3 Cara Mengganti ID User WordPress

Postingan kali ini akan menjelaskan bagaimana cara mengganti ID pengguna WordPress yang terdaftar di situs WordPress yang kalian gunakan, banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengganti ID akun ini. Mari simak penjelasannya dibawah ini dan pilih cara mana yang lebih disukai.

Mengganti ID Akun WordPress

Buat Akun Baru

Cara paling mudah dilakukan yaitu membuat akun baru, seperti yang kita ketahui ID pengguna WordPress itu dibuat berurutan (auto increment). Untuk kalian yang terbiasa menggunakan PHP dan database pasti tau apa yang saya maksud.

Silahkan buat akun baru kemudian ubah menjadi Administrator (jika ingin dijadikan Administrator), kemudian masuk dengan akun tersebut dan hapus akun Administrator yang lama yang tidak ingin digunakan. Pastikan kalian adalah pemilik dari email yang didaftarkan.

Jika ingin menggunakan email yang sebelumnya (yang digunakan Administrator sebelumnya), silahkan hapus akun Administrator yang lama tersebut kemudian beralih ke akun Administrator yang baru dan ganti email nya dengan email yang dimaksud. Selesai ! Cara ini tidak hanya untuk administrator, tapi berlaku juga untuk semua peran.

Menggunakan Plugin (Custom)

Jika tidak ingin repot-repot, bisa menggunakan plugin User ID Changer. Silahkan download, install dan aktifkan plugin, masuk ke menu User ID Changer didalam menu Pengguna. Pada bagian Edit Which User ID ? pilih username di menu tarik-turun yang ingin di edit ID nya kemudian masukkan ID (berupa angka) pada kolom yang disediakan kemudian klik tombol Save Changes.

Silahkan lihat hasilnya di bagian Result, apakah sudah sesuai. Dengan cara ini juga dapat membuat ID user WordPress kustom sesuai dengan ID yang di inginkan. Jika tidak ingin menggunakan plugin ini, bisa menggunakan plugin lain silahkan cari di direktori plugin WordPress.

Catatan: Compatibility plugin dan situs WordPress tergantung pada penggunaan dan status situs WordPress itu sendiri.

Mengganti di Database phpMyAdmin (Custom, Lanjutan)

Lakukan cara ini jika ingin mengganti ID user WordPress dengan ID kustom (membuat / menentukan sendiri berapa ID akun tersebut), tapi cara ini memerlukan keberanian untuk mengakses database phpMyAdmin. Jika ini pertama kalinya kalian mengakses phpMyAdmin, silahkan backup terlebih dahulu situs WordPress nya.

Tidak tau cara backup WordPress ? Lihat disini cara backup WordPress di Softaculous.

Pertama, silahkan masuk ke cPanel domain situs WordPress bersangkutan dan disarankan saat ini sedang tidak login ke dashboard WordPress bersangkutan terutama untuk akun yang ingin diubah ID nya untuk jaga-jaga supaya tidak terjadi error.

  • Pilih phpMyAdmin di tab Databases cPanel
  • Pada sebelah kiri halaman phpMyAdmin silahkan pilih database situs WordPress yang bersangkutan

Tidak tau apa nama database situs WordPress nya ? Silahkan masuk ke halaman Softaculous, pilih WordPress -> klik Edit Details pada situs WordPress bersangkutan. Akan menampilkan rincian dari situs WordPress tersebut termasuk nama database, lihat pada kolom Database Name itulah nama database yang harus dipilih di phpMyAdmin tadi.

  • Cari nama table tableprefix_users, table prefix ini secara defaultnya adalah wp maka seharusnya wp_users. Tapi ini tergantung pengaturan awal ketika install WordPress, jika kalian merubah table prefix nya maka cari saja namatableprefix_users.
  • Akan menampilkan semua pengguna yang ada di situs WordPress bersangkutan, silahkan edit bagian ID dengan 2x klik pada ID yang ingin diganti kemudian masukkan ID yang diinginkan lalu tekan Enter (lihat gambar)

Secara otomatis akan tersimpan jika melakukan pengedit seperti itu, atau bisa juga klik tombol Ubah pada akun yang ingin diubah ID nya kemudian ganti ID sesuai dengan yang diinginkan kemudian klik tombol Save. Selesai !

tunggu sebentar...
POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi