Setiap Orang Memiliki Warna Urine yang Berbeda-Beda, Tergantung Penyakit yang Sedang Dideritanya. Apa Warna Urine-mu Hari Ini ?

Jika urine bercampur dengan busa terus-menerus saat mengeluarkan urine bisa jadi urine Anda mengandung protein di dalamnya. Jika dibiarkan saja dalam jangka waktu yang panjang bisa menyebabkan kerusakan pada ginjal Anda...


Seperti yang kita tahu hampir sebagian besar tubuh kita itu terdiri air. Tubuh kita dapat mengandalikan keseimbangan air di dalam tubuh kita. Pernahkah Anda merasa bingung ketika warna urine Anda berbeda-beda warna setiap harinya? Setiap warna urine mempunyai arti masing masing bagi kesehatan Anda bahkan bisa mendeteksi beberapa penyakit. Selain mendeteksi penyakit, urine juga dapat mengetahui tingkat dehidrasi manusia. Walaupun dehidrasi bisa dilihat dari rasa haus manusia, tetapi urine juga dapat menjadi alat ukur tingkat dehidrasi di dalam tubuh kita. Beberapa warna urine yang biasanya menjadi patokan kesehatan seseorang:

  • Warna jernih/ Bening tidak berwarna

Jenis warna urine ini menandakan bahwa seseorang asupan air telah tercukupi, tidak ada tanda dehidrasi, dan fungsi ginjal berfungsi dengan baik.

  • Warna Kuning terang

Warna urine kuning terang adalah warna urine normal. Kondisi ini menandakan bahwa tubuh seseorang cukup terhidrasi.

  • Warna Kuning Tua

Urine kuning tua masih menandakan warna normal, tetapi perlu diawasi karna warna kuning tua ini menandakan asupan air Anda yang diambang batas terhidrasi.

  • Warna kecoklatan seperti madu

Warna coklat seperti madu ini menandakan anda mengalami dehidrasi. Dengan minum air putih yang cukup untuk mengatasinya.

  • Warna Coklat Pekat

Warna coklat pekat memiliki arti yang tidak cukup baik bagi kesehatan, karena bisa jadi anda mengalami gangguan pada liver atau dehidrasi. Konsultasikan kepada dokter bila warna urine tidak kunjung berubah dan bercampur dengan gumpalan darah, bisa jadi tanda kondisi serius seperti tumor.

  • ¬†Warna Orange

Warna orange pada urine bisa menandakan Anda dehidrasi dan memiliki gangguan pada liver atau saluran empedu Anda. Tetapi beberapa obat-obatan anti inflamasi, obat kemoterapi dan obat pencahar juga bisa menyebabkan urine berwarna orange. Vitamin B2 dan wortel pun bisa menyebabkan urine berwarna orange.

  • Urine Berbusa

Jika urine bercampur dengan busa terus-menerus saat mengeluarkan urine bisa jadi urine Anda mengandung protein di dalamnya. Jika dibiarkan saja dalam jangka waktu yang panjang bisa menyebabkan kerusakan pada ginjal Anda.

  • Warna hijau atau biru

Warna urine hijau atau biru ini bisa disebabkan oleh konsumsi obat-obatan seperti amitriptilin atau propofol dan konsumsi asparagus. Waspadai jika Anda tidak mengkonsumsi obat-obatan atau asparagus, bisa jadi Anda mengalami infeksi saluran kemih yang disebabkan oleh bakteri Pseudomonas yang bisa menyebabkan batu ginjal. Selalu penuhi kebutuhan cairan sehari-hari Anda!


Jangan Lupa Share !!!

129
16 shares, 129 points

Apa Reaksimu ?

Bingung Bingung
5
Bingung
Kesal Kesal
3
Kesal
OMG OMG
5
OMG
Takut Takut
4
Takut
Keren Keren
2
Keren
Sedih Sedih
7
Sedih
Posciety Health

Newbie

Official Channel Posciety.Com yang menyuguhkan informasi seputar dunia kesehatan. Dikelola oleh tim Posciety Health.

0 Komentar

Pilih Format
Artikel
Default, Membuat Artikel/Cerita
List
Listicle, Misalnya: 3 Hal yang Wajib Dilakukan Saat...
Kuis Kepribadian
Membuat kuis Tentang Kepribadian
Poll
Vote untuk Membuat Keputusan atau Mencari Saran
Meme
Membuat Meme dari Gambar Normal yang Kamu Miliki