciety, silahkan klik lowongan kerja di atas atau kunjungi halaman Facebook @posciety.

Jika kamu adalah pemilik halaman / pengelola halaman Facebook dan ingin mencoba mencari kandidat di Facebook, mulailah mencoba fitur ini sekarang !

Untuk mendapatkan lebih banyak kandidat lagi, kamu dapat memasang iklan di Facebook untuk lowongan ini, membagikannya ke teman-teman dan grup Facebook, atau embed postingan lowongan kerja Facebook di situs web.

Selamat mencoba !

tunggu sebentar...

POS Lainnya:

1
Tinggalkan Komentar

avatar
trackback
Cara Menambah Seseorang Sebagai Pengelola Halaman Facebook

[…] memiliki hak untuk mengubah halaman tanpa batasang peran. Awalnya hanya ada 5 peran, tapi setelah Facebook meluncurkan fitur Lowongan Kerja maka peran bertambah menjadi 6. Berikut ini daftar peran pengguna untuk pengelola […]

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi