Insert Data Di Table Database PhpMyAdmin – XAMPP

Cara Manual Masukkan Data ke Database

Terkadang, setelah memasukkan data di table database masih ada yang error atau tidak muncul. Bisa saja itu disebabkan karena type kolom dan isi kolomnya berbeda type. Kali ini saya bantu bagaimana cara insert / memasukkan data di database PhpMyAdmin pada XAMPP Localhost.

Klik database yang sudah dibuat di tutorial sebelumnya “Cara Membuat Dasar Database Di PhpMyAdmin – XAMPP” waktu itu saya kasih namanya database_tutorial. Nah, didalam database itu sudah ada juga table yang pernah kita buat sebelumnya “Cara Membuat Table Pada Database PhpMyAdmin – XAMPP” waktu itu saya baru bikin 2table saja: murid dan jurusan, mungkin kalian sudah bikin banyak table.

Sekarang kita akan isi dulu table jurusan, klik table jurusan dan pilih Insert di tab.

Mulailah mengisi bagian id dan nama_jurusan. kalo masih ingat, id ini kita set sebagai Auto Increment betul ? Jadi walaupun kalian tidak isi, dia akan otomatis mengisi mulai dari angka1,2,3 dan seterusnya walaupun sudah ada yang dihapus tetap akan melanjutkan angka berikutnya. Coba sekarang isi sesuai keperluan. Disini saya contohkan nama_jurusan nya diisi dengan Sistem Informasi. Kemudian klik tombol GO! dibagian bawah kanan.

Nah, sekarang kita lihat hasil yang tadi sudah dibuat. Setelah klik GO tadi, klik Browse pada tab atas dan akan muncul hasilnya. Sekarang, kalian bisa lakukan langkah yang tadi sampai jumlah jurusan yang dibutuhkan, misalnya ada 7 / 8 jurusan.

Sekarang kita isi bagian murid, klik seperti langkah awal waktu Insert jurusan. (lihat gambar)

Pada bagian id, sama seperti yang kita bahas diatas sudah di set sebagai Auto Increment. Jadi walaupun tidak diisi dan klik GO! tetap akan menyusun angka 1,2,3,4 dan seterusnya. Pada bagian id_jurusan itu artinya id nya si jurusan yang tadi kita isi pada table jurusan.

Tadi kan sudah buat nama_jurusan Sistem Informasi dengan id nya 1. Nah kalo pada murid ini id_jurusan nya di set 1 artinya si murid ini termasuk dalam kategori jurusan Sistem Informasi. Jadi gini, misalnya pada jurusan sudah kalian buat 5 kategori jurusan dari id 1 sampai 5. Pada id no 3 adalah jurusan Teknik Sipil, maka ketika pada table murid ini di isi id_jurusan nya 3 artinya si murid ini masuk ke kategori jurusan Teknik Sipil. Begitupun dengan id_jurusan lainnya.

Kemudian pada nama, fungsinya saya set untuk menampilkan nama murid. Pada bio ini berupa biografi atau catatan singkat dari si nama murid tadi. Pada foto harus benar cara memasukkannya supaya tidak error. Misalnya kalian punya file dengan nama untitled-1, maka kalian harus masukkan nama foto tersebut dengan benar jangan sampai salah dan ditambah jenis fotonya misalnya jpg/png/gif, dll. contoh: untitled-1.jpg. Pada tanggal, bisa set tanggal sekarang / sebelum / sesudah. Selain itu, bisa juga atur waktu nya 24 jam.

Masih bingung ? Lihat : Video Tutorial Cara Insert Data Manual ke Database.

Kalo banyak waktu dan sempat nanti dibuatkan tutorial selanjutnya menerapkan database ini ke coding PHP dan sistem login, dll. ikuti aja terus tutorial saya disini.

Selamat mencoba !

tunggu sebentar...

POS Lainnya:

1
Tinggalkan Komentar

avatar
Jos Sirait
Visitor
Jos Sirait

artikel dan video tutorialnya yg sdh saya baca dan tonton kereen semuaaaa !!!
kapan2 saya request video tutorial sama Oom Rio ya 😀

thanks Oom Rio
be the best and always be \m/

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi