MENPORA Naikkan Bonus Atlet Indonesia Untuk Sea Games 2019

0

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) memastikan besaran bonus peraih medali di SEA Games 2019 Filipina mengalami kenaikan.

Sesmenpora Gatot S. Dewa Broto mengatakan kenaikan bonus itu lebih besar dari empat gelaran SEA Games sebelumnya atau delapan tahun lalu. Kenaikan itu disepakati lantaran belum pernah ada kenaikan sejak SEA Games digelar di Jakarta pada 2011.

“Yang jelas jumlahnya beda dari empat SEA Games terakhir. Sekarang besarannya beda, lebih besar. Saya lupa nominalnya berapa, yang jelas naik,” kata Gatot di Kantor Kemenpora dilansir dari CNNIndonesia, Rabu (11/12).

Di empat gelaran SEA Games sebelumnya pemerintah memberikan bonus apresiasi sebesar Rp200 juta untuk peraih medali emas, Rp100 juta untuk perak dan Rp60 juta bagi para peraih medali perunggu kategori individu.

Di kategori ganda, emas dihargai Rp160 juta, Rp80 juta perak dan Rp48 juta perunggu. Di kategori beregu masing-masing peraih medali emas mendapatkan bonus Rp100 juta, perak Rp50 juta dan perunggu Rp30 juta.

Gatot mengatakan ketersediaan anggaran bonus di Kemenpora awalnya hanya ada sekitar Rp55 miliar untuk pencapaian 40-50 medali emas. Namun, lonjakan perolehan medali Indonesia di SEA Games 2019 membuat Kemenpora meminta bantuan kepada Kementerian Keuangan.

“Peningkatan jumlah medali ini kami syukuri. Penambahan anggaran kekurangannya bukan menggunakan anggaran dari Kemenpora, kami minta ke Kementerian Keuangan melalui BA BUN [Bagian Anggaran Bendahara Umum Negara]. Ini sah dan legal karena kami juga pernah melakukan ini di Asian Games dan Asian Para Games lalu,” ucap Gatot.

Para atlet dan pelatih peraih medali diimbau untuk memenuhi kelengkapan data agar hak bonus mereka bisa cair besok, Kamis (12/12). Data-data yang dimaksud yakni data pribadi NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) dan nomor rekening bank yang terdaftar.

“Ingat pajak bonus ini sudah ditanggung negara. Tapi kadang masih sering terjadi permasalahan saat pencairan karena misal rekeningnya sudah tidak valid lagi, ada perbedaan nama, hal-hal kecil seperti itu, sehingga proses pencairan bisa terhambat,” ujar Gatot.

Pemberian bonus sekaligus pencairan dipastikan Gatot bakal berlangsung pada Kamis (12/12) malam. Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali bakal menyerahkan bonus secara langsung kepada para atlet dan pelatih berprestasi.

SUBSCRIBE
Subscribe sekarang dan dapatkan update terbaru melalui email
aman dari spam
Pos Lainnya

Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya