Mengeraskan Suara dan Mengecilkan Suara di Adobe Premiere

0

Mengedit video dengan aplikasi Adobe Premiere bisa merubah tampilan video menjadi lebih menarik, memotong bagian video yang tidak diinginkan, bahkan sampe mengatur volume suara atau audio pada video tersebut atau hanya pada audio saja. Terdapat salah satu fitur di…

Mengedit video dengan aplikasi Adobe Premiere bisa merubah tampilan video menjadi lebih menarik, memotong bagian video yang tidak diinginkan, bahkan sampe mengatur volume suara atau audio pada video tersebut atau hanya pada audio saja. Terdapat salah satu fitur di Adobe Premiere yang disebut Audio Level, ini fitur yang akan kita bahas pada artikel kali ini untuk membantu kamu mengeraskan suara dan mengecilkan suara.

Namun, fitur ini memiliki batas, artinya kamu tidak dapat benar-benar mengedit audio sampai sedemikian rupa seperti Adobe Audition, tapi setidaknya fitur ini dapat membantu kamu sedikit mengeraskan atau mengecilkan suara sesuai kebutuhan.

Mengeraskan Suara dan Mengecilkan Suara di Adobe Premiere

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengetahui bagaimana cara mengeraskan audio dan mengecilkan audio di Adobe Premiere.

  • Masukkan video dan audio atau hanya audio saja ke dalam timeline seperti biasa
  • Klik audio yang ada di timeline
  • Pada tab Effect Controls, klik tanda panah di bagian Volume untuk membuka isi di dalamnya
  • Klik tanda panah di bagian Level untuk membuka isi di dalamnya
volume level adobe premiere pro

Di dalam Level, terdapat sebuah bar yang bisa digeser ke kanan untuk mengeraskan suara dan digeser ke kiri untuk mengecilkan suara. Jika ingin mengeraskan atau mengecilkan suara audio secara keseluruhan, pastikan posisi timeline kamu berada di paling awal video kemudian atur level suara sesuai yang diharapkan, makan secara keseluruhan video (dari awal sampai akhir) akan memiliki level suara yang sama.

Tidak melihat tab Effect Controls pada aplikasi? Lakukan cara ini untuk menampilkan tab Effect Controls.

  • Klik menu Window pada menu bar di atas
  • Pilih Effect Controls, jika sudah terpilih atau aktif akan memilik itanda centang dan tab akan tampil pada aplikasi
  • Atau cara cepatnya kamu bisa lakukan dengan menekan SHIFT + 5 pada keyboard

Mengeraskan Suara dan Mengecilkan Suara Pada Waktu Tertentu

Jika ingin mengeraskan atau mengecilkan suara pada waktu tertentu, geser waktu putar audio sampai ke waktu yang kamu inginkan kemudian atur level volume seperti di atas. Setelah itu, lanjutkan sampai ke menit atau detik dimana kamu ingin level suara tersebut diterapkan, lalu tekan ikon keyframe pada Level.

keyframe audio adobe premiere

Lalu jalankan sedikit timeline dan geser bar untuk membuat keyframe baru dengan level volume berbeda dari keyframe sebelumnya.

key frame fade in out volume adobe premiere

Sekarang volume sudah kembali ke keyframe sebelumnya, contoh di atas menunjukkan bahwa volume awal terdengar normal, pada menit tertentu dengan durasi yang cukup singkat volume akan mengecil kemudian kembali mengeras atau kembali normal lagi.

Masih bingung? Yu, simak video tutorialnya disini.

Artikel Lainnya

Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya