Muncul 500 Internal Server Error, Kenapa ?

500 Internal Server Error artinya ada yang tidak beres dengan situs web tersebut, kenapa saya mendapatkan pesan ini ? Apa artinya ? Ini artinya situs web tersebut sedang mengalami masalah pada server-nya tapi server tersebut tidak dapat menjelaskan lebih rinci lagi atas apa yang sedang terjadi. Halaman 500 error ini akan tampil di OS dan browser mana saja jika memang server sedang mengalami masalah, pesan error ini akan muncul di tab halaman situs yang bersangkutan.

Tidak perlu khawatir, error 500 ini bukan disebabkan oleh perangkat yang kamu gunakan atau pun jaringan koneksi yang terhubung tapi ini murni kesalahan dari pihak pemilik website-nya. Apakah masalah seperti ini bisa diatasi ?

Mengatasi 500 Internal Server Error

Walaupun ini merupakan kesalahan dari server, tapi masalah ini bisa saja merupakan masalah yang sementara (temporary). Mungkin beberapa cara dibawah ini bisa membantu:

  • Menghapus history browser, karena masalah seperti ini bisa saja bersifat temporary. Tidak ada salahnya mencoba menghapus sejarah pencarian browser untuk membersihkan cache dan cookie dari setiap situs web termasuk situs web yang sedang bermasalah itu. Setelah dihapus, silahkan coba lagi kunjungi situs web nya.
  • Refresh, karena masalah seperti ini bisa saja temporary jadi cobalah untuk refresh / muat ulang halaman.

Jika sudah melakukan cara tersebut tapi masih terjadi kesalahan, biarkan saja untuk beberapa saat. Nanti akan pulih kembali, jangan terlalu diambil pusing.

Catatan: Jika error ini muncul saat submission (proses mengirim), harap berhati-hati dalam melakukan refresh karena ini dapat membuat duplikat.

Webmaster

Jika situs web kamu mengalami masalah seperti ini, cobalah untuk memperbaikinya. Walaupun masalah ini disebabakan oleh server, tidak ada salahnya untuk mencoba memeriksa file situs web yang digunakan. Berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan terhadap situs web yang bermasalah error 500:

  • Timeout, periksa kembali file web yang digunakan. Ini bisa saja disebabkan oleh loading / muatan yang telah mencapai batas waktu loading, mungkin disebabkan oleh berkas yang berat, atau jika menggunakan source pihak ketiga bisa jadi sedang terjadi error ketika memuat berkas dari pihak ketiga.
  • Perizinan, periksa kembali perizinan dari berkas yang ada di situs web. Pastikan semua memiliki izin untuk di akses secara publik agar dapat ditampilkan kepada visitor sebagai situs web.
  • Codingan, periksa kembali codingan yang digunakan mungkin ada sedikit kesalahan dari struktur codingnya yang mempengaruhi kinerja pengambilan data dari server.

Jika sudah yakin semuanya baik-baik saja, tunggu saja beberapa saat mungkin ini benar-benar kesalahan dari server yang digunakan. Jika masih berlanjut, silahkan hubungi layanan penyedia server-nya dan meminta mereka membantu menyelesaikan masalah ini.

Contohnya di Niagahoster.Com, penyedia layanan hosting dan domain terbaik di Indonesia. Jika menggunakan layanan Niagahoster, cukup masuk ke dashboard / panel member kemudian lihat panduan yang diberikan atau mulai membuat tiket bantuan untuk meminta bantuan menyelesaikan masalah ini.

tunggu sebentar...

POS Lainnya:

Komentar ditutup.

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi