Menu MPASI yang Cocok untuk Bayi Usia 6 Bulan ke Atas

0

Makanan Pendamping ASI (MPASI) biasanya diberikan ke bayi saat usianya telah menginjak 6 bulan atau lebih. Hal ini diperlukan untuk mendukung tumbuh kembang si Kecil agar lebih optimal. Ketika si Kecil sudah siap mendapatkan MPASI, maka dia akan menunjukkan beberapa tanda-tanda  fisik seperti kebiasaan menjulurkan lidah (Reflex ekstrusi) yang sudah mulai berkurang, sudah bisa menahan kepala tetap tegak, mampu duduk hanya dengan sedikit atau tanpa bantuan sama sekali, serta dapat menjaga keseimbangan badan saat meraih benda di sekitarnya.

Selain itu, si Kecil juga memperlihatkan tanda-tanda kesiapan psikologis berupa perilaku yang lebih mandiri dan eksploratif, keinginan makan dengan cara membuka mulutnya, rasa lapar yang ditunjukkan dengan memajukan tubuhnya ke arah makanan, dan menarik tubuh menjauh jika sudah kenyang.

Apabila tanda-tanda tersebut sudah muncul, Ibu sudah bisa memberikannya beragam makanan atau menu sayur untuk anak. Yang jelas, pastikan Ibu memilih resep MPASI yang tepat untuk si Kecil. Nah moms berikut menu MPASI untuk si kecil sesuai bulannya.

ads by posciety

1. Puree Pisang dan Alpukat

Buah-buahan seperti pisang, pepaya dan alpukat bisa dipilih untuk mengenalkan MPASI hari pertama si kecil. Untuk mengenalkannya di hari-hari awal, kamu bisa memilih puree buah.

Buah pisang mengandung serat, karbohidrat dan juga kandungan mineral yang baik untuk tubuh. Sedangkan buah alpukat mengandung vitamin E. Ini cara membuatnya:

Bahan :
1 buah pisang ambon matang1/2 buah alpukatASI secukupnya
Cara Membuat :
Kupas buah pisang dan keruk bagian dalam alpukat.Blender atau haluskan masing-masing buah.Tambahkan ASI dan campur rata.Saring dan sajikan untuk si kecil.

2. Puree Kabocha, Wortel, dan Bayam

Untuk pengenalan awal kamu juga bisa pilih sayur-sayuran. Salah satunya adalah kabocha (labu parang) yang mengandung vitamin A, Wortel yang mengandung betakaroten dan vitamin A serta bayam yang mengandung zat besi.

Bahan :
10 lembar daun bayam25 gram kabocha10 gram wortel
Cara Membuat :
Kukus kabocha, wortel dan bayam hingga empuk.Haluskan ketiga bahan ini dengan blender atau alat tumbuk.Saring dan sajikan.

3. Puree Jagung Manis, Tahu dan Telur


Jagung manis bisa jadi sumber karbohidrat sekaligus serat. Sedangkan telur jadi sumber protein hewani dan telur protein nabati. Ketiganya bisa jadi makanan enak untuk si kecil. Berikut cara membuat menu MPASI 6 bulan:

Bahan :
30 gr jagung manis pipil15 gram tahu putih25 gram telur1 siung bawang putih
Cara Membuat :
Rebus telur sampai matang, kupas dan sisihkan (ambil 25 gram)Kukus jagung manis pipil dan juga tahu.Tumis bawang putih dan campurkan jagung manis, tahu dan telurBlender hingga halus dan saring.Sajikan.

4. Bubur Kabocha, Bayam, Edamame, Kentang dan Ayam Kampung

Jika di hari pertama si kecil sudah berlatih menikmati resep menu tunggal MPASI 6 bulan. Kini saatnya bunda beralih ke resep menu MPASI 6 bulan 4 bintang.

Karbohidrat bisa didapatkan dari kentang, sedangkan protein hewani dari ayam kampung, protein nabati dari edamame dan sayuran dari kabocha serta bayam.

Bahan :
15 gram ayam kampung yang sudah dikukus.10 gram edmame15 gram kabocha15 gram kentang10 lembar daun bayam1 siung bawang putih1 buah bawang merahSedikit unsalted butter
Cara Membuat :
Tumis bawang putih dan bawang merah.Tambahkan air air dan masukkan daun bayam, kabocha, kentang dan edamame hingga empuk.Haluskan semua bahan dengan blender.Saring dan sajikan dengan tambahan unsalted butter.

5. Bubur, Hati Ayam, Brokoli dan Edamame

Selain dicampur, kamu juga bisa membuat makanan si kecil dengan cara terpisah. Penasaran bagaimana cara buatnya?

Bahan :
3 sdm nasi putih1 potong hati ayam kukus15 gram brokoli10 gram edamame1 siung bawang putih
Cara Membuat :
Campurkan dengan 3 sdm nasi putih dan tambahkan air secukupnya. Masak hingga teksturnya menjadi bubur dan pisahkan.Kukus edamame dan brokoli sampai empuk.Tumis bawang putih dan masukkan potongan hati ayam hingga matang.Blender semua bahan kecuali bubur nasi hingga lembut dan saring.Sajikan lengkap bubur nasi yang sudah disaring dengan hati dan sayuran.

5. Puree Salmon dan Oat

Ikan salmon bisa diganti dengan ikan tuna ataupun kakap merah fillet. Agar kandungan gizinya lebih komplet, bisa juga ditambahkan dengan kabocha.

Bahan :
2 sdm oat2 potong daging ikan salmonAir matang secukupnya1 siung bawang putihseledri secukupnya15 gr Kabocha
Cara Membuat :
Cincang daging ikan salmon.Kukus salmon bersama dengan bawang putih geprek dan seledri hingga berubah warna.Kukus kabocha hingga empuk.Masak oat dengan sedikit air hingga matang.Blender salmon, oat dan kabocha hingga lunak dan saring.Sajikan.

6. Kentang, Daging Sapi, Wortel dan Tomat

Bahan :
25 gram kentang potong dadu15 gram daging sapi cincang15 gram wortel10 gram tomat1 siung bawang putih1 buah bawang merah10 gram keju
Cara Membuat :
Kukus kentang, daging sapi, wortel dan tomat dengan bawang putih geprek sampai matang.Tambahkan parutan keju dan haluskan dengan blender dan saring.Sajikan.

Mudahkan? Menu MPASI ini mudah mudahan bisa menambah ide kreatif Bunda saat memasak di rumah untuk si Kecil. Semangat Bunda untuk si Kecil

Artikel Lainnya
Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya