Messi Raih Ballon d’Or 2019, Itukah Alasannya Ronaldo Tidak Hadir?

0

Di usia yang sudah menginjak 32 tahun, Messi sadar bahwa dalam hitungan tahun ia akan segera gantung sepatu. Oleh sebab itu, ia amat…

Dikutip dari akun Twitter #Ballondor, Lionel Messi meraih penghargaan Ballon d’Or 2019. Ini jadi trofi Ballon d’Or keenam untuk bintang Barcelona itu.

Messi dinobatkan sebagai pemenang Ballon d’Or 2019 dalam seremoni yang digelar di Chatelet Theatre, Paris, Selasa (3/12/2019) dini hari WIB. Ia menerima trofi tersebut dari pemenang tahun lalu, Luka Modric.

Messi finis pertama di daftar peringkat Ballon d’Or 2019 di depan Virgil van Dijk yang ada di urutan kedua. Sementara Cristiano Ronaldo menempati posisi ketiga, disusul oleh Sadio Mane.

Di sepanjang musim 2018/2019, Messi mencetak 51 gol di semua kompetisi dan mengantar Barcelona menjuarai Liga Spanyol. Sementara musim ini, pemain berusia 32 tahun itu sudah bikin 11 gol di semua kompetisi.

Ini jadi keenam kalinya Messi memenangi Ballon d’Or. Sebelumnya, pesepakbola asal Argentina itu meraihnya pada 2009, 2010, 2011, 2012, dan 2015.

Ronaldo Tidak Hadir ?

Cristiano Ronaldo absen di seremoni Ballon d’Or 2019. Pemain Juventus itu memilih untuk menghadiri acara penghargaan lain di Italia.

Ronaldo jadi salah satu kandidat peraih Ballon d’Or 2019. Namun pemain asal Portugal itu tidak datang dalam seremoni yang digelar di Chatelet Theatre, Paris, Senin (2/12/2019) malam waktu setempat.

gambar 1 - piala ballon d or 2019
img: KapanLagi

Ronaldo sendiri finis ketiga di Ballon d’Or 2019. Lionel Messi keluar sebagai pemenang dalam penghargaan ini, mengungguli Virgil van Dijk yang jadi runner-up.

Ini jadi kali kedua secara beruntun Ronaldo absen di seremoni Ballon d’Or. Tahun lalu, saat finis sebagai runner-up di belakang Luka Modric, Ronaldo juga absen.

Dilansir dari laman Football Italia, Ronaldo memilih untuk menghadiri Gran Gala del Calcio 2019 di Milan yang digelar di saat hampir bersamaan. Itu adalah acara penghargaan untuk pesepakbola terbaik di Liga Italia.

Dalam acara tersebut, Ronaldo dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Serie A 2018/2019. Dia memang berperan besar dalam membantu Juventus memenangi scudetto musim lalu dengan jadi top skorer Bianconeri di Liga Italia dengan total 21 gol.

“Saya akan mencoba bicara dalam bahasa Italia. Saya bangga dianggap sebagai striker terbaik di Italia”, ujar Ronaldo seperti dilansir Football Italia.

“Saya berterima kasih kepada teman-teman setim, para pemain yang memilih saya. Setelah dua tahun di Italia, saya bisa bilang kalau ini adalah liga yang sangat sulit”.

“Saya berterima kasih kepada semua yang memilih saya dan semoga tahun depan terulang lagi,” katanya.

Messi Peraih Ballon d’Or Terbanyak

gambar 2 - messi menang ballon d or
img: BolaSport

Kesuksesan Messi mendapatkan penghargaan Ballon d’Or tahun ini membuatnya menjadi pemain yang mengoleksi bola emas terbanyak, yakni enam kali, satu trofi di atas Ronaldo. Sebelumnya, ia memenangi penghargaan ini di tahun 2009, 2010, 2011, 2012, dan 2015.

Di usia yang sudah menginjak 32 tahun, Messi sadar bahwa dalam hitungan tahun ia akan segera gantung sepatu. Oleh sebab itu, ia amat menikmati kemenangannya di tahun ini. Bahkan di dalam pidatonya, ia sedikit bernostalgia.

“Saya ingat saat mendapat Ballon d’Or pertama, saya datang ke Paris di usia 22 tahun bersama tiga saudara saya. Itu sesuatu yang luar biasa”, ujar Messi seusai menerima penghargaan, seperti dikutip Marca.

“Sekarang, sepuluh tahun kemudian, saya berada di masa yang berbeda. Sebuah masa yang istimewa dalam kehidupan saya, bersama istri dan tiga anak saya, yang datang menemani saya bersama saudara saya dan juga keponakan saya”.

“Seperti yang istri saya katakan, selama ini saya tak pernah berhenti bermimpi, selalu ingin berkembang, terus memperbaiki diri setiap hari dan tentunya sambil menikmati bermain sepakbola”.

“Saya bersyukur bisa melakukan apa yang saya cintai sejak masih kecil, dan dengan izin Tuhan, saya masih punya waktu beberapa tahun lagi. Saya sadar umur saya saat ini, dan momen-momen seperti ini semakin bisa dinikmati, sebab waktu pensiun saya kian dekat dan tentu akan semakin sulit mengulanginya”.

“Walaupun saya masih punya beberapa tahun lagi, saat ini rasanya waktu kian berlalu dan semua terjadi sangat cepat. Saya berharap bisa terus menikmati karir sepakbola, keluarga saya, rivalitas di lapangan, dan kehidupan yang saya jalani ini”, sambung penyerang asal Argentina itu.

Siapa Saja Peraih Ballon d’Or dalam 12 Tahun Terakhir ?

Berikut para peraih Ballon d’Or 12 tahun terakhir :

  1. 2008 Cristiano Ronaldo
  2. 2009 Lionel Messi
  3. 2010 Lionel Messi
  4. 2011 Lionel Messi
  5. 2012 Lionel Messi
  6. 2013 Cristiano Ronaldo
  7. 2014 Cristiano Ronaldo
  8. 2015 Lionel Messi
  9. 2016 Cristiano Ronaldo
  10. 2017 Cristiano Ronaldo
  11. 2018 Luca Modric
  12. 2019 Lionel Messi
Artikel Lainnya

Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya