Mengenal Sosok Reza Arap “Weird Genius”

0

Awalnya, ia memiliki nama Muhammad Reza Oktovian. Namun, seiring berjalannya waktu dan dia menyadari kalau nama “Muhammad” menjadi beban dalam hidupnya, dia mengubah namanya menjadi Reza Oktovian.

Bagi anak muda zaman sekarang, apalagi anak TikTokers pasti pada tahu kan lagu “Lathi”? Ya, lagu yang dinyanyikan oleh Sara Fajira ini menjadi fenomenal di tahun 2020 kemarin. Tak hanya di Indonesia saja, lagu tersebut terkenal bahkan sampai mancanegara.

Lagu “Lathi” ini diciptakan oleh sebuah grup musik EDM dan synth- pop Indonesia yang bernama Weird Genius. Grup ini beranggotakan Reza Oktovian, Eka Gustiwana, dan Gerald Liu. Grup ini terbentuk sejak tahun 2016 dan merilis lagu pertama mereka pada tahun 2017 dengan judul DPS.

Selain lagunya yang fenomenal, salah satu personil dari grup musik tersebut pun turut menjadi sorotan publik. Dia adalah Reza Oktovian, mungkin kamu mengenalnya dengan sebutan Reza Arap.

Selain menjadi personil grup musik, Reza Arap juga menjadi salah satu Youtuber sukses di Indonesia. Berbeda dari yang lain, pria yang lebih akrab disapa Arap ini memilih game sebagai konten utama dalam Channel YouTube yang dimilikinya.

Tidak hanya seputar gaming, Arap juga sering mengunggah Vlog, video klip, film- film pendek, dsb. Dengan sikapnya yang gokil dan seru, tak heran jika Arap punya banyak teman / fans yang memuji dirinya.

Akan tetapi, di balik kesuksesannya tersebut, Reza Arap memiliki masa lalu yang pahit. Hal itu dia ungkapkan di Channel YouTube milik om Deddy Corbuzier. Dia secara terbuka mengisahkan masa lalunya, hubungan dia dengan ayahnya seperti apa, bahkan sampai-sampai dia mengungkapkan secara jelas kepada Deddy bahwa dia tidak beragama.

Lalu, seperti apakah sosok Reza Arap itu? Mengapa dia memilih untuk tidak beragama?

Siapa itu Reza Arap ?

Awalnya, ia memiliki nama Muhammad Reza Oktovian. Namun, seiring berjalannya waktu dan dia menyadari kalau nama “Muhammad” menjadi beban dalam hidupnya, dia mengubah namanya menjadi Reza Oktovian.

Di podcast nya om Deddy, dia berpendapat bahwa dia merasa kurang baik kalau dia menggunakan nama Muhammad, karena dia bertato, profesinya DJ, berandal, sehingga dia lebih memilih untuk menghilangkan nama tersebut dari namanya. Kini dia dikenal sebagai Reza Arap, serta dikenal juga dengan mononim YB (Your Bae).

Profesi Arap saat ini adalah menjadi seorang DJ, musisi, Youtuber, sutradara, selebriti internet, penyanyi, streamer, seniman, dan aktor berkebangsaan Indonesia. Ia merupakan anggota dari grup musik beraliran EDM dengan nama Weird Genius.

Arap lahir di Jakarta, 15 Oktober 1987. Tak lama setelah lahir ke dunia, orangtuanya bercerai. Dibesarkan oleh single parent, Arap pun menjalani kehidupan yang bahagia bersama sang ibu.

Sempat bertemu kembali dengan ayahnya di usianya yang ke-9 sebelum akhirnya meninggal dunia. Ibunya yang beragama Islam, bekerja sebagai guru dansa untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Saat duduk di bangku SMP, Arap mendadak terserang penyakit jantung, darah rendah, lambung bocor, dan demam berdarah. Gara-gara hal itu, ia bahkan sempat kehilangan nyawa hingga masuk ke dalam kamar jenazah di rumah sakit.

Namun ternyata, sebuah keajaiban muncul secara tiba-tiba. Arap yang tadinya sudah dingin dan kaku mendadak membuka matanya. Yang lebih ajaibnya lagi, setelah mati suri itu Arap benar-benar sembuh dari semua penyakitnya. Ia kembali bisa menikmati hidup dan tumbuh menjadi sosok yang benar-benar berbeda.

Ia pun akhirnya tinggal sendirian di jakarta dan bahkan sempat menjadi tukang jaga warnet. Berawal dari warnet itulah, Arap akhirnya diajak oleh salah satu temannya yang ternyata bernama Edho Zell untuk membuat channel YouTube. Perlahan tapi pasti, nama Reza Oktovian akhirnya dikenal netizen dan pada akhirnya dia membuat channel YouTube sendiri. Setiap video yang diunggahnya selalu laris ditonton banyak orang.

Ternyata Arap juga sempat merambah ke industri musik dan film loh! Cowok yang jago nge-rap dan dance ini sempat merilis lagu Stranger yang merupakan hasil kolaborasinya bersama Jovial da Lopez, Kyra Nayda, dan Eka Gustiwana. Hanya berselang 7 bulan setelah diunggah, klip Stranger sudah ditonton lebih dari 6,1 juta kali.

Di industri film, Arap juga sempat menjadi salah satu cast dalam film komedi romantis yang jadi bahan perbincangan hangat tahun lalu, MODUS. Menunjukkan kemampuan akting terbaiknya, Arap bergabung dengan Andovi da Lopez, Jovial da Lopez, Melayu Nicole Hall, Kemal Palevi, dan masih banyak lagi. Arap bahkan sempat merilis game-nya sendiri yang diberi nama Rapstronaut : Space Journey.

Apa Agama Reza Arap ?

Sebelumnya dia diketahui beragama Islam karena penyematan nama Muhammad di bagian depan namanya, sekalipun ia menempuh pendidikan di sekolah kristen. Yang berarti bahwa ia juga memelajari agama tersebut.

Pada bulan Juni 2019, ia mengaku sebagai penganut agama Budha, hingga akhirnya pada bulan Oktober 2019, di hadapan Deddy Corbuzier, ia mendeklarasikan diri sebagai seorang atheis.

Dia mengaku bahwa dia percaya adanya Tuhan, tapi dia tidak mengakui adanya surga dan neraka. Namun, setelah dia menjalin hubungan dengan Wendy Walters, dia akan kembali memelajari agama Budha yang pernah ia anut sebelumnya.

Artikel Lainnya
Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya