Dampak Buruk Anak Ketergantungan Gadget, Apa yang Harus Dilakukan Orangtua?

Sudah tidak asing lagi anak-anak jaman sekarang dengan yang namanya gadget, seperti anak-anak jaman dahulu selalu membawa layangan atau kelereng di sakunya dan bermain bersama anak-anak sebayanya. Beda dengan anak-anak jaman sekarang yang kemana-mana selalu memegang gadget pada genggamannya.

Wajar saja pada jaman sekarang teknologi semakin maju dan semakin canggih dengan sangat cepat, diciptakan untuk mempermudah berbagai macam urusan manusia di dunia, ya! Salah satunya adalah gadget ini.

Gadget dapat ditemukan dan dapat digunakan oleh siapapun, mulai dari orang dewasa sampai anak-anak. Beberapa produsen teknologi seperti gadget ini menargetkan barang dagangannya untuk anak-anak karena sifat anak-anak yang selalu penasaran terhadap hal yang baru. Padahal banyak sekali efek buruk yang timbul dari penggunaan gadget yang cukup fatal apabila tidak diawasi oleh orangtua.

Pada masa anak-anak inilah sifat karakteristik seseorang dapat dibangun dan dapat dilihat kemana arah anak ini akan tumbuh dan berkembang, karena gadget dapat mempengaruh perkembangan fisik dan psikologis anak tersebut. Peran orangtua sangatlah penting dimana jaman modern yang memiliki teknologi semakin canggih ini tercipta.

Gadget adalah alat teknologi dengan fungsi lebih canggih dan praktis, yang biasanya lebih canggih dan mutakhir dari alat sebelumnya. Sebenarnya gadget saat ini terbilang screen time menimbulkan resiko serius pada kesehatan anak.

Cukup berbahaya juga bila si anak bisa mengakses internet secara bebas, apalagi tidak dipantau dengan pengawasan orang dewasa, bisa-bisa si anak bisa membuka situs-situs yang tidak seharusnya dibuka seperti situs pornografi.

Daya Kembang Otak Anak

Otak anak berusia di bawah 5 tahun (balita) masih dalam taraf perkembangan. Otak anak dalam usia tersebut sebaiknya dipacu atau akan lebih berkembang jika anak tersebut diberi rangsangan sensorik secara langsung seperti berinteraksi dengan orang, meraba benda, mendengarkan suara dan lainnya.

Jika anak di usia ini sudah diberikan gadget tanpa pengawasan orang dewasa yang baik, apalagi berkelanjutan dalam waktu yang lama, maka dapat mengganggu perkembangan otaknya dan akan fokus terhadap gadget tersebut sehingga membuat kurangnya interaksi dengan dunia sekitar.

Tidak masalah mengenalkan gadget pada anak agar mempermudah cara berkembang anak dengan beberapa fungsi gadget yang dapat membantu perkembangan sang anak, tetapi jangan lupa untuk orangtua selalu mengawasi anaknya terhadap gadget.

Bahaya Radiasi Gadget Terhadap Perkembangan Anak

Bahaya radiasi dari gadget terhadap perkembangan anak bukanlah merupakan gelombang yang sangat mematikan dan berbahaya. Tetapi bukan berarti radiasi tersebut tidak memiliki efek samping terhadap pemakainya.

Radiasi yang terpapar dengan intensitas yang intensif dapat merusak jaringan tubuh. Radiasi tersebut dapat memanaskan jaringan tubuh seperti microwave memanaskan makanan di dalamnya. Radiasi tersebut dapat merusak jaringan tubuh, pasalnya tubuh kita tidak memiliki sistem kekebalan tubuh untuk menahan panas yang ditimbulkan dari radiasi tersebut.

Penelitian lain berpendapat bahwa radiasi non-ionisasi dapat menimbulkan efek jangka panjang. Radiasi dapat menimbulkan beberapa penyakit antara lain, sakit kepala, parkinson, alzheimer, kanker, bahkan tumor otak.

Kemungkinan terpaparnya radiasi pada anak-anak jaman sekarang lebih besar ketimbangan remaja atau dewasa pada saat ini. Karena pada jaman milenials saat ini, teknologi semakin canggih dan anak-anak jaman sekarang sudah diperkenalkan dengan gadget yang luar biasa canggihnya yang mungkin menyebarkan radiasi.

Radiasi dari gadget memang tidak terlihat dan efeknya pun tidak langsung terasa, akan tetapi bila dibiarkan secara terus menerus akan menimbulkan beberapa efek samping atau dampak negatif bagi perkembangan sang anak.

Disini peran orangtua untuk mengawasi secara bijak dan melakukan seleksi terhadap apa yang diakses oleh anak-anak. Kebiasaan menggunakan gadget bagi anak-anak mungkin susah untuk dihilangkan, tetapi orangtua bisa untuk mengajaknya keluar dan bermain di dunia luar untuk mengetahui dan belajar memahami lingkungan sekitar. Kegiatan seperti ini cukup penting bagi perkembangan kognitif, sosial dan kepribadian anak. Anak dapat memahami hubungan antara dirinya dan lingkungannya, belajar bergaul, dan memahami aturan dan tata cara bergaul.

Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Anak

Gadget sendiri tidak hanya menimbulkan efek negatif, tetapi gadget juga memiliki dampak positif. Dampak positif dari gadget antara lain: membantu fungsi adaptif seorang anak yang artinya kemampuan seseorang untuk bisa menyesuaikan diri dengan keadaan lingkungan sekitar dan perkembangan jaman, menambah pengetahuan anak, lebih mudah dan leluasa mencari informasi di internet, memperluas jaringan persahabatan, mempermudah berkomunikasi, dan membangun kreatifitas anak.

Sedangkan dampak negatif dari gadget bagi perkembangan anak adalah anak menjadi ketergantungan pada gadget, sehingga apapun aktivitas sang anak tidak bisa lepas dari gadgetnya, anak menjadi sulit untuk berkonsentrasi karena fokusnya hanya terhadap gadget tersebut, dan yang lebih parahnya membuat anak tersebut menjadi malas, beberapa konten atau beberapa situs yang tidak seharusnya anak-anak buka atau dilihat pada usianya juga akan mudah diakses bahkan tanpa sepengetahuan orangtua jika tidak diawasi.

Beberapa anak yang kecanduan gadget mungkin memiliki gangguan terhadap psikologinya seperti kurang percaya diri, gelisah, dan galau apabila gadgetnya disita atau diambil oleh orangtuanya serta kurangnya interaksi dengan lingkungan sekitarnya atau istilah lainnya adalah Introvert.

Dampak negatif lainnya adalah terganggunya fungsi PFC (Pre Frontal Cortex) atau bagian di dalam otak yang mengontrol emosi, kontrol diri, tanggung jawab, pengambilan keputusan, dan nilai-nilai norma yang ada.

Sikap Orangtua Pada Anak

Apa yang dapat dilakukan oleh orangtua untuk mengatasi masalah gadget pada anak ini? Ada beberapa sikap yang harus orangtua lakukan kepada anaknya, antara lain:

Selektif Terhadap Situs atau Games

Beberapa orangtua kadang luput mengawasi anaknya saat bermain gadget, orangtua tidak mengetahui apa yang diakses atau dimainkan oleh sang anak.

Pastikan anak mengakses dan memilih permainan yang baik untuk perkembangan sang anak seperti game yang mendukung kecerdasan anak dan pola pikir anak atau cari game yang lucu & menarik untuk anak perempuan.

Temani Anak Bermain

Cobalah sesekali (atau sering) menemani anak ketika sedang bermain gadget, selain mengarahkan anak dalam menggunakan gadget dengan baik, Anda pun dapat mengawasinya secara langsung apa saja yang dibuka oleh anak Anda.

Cobalah untuk mengarahkan anak Anda untuk bermain menggunakan media lain selain gadget, atau ajak bermain di taman sekitar rumah atau lingkungan yang baik di sekitar rumah Anda agar anak Anda tidak terlalu berfokus kepada gadget dan dapat mengenal hubungan antara dirinya dan dunia luar.

Batasi Waktu Bermain Gadget Anak

Membatasi waktu bermain gadget pada anak membantu untuk mengurangi dampak negatif dari bermain gadget seperti radiasi dan ketergantungan dalam bermain gadget seperti yang dijelaskan secara rinci di atas.

Cobalah untuk mengatur waktu bermain gadget sang anak, ini sulit, tapi harus! Demi kebaikan sang anak.

Banyak lagi hal positif yang dapat dilakukan oleh orangtua untuk mengatasi permasalahan ketergantungan anak pada gadget, di atas hanyalah beberapa contoh yang dapat kami rangkum.

Terkadang orangtua lainnya memiliki cara tersendiri untuk mengatur sang anak, asalkan dengan cara yang baik dan tidak menimbulkan efek yang buruk untuk sang anak.

tunggu sebentar...

POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi