Mudah & Praktis, Inilah Cara Membuat Akun Debit Jenius

0

Kartu debit Jenius adalah salah satu pilihan yang bisa kamu gunakan untuk melakukan pembayaran secara online dan offline. Memiliki label Visa, kartu Jenius ini bisa kamu gunakan untuk melakukan pembayaran menggunakan mata uang Rupiah maupun asing.

Aplikasi Jenius merupakan aplikasi perbankan digital yang diluncurkan pada tahun 2016 oleh PT. Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk (BTPN). Meski tergolong baru, aplikasi debit Jenius ini bisa memikat hati masyarakat Indonesia, karena mudah cara mendaftarnya dan memiliki multi fungsi. Dengan mempunyai akun debit Jenius, pengguna bisa melakukan transaksi perbankan dengan sangat mudah melalui handphone.

Kelebihan menggunakan aplikasi kartu debit Jenius ini adalah kamu bisa melakukan segala transaksi cukup lewat handphone saja, bahkan untuk mendaftar dan membuat akunnya pun cukup lewat handphone, tidak seperti kartu debit bank lain yang mengharuskan kamu untuk datang ke kantor cabang dari bank tersebut untuk mendaftar dan membuat akun.

BTPN sepertinya memang mengincar pasar millennial, sebab untuk membuat akun Jenius ini, kamu tidak akan kenakan saldo minimum, tidak seperti kartu debit lainnya yang biasanya ketika membuat akun ataupun rekening harus mengisi saldo awal minimal 50.000, di Jenius kamu bebas ingin mengisi saldo awal.

Lalu apakah aplikasi Jenius ini aman? Tenang karena Jenius adalah produk resmi dari BTPN yang secara resmi sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan), dan dijamin oleh LPS (Lembaga Penjamin Simpanan), sehingga keamanannya pasti terjamin.

Manfaat Kartu Debit Jenius

Ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika menggunakan aplikasi kartu debit Jenius ini, diantaranya

1. Dapat digunakan sebagai media investasi, seperti Flexi Saver, Dream Saver, dan Maxi Saver

2. Top up saldo dompet elektronik lebih mudah, seperti GoPay, Ovo, LinkAja, Dana dan M-Tix

3. Kirim uang dengan mudah ke sesama akun Jenius dan ke bank lain

4. Transaksi dengan mata uang asing, seperti United States Dollar (USD), Singapore Dollar (SGD), Japanese Yen (JPY)

5. Gratis tarik tunai di ATM Prima atau Bersama.

Cara Membuat Akun Jenius

Lalu bagaimana cara membuat akun Jenius lewat handphone? Untuk membuat akun Jenius ini akan dibagi menjadi 3 tahap yakni, tahap registrasi, tahap aktivasi akun, dan tahap menabung.

Registrasi

Berikut kami berikan langkah-langkah registrasi akun di aplikasi Jenius, diantaranya

1. Siapkan Dokumen

Dokumen yang harus kamu persiapkan adalah e-KTP untuk keperluan data diri.

2. Install terlebih dahulu aplikasi Jenius di Google Play Store atau App Store

3. Setelah terinstall, buka aplikasi Jenius

4. Isikan nomor handphone dan alamat e-mail kamu yang masih aktif

5. Selanjutnya kamu akan diminta untuk foto selfie bersama e-KTP kamu, pastikan wajah kamu dan tulisan e-KTPnya terlihat jelas

6. Selanjutnya kamu akan diminta untuk menentukan nama untuk $Cashtag. $Cashtag ini merupakan identitas baru untuk nomor rekening kamu. Cashtag ini berfungsi juga untuk mengirim dan menerima uang dengan cepat

7. Tulislah nama lengkap kamu untuk dicetak di kartu debit Jenius

8. Selanjutnya kamu akan diminta untuk menentukan password untuk aplikasi Jenius kamu. Password yang valid memiliki minimal 10 karakter terdiri dari kombinasi huruf kecil, huruf kapital, dan angka.

9. Lalu kamu juga akan diminta untuk menentukan pin yang akan digunakan untuk masuk ke aplikasi Jenius kamu. Pin yang valid memiliki 6 digit angka.

Aktivasi Akun Jenius

Setelah kamu menyelesaikan registrasi di aplikasi Jenius, maka tahap selanjutnya adalah aktivasi akun Jenius kamu. Terdapat dua cara untuk aktivasi akun Jenius kamu, yakni

  • Video call dengan crew Jenius. Caranya adalah buka aplikasi Jenius kemudian pilih menu video call dengan crew Jenius. Pilihan aktifasi ini membutuhkan koneksi internet yang stabil. Untuk crew yang bertugas akan tersedia setiap hari dari pukul 08.00 WIB sampai pukul 21.30 WIB. Pada saat video call, crew Jenius akan meminta kamu menunjukan e-KTP kamu untuk validasi data.
  • Cara kedua jika kamu tidak ingin menggunakan handphone, kamu bisa datang ke Jenius Live, yaitu lokasi Jenius yang terdekat di area kamu. Untuk mencari tahu lokasi Jenius terdekat, kamu bisa mengeceknya di laman resmi Jenius. Alternatif lainnya kamu juga bisa mengaktifasinya melalu kantor cabang BPTN Sinaya terdekat.

Mulai Menabung

Setelah akun kamu sudah diaktifkan oleh pihak Jenius, kamu akan diminta untuk menabung. Namun, seperti yang dijelaskan tadi, kamu bebas memilih untuk menabung berapa pun untuk saldo awal kamu, tidak ada ketentuan minimal besarnya saldo awal.

Dan selamat, kamu kini sudah bisa menggunakan kartu debit Jenius kamu untuk keperluan transaksi menggunakan mata uang Rupiah maupun asing. Untuk kamu yang melakukan aktivasi lewat video call, untuk sementara kamu bisa menggunakan terlebih dahulu kartu elektronik debit Jenius di aplikasi Jenius di handphone kamu selagi menunggu kartu fisik debit Jenius yang akan dikirimkan ke alamat rumah kamu.

Artikel Lainnya
Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya