Mengenal 3 Menteri Baru Pilihan Jokowi

Posciety.Com – Presiden Joko Widodo selaku bapak Presiden terpilih periode 2019-2024 baru saja mengumumkan susunan kabinet kerja Indonesia Maju periode 2 yang dipimpinnya selama 5 tahun kedepan.

Meskipun beberapa wajah dalam kabinet ini sudah tampak tak asing lagi, namun ada juga beberapa wajah baru yang menarik perhatian masyarakat. Mulai dari Prabowo Subianto, Dokter Terawan, bahkan hingga para pebisnis muda seperti Erick Thohir, Wishnutama, hingga Nadiem Makarim eks CEO Gojek Indonesia.

Masuknya nama-nama pebisnis muda dalam kementrian ini menimbulkan banyak spekulasi. Ada yang menganggap ini sebagai sebuah kemajuan dimana beberapa sektor dipimpin oleh jiwa muda yang masih memiliki semangat yang tinggi, dan tak sedikit pula yang menganggap masuknya para pebisnis ini dalam rangka mempunyai tujuan masing-masing.

Meski begitu, banak yang belum tahu siapa dan apa prestasi mereka sebelum akhirnya dipercaya memimpin kementrian oleh presiden Jokowi. Yuk, simak beberapa ulasan menarik mengenai profil ketiganya!

1. Profil Erick Thohir

gambar 1 - profil erick tohir
img: Jawa Pos

Dilansir dari laman Wikipedia, Erick Thohir, B.A., M.B.A. (lahir di Jakarta, 30 Mei 1970; umur 49 tahun) adalah Menteri Badan Usaha Milik Negara ke-9 Kabinet Indonesia Maju yang dilantik oleh Presiden Joko Widodo pada 23 Oktober 2019.

Sebelum menjadi Menteri, Erick Thohir merupakan seorang pengusaha asal Indonesia dan pendiri Mahaka Group yang merupakan perusahaan induk dari perusahaan yang memiliki fokus pada bisnis media dan entertainment.

Setelah meluncurkan stasiun televisi Jak tv untuk memperkuat positioning sebagai bisnis yang fokus pada masyarakat perkotaan pada tahun 2005, Mahaka memperkenalkan radio 98.7 Gen FM & 101 Jak FM serta penyertaan pada PT Radionet Cipta Karya (Prambors FM, Delta FM dan FeMale Radio).

Ia juga pendiri dari organisasi amal Darma Bakti Mahaka Foundation. Pada tahun 2008, bersama Anindya Bakrie mendirikan tvOne dan situs berita, Viva news. Pada tahun 2014 ia menjabat sebagai Direktur Utama Antv hingga sekarang.

Erick yang gemar olahraga bola basket pernah menjabat sebagai Ketua Umum Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PERBASI) periode 2006–2010 dan menjabat sebagai Presiden Asosiasi Bola Basket Asia Tenggara (SEABA) periode 2006 – sekarang.

Tahun 2012 ia dipercaya sebagai Komandan Kontingen Indonesia untuk Olimpiade di London. Ia menjadi orang Asia pertama yang pernah memiliki Tim bola basket NBA ketika ia membeli saham Philadelphia 76ers. Pada tahun 2012, Erick dan Levien menjadi pemilik saham mayoritas sebuah klub Major League Soccer, D.C. United.

Erick Thohir pernah menjabat sebagai ketua tim pemenangan Jokowi-Ma’ruf Amin setelah namanya diumumkan pada 7 September 2018.

2. Profil Nadiem Makarim

gambar 2 - nadiem makarim menteri
img: TribunNews

Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A. (lahir di Singapura, 4 Juli1984; umur 35 tahun) adalah seorang pengusahaIndonesia yang saat ini menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia pada Kabinet Indonesia Maju pemerintahan Presiden Joko Widodo-K.H Mar’uf Amin, yang dilantik pada 23 Oktober 2019. Dia merupakan pendiri Go-Jek, sebuah perusahaan transportasi dan penyedia jasa berbasis online yang beroperasi di Indonesia dan sejumlah negara Asia Tenggara seperti Singapura, Vietnam dan Thailand.

Putra dari pasangan Nono Anwar Makarim dan Atika Algadri ini menjalani proses pendidikan dasar hingga SLTA berpindah-pindah dari Jakarta ke Singapura. Sehabis menyelesaikan pendidikan SMA-nya di Singapura, pada tahun 2002 ia mengambil jurusan Hubungan Internasional di Brown University, Amerika Serikat.

Nadiem sempat mengikuti pertukaran pelajar di London School of Economics. Setelah memperoleh gelar sarjana pada tahun 2006, tiga tahun kemudian ia mengambil pasca-sarjana dan meraih gelar Master of Business Administration di Harvard Business School.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini memulai kariernya sebagai konsultan manajemen di McKinsey & Company. Setelah memperoleh gelar MBA, ia terjun sebagai pengusaha dengan mendirikan Zalora Indonesia. Di perusahaan tersebut ia juga menjabat sebagai Managing Editor.

Setelah keluar dari Zalora, ia kemudian menjabat sebagai Chief Innovation Officer (CIO) Kartuku, sebelum akhirnya fokus mengembangkan Go-Jek yang telah ia rintis sejak tahun 2011. Kendati demikian saat ini Ia telah melepas jabatannya sebagai CEO Gojek.

3. Profil Wishnutama

gambar 3 - profil wishnutama menteri
img: Kompas

Wishnutama Kusubandio (lahir di Jayapura, 4 Mei 1970; umur 49 tahun) adalah pengusaha Indonesia yang saat ini menjabat Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Dia merupakan salah satu pendiri NET Mediatama Televisi. Sebelumnya, ia adalah Direktur Utama Trans 7, Trans TV serta NET TV. dan juga Komisaris Utama NET.

Pria yang akrab disapa Tama ini menghabiskan masa SMA nya di Kooralbyn International School di Queensland Australia dan di International School of Singapore.

Menyelesaikan kuliah Liberal Arts di Mount Ida College Boston, Amerika Serikat, namun lebih banyak mendapatkan ilmu komunikasi dan pertelevisian pada saat dia kuliah di Emerson College, Boston. Ia memulai karier dari bawah sebagai Production Assistant di New England Cable News Amerika Serikat dan menjadi Assistant Director On Air Promotion di WHDH-TV, Boston.

Tama juga pernah mengenyam pendidikan di The Military College of Vermont, Norwich University.

Wah, ternyata meskipun usianya masih relatif muda, Bapak-bapak Menteri kita sama-sama mempunyai jejak prestasi yang tak diragukan lagi ya! Mari kita doakan semoga ditangan beliau-beliau ini bisa memberikan terobosan baru bagi kemajuan Indonesia dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan taraf perekonomian tentunya. Selamat Bekerja!

SUBSCRIBE
Subsribe sekarang dan dapatkan UPDATE terbaru melalui Email.
Berhenti Subscribe Kapanpun!
POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi