Mengenal Tab Group, Fitur Terbaru dari Google Chrome

Google sepertinya tidak akan pernah berhenti untuk berinovasi, kali ini lewat aplikasi penelusuran web, Google Chrome, Google mencoba membuat fitur baru. Fitur tersebut bernama “Tab Group”. Fitur ini sudah mulai diperkenalkan kepada publik pada tahun 2020 lalu.

Lalu apa sih fitur Tab Group itu? Fitur Tab Group adalah fitur terbaru yang diperkenalkan Google untuk pengguna Google Chrome, di dalam fitur ini, pengguna bisa mengelompokkan beberapa tab untuk disatukan ke dalam satu wadah. Tidak hanya satu Tab Group, pengguna bisa membuat beberapa Tab Group di Google Chrome.

Hal ini pastinya berguna bagi pengguna yang sering browsing dengan menggunakan banyak Tab, namun terkadang suka bingung dan pusing tab mana yang sejenis atau satu kategori. Nah buat kamu yang sering mengalami masalah tersebut, kamu wajib memakai fitur Tab Group ini di Google Chrome yang pastinya bisa mengatasi masalah tadi. Dengan memakai Tab Group kamu bisa mengelompokkan beberapa tab yang sejenis atau satu kelompok ke dalam satu wadah, agar kamu tidak harus membuka satu per satu tabnya dan menghafal tabnya.

Untuk semakin mempermudah kamu memakai fitur Tab Group ini, kamu juga bisa memberikan warna untuk setiap Tab Groupnya. Ada beberapa pilihan warna yang bisa kamu pilih, diantaranya adalah hitam, merah, biru, hijau, kuning, ungu, dan cyan.

Lalu bagaimana caranya untuk mengaktifkan fitur Tab Group ini di Laptop atau Komputer? Berikut kami berikan cara mengaktifkan fitur ini di Google Chrome.

  • Pertama-tama buka terlebih dahulu aplikasi Google Chrome kamu di Laptop atau Komputer.
  • Klik kanan tepat di bagian tabnya yang berada di atas, lalu pilih “ Add tab to new group”.
ADVERTISING
  • Lalu kamu bisa memberi nama dan warna pada Tab Group tersebut.
  • Untuk menambahkan tab lainnya ke dalam Tab Group yang sudah kamu beri nama dan warna, atau buat Tab Group baru, caranya tetap sama seperti langkah pertama dan kedua. Bedanya, jika kamu ingin menambahkan tab tersebut ke dalam Tab Group yang sudah dibuat, “pilih nama Tab Group Tersebut”, dan jika kamu ingin membuat Tab Group baru, pilih “ New group”.

Seperti yang sudah dikatakan tadi, Google tidak akan pernah berhenti untuk berinovasi. Di  kabarkan bahwa Google saat ini sedang membuat fitur baru lainnya, Google ingin menambahkan dukungan untuk kontrol layar sentuh pada browser Chrome. Dengan fitur ini memungkinkan pengguna laptop dalam mode tablet untuk menggeser tab.

Namun, fitur tersebut pertama-tama akan ditambahkan untuk pengguna Chromebook. Jika fitur tersebut berjalan lancar dan berhasil di Chromebook, Google akan menambahkan fitur tersebut untuk laptop lainnya selain Chromebook.

GoogleGoogle ChromeTab Group
Komentar (0)
Tambah Komentar