Membuat / Menghapus / Menyunting Playlist YouTube

Jadikan Daftar Putar Video YouTube Lebih Baik

Salah satu fitur YouTube yang dapat dimanfaatkan oleh pemilik channel YouTube yaitu Daftar Putar / Playlist. Fungsi dari daftar putar ini untuk mengelompokkan video-video yang sesuai kedalam playlist dengan judul yang sesuai. Misalnya video-video tentang tutorial HTML dimasukkan ke dalam playlist Tutorial HTML. Hal ini memudahkan pemilik channel untuk mencari video yang diinginkan di kemudian hari.

Pada YouTube, tidak hanya membuat playlist dengan daftar video milik sendiri saja tapi juga bisa memasukkan video orang lain (video dari channel lain) ke playlist. Jika video adalah video yang kalian unggah, silahkan klik Tambah ke Playlist ketika proses unggahan berlangsung. Menu tarik-turun ini akan menampilkan daftar playlist yang pernah kalian buat.

Centang playlist yang ingin digunakan untuk video yang sedang diunggah ini atau klik Buat Baru jika ingin membuat daftar putar baru.

Jika ingin menambahkan video ke playlist bukan ketika mengunggah video tersebut, silahkan lihat video (tonton video nya seperti biasa) kemudian dibagian bawah layar video klik + Tambahkan Ke. Akan muncul menu tarik-turun daftar playlist yang pernah dibuat atau klik Tambah Baru jika ingin membuat playlist baru. Cara ini juga dapat dilakukan untuk video dari channel lain yang ingin kalian tambahkan ke playlist.

Selain itu, ada cara lain yaitu menambahkan video dari backend / dasbor. Silahkan pergi ke dasbor channel YouTube seperti biasa kemudian klik menu Pengelola Video -> Playlist di menu samping kiri layar dekstop. Maka akan menampilka nseluruh daftar putar yang pernah dibuat, klik tombol Edit Playlist di sebelah kanan daftar playlist untuk mengedit playlist tersebut.

Disini kalian dapat menambah video baru dengan cara klik tombol Tambahkan Video. Akan muncul layar popup kecil ditengah layar dengan 3 metode tersedia untuk menambahkan video ke playlist ini, silahkan tentukan metode mana yang ingin digunakan dan pilih video nya. Setelah berhasil, video akan tampil di daftar video playlist ini.

Bagaimana Menghapus Video Dari Playlist ?

Pada dasbor playlist ini, ada tanda silang (x) di sebelah kanan pada setiap baris video. Silahkan klik tanda tersebut untuk menyingkirkan video dari daftar putar yang sedang dibuka ini.

Bagaimana Menghapus Playlist ?

Silahkan buka playlist yang ingin dihapus di dasbor YouTube seperti langkah diatas. Kemudian klik toggle menu (3 titik) disebelah kanan atas layar sejajar dengan nama Playlist. Akan menampilkan beberapap ilihan silahkan pilih Hapus Playlist. Maka playlist yang sedang di buka ini akan dihapus dari channel YouTube kalian.

Masih bingung ? Lihat : Video tutorial cara membuat, menghapus, dan mengedit playlist YouTube.

Membuat playlist dengan cara-cara diatas untuk saat ini hanya dapat dilakukan melalui desktop / laptop / browser saja, tapi selain membuat playlist melalui tab menu Playlist juga kalian dapat membuat playlist di halaman depan ketika menonton video. Ketika menonton video bisa klik tanda + (tambah ke) di samping tombol share.

Selamat mencoba !

Loading...

POS Lainnya:
Komentar
Memuat...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi